08 Oktober 2008

CARA UPDATE AVG ONLINE DAN OFFLINE

Sesuatu yang harus diperhatikan untuk melakukan update AVG, baik update engine (versi AVG) maupun virus database adalah versi AVG yang hendak di-update. AVG menyediakan update untuk dua versi, yaitu versi 8.x dan versi 7.5. Jika komputer terhubung langsung dengan internet, dapat dilakukan update online (automatic ataupun manual) di mana pengguna tidak perlu lagi memperhatikan versi AVG yang dipergunakan. Untuk cara update AVG baik dengan cara online maupun offline dapat dilihat berikut ini.

Gambar di atas adalah kode update dari AVG v7.5. Kode 7.5.524 menandakan versi update program AVG, sedangkan kode 269.23.0/1379 merupakan kode update virus database.

Gambar kotak biru di atas adalah status update AVG v8. Di dalam kotak terlihat status update untuk virus database (virus DB), yaitu 269.23.9/1417. Di bawahnya tertulis status update program (AVG version), yaitu 8.0.100.

Berikut ini adalah cara update AVG secara online maupun offline.

Update AVG Online - Automatic
Update secara online untuk komputer yang terhubung langsung dengan internet dapat dilakukan dengan mode automatic update maupun non automatic update. Instalasi standar untuk versi berbayar maupun gratis (free edition) menyetel dalam kondisi automatic update. Setelah automatic update dilakukan harian. Konfigurasi automatic update AVG dapat diatur melalui “Update Manager” untuk versi 8, sedangkan untuk versi 7.5 dapat diatur melalui Scheduler. Pengguna dapat mengatur konfigurasi automatic update berdasarkan periode waktu seperti hari dan jam dilakukan update. Keuntungan automatic update, pengguna tidak perlu lagi direpotkan untuk memilih jenis update di mana AVG akan mengunduh semua update sesuai yang dibutuhkan. Jika tidak menginginkan untuk mengaktifkan automatic update, maka harus dinonaktifkan terlebih dahulu fitur automatic update pada bagian “Scheduler”, kemudian menghilangkan tanda centang pada pilihan automatic update yang tersedia. Ini berlaku baik untuk versi 8 maupun versi 7.5.

Update AVG Online – Non Automatic
Cara ini bisa disebut dengan update manual, akan tetapi dilakukan dengan terhubung dengan internet (update online). Sama halnya dengan jenis automatic update, pengguna tidak perlu lagi direpotkan untuk memilih jenis update seperti program update ataupun virus database update. AVG memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih jenis update sesuai yang diingikan. Untuk menjalan non-automatic update, terlebih dahulu menonaktifkan fitur automatic update yang tersedia pada “Scheduler”. Selanjutnya, masuklah ke bagian “Update Manager” untuk mengatur konfigurasi update yang diinginkan. Pilihlah opsi pilihan “On demand update” agar pengguna mengatur sendiri waktu update. Jika pengaturan konfigurasi telah selesai, langkah selanjutnya adalah memulai proses update. Untuk melakukan update, cukup dengan meng-klik tulisan “Update Now” untuk versi 8, sedangkan untuk versi 7.5 dengan meng-klik tombol “Check for Updates”. Dapat pula dilakukan melalui ikon tray, yaitu icon yang terdapat di taksbar bagian kanan. Setelah ditemukan logo AVG, lalu klik kanan dan pilih yang ada tulsian “Update”. Melalui cara ini, secara otomatis AVG akan mengunduh (download) dan sekaligus menginstalasikan update baik program maupun virus database.

Update AVG – Offline
Cara lain untuk mengupdate AVG adalah melalui offline, yaitu cara update apabila komputer tidak terhubung dengan internet. Untuk melakukan update offline, perlu diperhatikan konfigurasi untuk “Update Manager” pada bagian “On demand update” maupun “Scheduled update”. Automatic update pada “Scheduled update” terlebih dahulu harus dinonaktifkan. Selanjutnya, mengatur konfigurasi untuk “On demand update”. Pada pilihan konfigurasi “On demand update”, perlu dilakukan pengaturan agar AVG mengupdate melalui file-file (berekstensi bin ataupun ekstensi lain) yang secara khusus ditujukan untuk keperluan update. Pilihlah lokasi update yang bukan berasal dari sumber internet, akan tetapi berasal dari komputer (hard disk). Jika pengaturan konfigurasi update telah selesai, maka untuk AVG v8 langkah selanjutnya adalah memproses update dengan masuk ke menu “Tools”, lalu pilih “Update from directory”. Untuk AVG v7.5 dilakukan dengan menekan tombol “Update” (di sebelah kanan tombol Properties). Selanjutnya akan dimintakan lokasi tempat disimpannya file-file update. Untuk mengunduh file-file update dapat dibuka/masuk ke link di bawah ini.

Halaman update AVG v7.5 (klik di sini)
Halaman update AVG v8 (klik di sini)

File-File Download Untuk Update Offline
Ketika masuk ke halaman update AVG, pengguna diberikan pilihan untuk mengunduh (download) file-file yang dibutuhkan seperti update untuk program (engine) ataupun update untuk virus database. AVG menyediakan lebih dari 1 pilihan update terutama untuk jenis update virus database. Perhatikan tanggal update dan kode update. Untuk AVG v8, file update terdiri atas program dan virus database. Untuk AVG v7.5, file update terdiri atas Priority Updates, Recommended Updates, dan Optional Updates. Untuk kedua versi, AVG menyediakan update virus database harian maupun kumulatif. Keseluruhan file update berbentuk atau berekstensi .BIN.

File Update AVG v8
Keleluruhan file update AVG pada halaman update v8 adalah “Priority Updates”. File update nomor A1 (lihat contoh gambar di bawah) adalah update untuk engine atau program update. Angka 8.0.176 menyatakan kode versi AVG di mana versi engine adalah 0.176. File update bernomor A2 bertuliskan “Link Scanner DB” digunakan untuk update versi scan online. Bagi pemakai versi gratis (free edition), file update “Link Scanner DB” boleh untuk tidak diunduh (download) karena file update ini hanya efektif untuk versi Internet Security Edition. Update virus database dapat ditemukan pada file update nomor A3 dan A4. Anda tidak perlu mengunduh semuanya, akan tetapi perhatian kode dan tanggal update, lalu sesuaikan dengan kode virus database yang telah terinstal. Format kode virus database yang telah terinstal biasanya mengikuti penulisan sebagai berikut (contoh): Virus DB : 269.21.1/1303 (29/02/2008). Angka berwarna merah mengacu pada update nomor A3, sedangkan angka berwarna hijau mengacu pada update nomor A4.

Update AVG 8

Update virus database ditunjukkan pada tanggal 29 Pebruari 2008. Pada halaman update AVG v8 diperlihatkan jika kode AVI: 270.915 (05/12/2008). Ini berarti komponen untuk AVI update (virus database) harus diunuduh (download). Kemudian perhatian 4 angka dibelakang kode AVI warna hijau yang bertuliskan 1303. Pada halaman update, kode IAVI tertulis IAVI: /1834. Ini berarti file update IAVI harus diunduh (download).

File Update AVG v7.5
Pada halaman update AVG v7.5, pengguna akan diarahkan untuk memilih jenis update yang diperlukan seperti “Priority updates”, “Recommended updates”, dan “Optional updates”. Tab “Priority updates” berisikan file-file update untuk program maupun virus database. “Recommended updates” berisikan file update tambahan yang berisikan perbaikan ataupun perubahan versi yang tidak terlalu penting untuk kinerja AVG, akan tetapi bisa bermanfaat mengoptimalkan kinerja AVG. Pada bagian “Optional updates” berisikan file-file update yang update yang diperbaharui atau tambahan-tambahan lain. Kedua bagian yang terakhir ini tidak terlalu penting, akan tetapi baru ditubutuhkan apabila status update pada AVG masih bertanda kuning sekalipun telah dilakukan “Critical updates”. Untuk melakukan update, terlebih dahulu diperhatikan status update baik program (engine) maupun virus database seperti yang diperlihatkan di bawah ini.



Kode 7.5.524 adalah kode versi program. Kode untuk virus database seperti pada gambar di atas adalah 269.23.0/1379 di mana update terakhir dilakukan pada tanggal 15 April 2008. Ketika memasuki halaman update AVG v7.5 (link), perhatikan pula kode update dan tanggal update seperti di bawah ini.

Update AVG 7.5 1

File update nomor B1 dan B2 adalah file update untuk versi program (engine). B1 untuk AVG v7.5 versi Linux, sedangkan B2 untuk AVG 7.5 versi Windows. Pada versi Windows terlihat pada B1 bertuliskan Windows: 7.5.486. Pada AVG yang sudah terinstal memiliki kode 7.5.524. Ini berarti tidak diperlukan pengunduhan (download) untuk B2 karena versi program yang sudah terinstal masih lebih tinggi.

File update bernomor B3, B4, B5, dan B6 berisikan update untuk virus database. Pada AVG yang terinstal seperti contoh di sini memiliki kode update virus database 269.23.0/1379. Ini berarti, harus dilakukan pengunduhan (download) untuk B3, B4, dan B5. Pada sub AVI terlihat memiliki kode IAVI:/1834, sedangkan pada AVG yang terinstal memiliki kode IAVI:/1379. Ini berarti pula harus dilakukan pengunduhan (download) untuk file update nomor B6.

Update AVG 7.5 2

Pada bagian “Recommended updates” terdapat file update program (engine) yang berkode Windows: 7.5.552. Versi AVG 7.5 yang terinstal tertulis 7.5.486. Ini berarti harus dilakukan pengunduhan (download) untuk file update Windows: 7.5.552.

Update AVG 7.5 3

Pada bagian “Optional updates” tertulis versi engine atau versi program Windows: 7.5.550, sedangkan pada versi yang terinstal (contoh) tertulis 7.5.468. Artinya, pengunduhan (download) perlu dilakukan untuk file update Windows: 7.5.550.

CATATAN
Pada AVG v7.5, update diutamakan pada kelompok “Priority updates”. Jika status AVG masih bertanda kuning, baru dilakukan update untuk kelompok “Recommended updates” dan “Optional updates”.
Hindarkan untuk menjalankan AVG versi berbayar yang telah diretas (crack) ataupun dengan menggunakan pengaktifkan melalui pengacakan nomer serial (serial number). Pada setiap file update yang berekstensi .BIN, sudah disertakan kode pelacakan atau pengidentifikasian keaslian software. Jika program yang digunakan ternyata diidentifikasikan ilegal, maka secara otomatis AVG akan mematikan sistem perlindungan dan scan antivirus.

0 comments:

Poskan Komentar