21 Desember 2008

LEGACY OF ASHES: The History of The CIA (2007)

Penulis : Tim Weiner (New York Times)
Penerbit : DoubleDay, New York
First Edition 2007
Edisi Bahasa Inggris
732 halaman (termasuk sampul depan)
ISBN-13: 978-0-385-51445-3
ISBN-10 / ASIN: 038551445X

Untuk mengunduh dan membaca ulasan, silahkan klik 'Baca selanjutnya!'.




Tim Weiner adalah jurnalis harian New York Times yang secara khusus menyoroti alat negara yang digunakan untuk keperluan proyek-proyek rahasia dan intelejen. Sebelumnya Tim Weiner pernah menuliskan dana rahasia pentagon yang selanjutnya membawa namanya sebagai salah satu pemenang hadiah Pulitzer. Setelah melalui riset dan pengumpulan data yang cukup panjang, akhirnya buku ‘Legacy of Ashes: The History of CIA’ dirilis pada tahun 2007. Buku ini sempat menjadi salah satu buku ‘Best Seller’ sepanjang tahun 2007.
CIA adalah organisasi milik pemerintah Amerika yang begerak di bidang intelejen. Misi utamnya adalah untuk memata-matai dunia, mengumpulkan dan menguasai informasi, dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah AS. Selama enam puluh tahun terakhir ini, CIA telah berusaha keras untuk memulihkan citra kepada publik AS yang selama ini dikenal sebagai organisasi dengan catatan-catatan gelap yang disimpan ke dalam arisp-arsip sangat rahasia. Ada banyak sekali kegagalan-kegagalan dalam misi di mana Presiden Eisenhower pernah menyebutnya sebagai ‘A Legacy of Ashes’.
Tim Weiner yang dikenal sangat kritis terhadap alat-alat intelejen pemerintah mengungkapkan kembali untuk pertama kalinya semua arsip (catatan misi) CIA. Buku ‘Legacy Of Ashes’ didasarkan pada 50.000 literatur dokumen yang tersimpan di CIA dan ratusan wawancara langsung dengan para veteran CIA, termasuk 10 mantan direktur CIA terakhir. Keseluruhannya mencakup sejak paska Perang Dunia II, perang dingin (cold war), perang melawan teror, hingga terakhir setelah peristiwa 9/11.
Di Indonesia, buku yang ditulis Tim Weiner ini sempat menjadi kontroversi karena menuliskan keterlibatan salah satu mantan menteri luar negeri dan wakil presiden RI Adam Malik sebagai agen CIA. Ada dugaan jika buku ‘Legacy of Ashes dapat menjadi salah satu kunci untuk membuka misteri lama sejarah nasional Indonesia yang tidak pernah bisa diungkapkan. Sekalipun saya hanya bisa menyediakan untuk versi berbahasa Inggris, tidak ada salahnya jika kita mengenal organsiasi CIA yang diduga pula masih beroperasi di tanah air.



Rapidshare

0 comments:

Poskan Komentar