15 Desember 2008

HAPUS FILE SECARA PERMANEN

Seringkali apabila menghapus file melalui ‘Delete’, file masih tersimpan di kotak sampah (Recycle Bin). Kebanyakan pengguna PC beranggapan jika dengan meng-klik kanan kotak sampah tadi, lalu klik ‘Empty Recycle Bin’, maka file sudah terhapus untuk selamanya. Sesungguhnya file yang sudah dihapus lewat Recycle Bin belum terhapus. Dengan bermodal software kecil seperti Undelete Plus atau program ‘Standalone’ lain, file yang baru dihapus lewat Recycle Bin bisa ditemukan kembali. Sekalipun seminggu kemudian sejak dihapus, dengan software khusus masih bisa melacak kembali dan merestorasi dengan sempurna. Pengguna PC belum aman hanya dengan bermodal ‘Delete -> Empty Recycle Bin’. Jika Anda termasuk yang mengutamakan keamanan data, maka Anda membutuhkan software-software khusus yang menjamin agar file yang sudah Anda hapus tidak akan dapat untuk dikembalikan (recovery). Berikut ini diberikan beberapa link software gratis (freeware) yang secara khusus ditujukan untuk menghapus file secara permanen.

Permanen File Delete v1.0.0.4
Ukuran : 605 Kb (non zip) – 342 Kb (zip)
Update terakhir : 26 Oktober 2007
Publisher : Siturn Software
Rating : 5 Bintang Versi Softpedia
Instal : Windows XP, Vista
Screenshot (klik di sini)
Penjelasan:
Software Permanent File Delete menghapus file dengan cara menghapus ulang (overwriting) sebanyak 10 kali. Jenis file yang dihapus adalah seluruh tipe/format file baik jenis text, script, html, audio, video, dokumen, dan file ekstensi windows lainnya. Sayangnya, software ini tidak dirancang untuk menghapus file jenis folder. Untuk menghapus file dilakukan secara manual, yaitu dengan memilih file (bisa lebih dari satu file) yang selanjutnya diproses untuk dihapus permanen. Kelebihan software ini adalah ‘Standalone’, yaitu software yang dapat dijalankan tanpa melakukan instalasi (mirip dengan aplikasi portabel). Sekalipun termasuk ‘Standalone’, software Permanent File Delete dinyatakan 100% bersih dari malware dan sejenisnya.

Rapidshare
FileFactory

Eraser v5.7/5.86
Ukuran : 2.747 Kb (v5.7 zip);
Update terakhir : 5 Agustus 2003 (v5.7); 14 Desember 2007 (v5.86)
Publisher : Heidi Computer Ltd.
Instal : Windows XP, Vista (x86 Machine)
Screenshot (klik di sini)
Penjelasan:
Di antara 4 software penghapus file permanen, Eraser keluaran Heidi Computer Ltd. memiliki kapasitas paling besar. Keistimewaan Eraser adalah metode penghapusan yang sesuai dengan standar standar penghapusan keamanan nasional (pseudorandom data) sehingga pelacakan kembali akan sulit dilakukan dengan software recovery manapun. Aplikasi yang berbasis pada open source ini juga mampu membersihkan kembali file-file yang sebelumnya sudah dihapus melalui ‘Delete -> Empty Recycle Bin’. Selain dapat menghapus semua jenis file windows (termasuk jenis folder), disediakan pula fitur untuk melakukan penjadwalan penghapusan permanen.

v5.7 Rapidshare
v5.86 Rapidshare
v5.7 - Easy Share
v5.86 - FileFactory

SS Data Eraser v2.0
Ukuran : 634 Kb (non zip) – 612 Kb (zip)
Update terakhir : 2 Juni 2007
Publisher : SS-Tools
Instal : Windows XP, Vista
Screenshot (klik di sini)
Penjelasan:
Software SS Data Eraser menghapus data dengan metode pseudorandom data dan sesuai dengan standar keamanan US DoD 5220-22.M. Selain mampu menghapus permanen data yang telah dipilih, juga dapat menghapus data yang sebelumnya telah dihapus dengan metode ‘Delete – Empty Recycle Bin’. Selain mendukung fitur drag & drop, disediakan pula fitur yang disebut ‘Shell Integration’. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih secara manual melalui Windows Explorer untuk file yang hendak dihapus permanen. Caranya, klik kanan file yang dipilih, kemudian pilih ‘Erase with Data Eraser’.

Rapidshare
FileFactory

Prevent Restore v1.6
Ukuran : 2.255 Kb (non zip) – 2.189 Kb (zip)
Update terakhir : 19 September 2008
Publisher : PrivacyRoot.Com
Instal : Windows XP, Vista
Screenshot (klik di sini)
Penjelasan:
Metode penghapusan file permanen yang digunakan Prevent Restore tidak berbeda dengan software lain yang dibahas di sini. Perbedaannya terletak pada cara menghapus permanen di mana Prevent Restore menghapus permanen seluruh file yang sebelumnya telah dihapus dengan cara ‘Delete – Empty Recycle Bin’. Di sini pengguna harus terlebih dahulu menghapus dengan cara ‘Delete – Empty Recycle Bin’ sebelum menjalankan Prevent Restore. Cara seperti ini dianggap lebih aman karena tidak memberikan celah bagi sistem operasi untuk menyimpan kode file (dalam bahasa mesin) yang sudah dihapus sebelumnya (biasanya ditempatkan di area free space). Sekalipun pengguna tidak diberikan kesempatan untuk menghapus secara manual, akan tetapi lebih menjamin faktor keamanan data.

Rapidshare
FileFactory

Eraser Portable 5.82 Rv 3
Ukuran : 1.127 Kb (non zip) – 1.076 Kb (zip)
Update terakhir : 26 Pebruari 2008
Publisher : PortableApps.Com
Instal : Windows 95/98/Me/2000/XP/Vista
Screenshot (klik di sini)
Penjelasan:
Seperti situs perancangnya, software Eraser Portable adalah jenis software penghapus permanen yang dijalankan secara portable. Artinya, Software ini termasuk jenis ‘Standalone’ yang dijalankan tanpa perlu diinstalasikan. Software Eraser Portable dirancang khusus untuk jenis pemakaian portable di mana penempatan dilakukan di media Flash Disk. Software ini dapat diintegrasikan ke semua jenis software flash disk. Software Eraser Portable adalah versi portabel dari software Eraser yang dikeluarkan oleh Heidi Computer Ltd. Fitur-fiturnya pun tidak berbeda, yaitu menghapus permanen semua jenis file secara manual dan melakukan penjadwalan untuk menghapus permanen secara otomatis.

Rapidshare
FileFactory

Catatan:
Semua software di atas menggunakan metode yang relatif sama, yaitu menghapus dengan menimpa ulang (overwriting) file sebelumnya hingga beberapa kali. Pilihlah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Prevent Restore memiliki kemampuan keamanan paling baik, akan tetapi tidak bisa melakukan penghapusan secara manual. Sekalipun demikian, software penghapus permanen di atas sesungguhnya tidak 100% menghapus kode-kode binari file yang pernah tersimpan di media penyimpan, terutama seperti hard disk. Dengan menghapus secara permanen dengan software di atas, maka setidaknya software recovery tercanggih akan membutuhkan waktu cukup lama, bahkan bisa memakan waktu lebih dari 3 hari (3x24 jam) masa pencarian kode binari file (pengalaman pribadi). Itu saja apabila kode file bisa ditemukan, belum tentu file dapat dikembalikan seperti semula. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika hendak menghapus file secara permanen dengan software di atas.

4 comments:

usen mengatakan...

mas untuk softwarenya kok ga bisa didownload file not found

Me & My Self mengatakan...

Trims, ternyata ada dead link. Sudah diganti semuanya. Sekali lagi trims sdh mengingatkan.

fabanyu mengatakan...

ini dia yang dicari...
numpang donlot Mas.. Trims!

sayid mengatakan...

coba dl....cz ada file di recycle bin yg tdk bisa dihapus.....

Poskan Komentar