09 Oktober 2008

UPDATE ANTIVIRUS

Ada dua macam jenis update antivirus, yaitu update engine dan update database. Update “Engine” adalah jenis update untuk menaikkan (upgrade) versi antivirus yang sudah terinstalasi pada sistem operasi. Update database antivirus adalah update referensi atau informasi virus yang sudah dikenal oleh pembuat antivirus yang selanjutnya disatukan sebagai penangkal pada aplikasi antivirus yang sudah terinstalasi. Kedua jenis update ini sangat diperlukan dan penting, akan tetapi untuk komputer yang tidak selalu terhubung dengan internet, jenis update yang diutamakan terlebih dahulu adalah update virus database. Selain update dilakukan secara online, dapat pula dilakukan secara manual, yaitu dengan mengunduh (download) file yang berisikan informasi virus-virus terbaru yang sudah dikenali. Di sini, hanya disediakan link update dari beberapa antivirus yang menyediakan link dowload untuk keperluan update antivirus secara manual.

AVIRA Antivir
Antivir hanya menyediakan satu link untuk update virus database yang disebut “Antivir Virus Definition”. Ukurannya sekitar di atas 19 Mb (1 file). Untuk mengunduhnya (download), dapat langsung klik link di bawah ini (klik kanan logo Antivir di bawah, kemudian pilih “Save link as”).



Jika Anda ingin mengupdate sendiri sekaligus melihat informasi halaman update Antivir, silahkan klik di sini. Sedangkan untuk cara update Antivir secara manual maupun online dapat di klik link di sini.

Grisoft AVG Antivirus
AVG menyediakan update untuk engine maupun virus database yang keduanya dijadikan satu halaman update (manual). Oleh karena itu, AVG tidak menyediakan link permanen baik untuk update engine maupun virus database. Anda harus masuk ke halaman update, selanjutnya memilih jenis update yang diinginkan. AVG memberikan dua pilihan update, yaitu update untuk AVG v7.5 dan AVG v8. Untuk masuk ke halaman update AVG, silahkan klik link di bawah ini.
Halaman update AVG v7.5 (link)
Halaman update AVG v8 (link)
Halaman update di atas berlaku baik untuk gratisan (Free Edition) maupun versi berbayar. Untuk cara update AVG dapat di klik link di sini.

AVAST Antivirus
Avast menyediakan download virus database untuk keperluan update manual dengan ukuran kira-kira 19,52 Mb. Virus database untuk Avast disebut Avast! 4.x VPS yang berbentuk file aplikasi dengan ekstensi .EXE. Sama halnya dengan Avira, Avast! juga menyediakan link update virus database secara permanen. Untuk mengunduh (download) Avast! 4x VPS dapat di-klik link di bawah ini.



Cara update virus database untuk Avast! cukup mudah, hanya dengan menjalankan file update yang bernama vpsupd.exe yang sudah diunduh. Selanjutnya, proses update akan berjalan secara otomatis.

BitDefender Antivirus Update
BitDefender menyediakan link download (permanen) untuk keperluan update virus database secara manual. Untuk versi 10 baik versi berbayar (paid version) maupun versi gratis (free edition), ada dua macam jenis update, yaitu update mingguan (weekly) dan update kumulatif (cumulative). Untuk masuk ke halaman update antivirus database BitDefender, silahkan untuk masuk ke halaman ini (link). Sedangkan untuk mengetahui cara update virus database BitDefender termasuk link permanen untuk mengunduh (download) kedua jenis update BitDefender, silahkan masuk ke halaman ini (link).

CATATAN
Hindarkan untuk menggunakan aplikasi antivirus berbayar yang dijalankan dengan menggunakan peretas (crack) ataupun dengan pengacak nomor serial (serial number). Perusahaan antivirus sekarang ini sudah menyertakan kode pelacakan atau identifikasi keaslian software di dalam setiap file update yang diunduh (download). Kode pelacakan ini baru diaktifkan ketika aplikasi antivirus sedang memproses perbaharuan update baik program maupun virus database. Jika diketahui aplikasi antivirus yang diinstalasikan adalah ilegal, maka aplikasi yang sudah terupdate tadi langsung akan memvalidasi sistem proteksi antivirus dengan menonaktifkan fitur perlindungan maupun fitur scan.

0 comments:

Poskan Komentar