26 Desember 2008

MEMAHAMI INDIKATOR-INDIKATOR EKONOMI (THE SECRETS OF ECONOMIC INDICATORS: The Hidden Clues to Future Economic Trends & Investment Opportunities)

Penulis : Bernard Baumohl (Reporter of Time Magazine)
Penerbit : Wharton School Publishing (2005)
First Printing
401 halaman (termasuk sampul depan)
ISBN 0-13-145501-X
LOC 2004105831

Untuk mengunduh (download) dan ulasan singkat (review), silahkan klik 'Baca Selanjutnya'


Penulis buku ini, yaitu Baumohl adalah seorang reporter majalah Time yang secara khusus melakukan liputan di bidang perekonomian di Amerika Serikat. Salah satu topik yang seringkali menjadi bahan reportasi Baumohl adalah indikator-indikator perekonomian. Di sini, Baumohl menuliskan tentang pengertian mendasar dari indikator-indikator perekonomian yang sering diperdengarkan melalui media maupun dari laporan-laporan ekonomi yang disampaikan oleh pemerintah. Tidak semua orang memahami dengan baik dan benar tentang indikator-indikator perekonomian seperti pertumbuhan ekonomi, ketenagakerjaan, pengeluaran konsumsi, tingkat suku bunga, nilai tukar mata uang, ekspor-impor, dan masih banyak lagi yang dibahas oleh Baumohl. Keseluruhan indikator-indikator yang dibahas adalah indikator-indikator utama yang sesungguhnya sangat menentukan pergerakan dari suatu perekonomian. Pemahaman dengan baik dan benar akan indikator-indikator tersebut akan menghindarkan dari kesalahpahaman atau kesalahan dalam menginterpretasikan suatu informasi. Misalnya, seberapa banyak Anda harus memproduksi barang agar tidak terjadi penumpukan stok yang berakibat menaikkan biaya resiko produksi. Atau bisa pula Anda merencanakan seberapa besar tambahan pendapatan yang harus diperoleh agar mampu mencukupi keseluruhan kebutuhan konsumsi. Bisa juga jika Anda menginginkan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan untuk menyimpan kekayaan dalam bentuk tunai (cash), tabungan (deposito), saham (stock), atau dalam bentuk mata uang asing.

Baumohl merancang sistematika penulisan dan teknik pembahasan yang mudah dimengerti oleh pembaca, terutama pembaca yang tidak memiliki latar belakang pengetahuan di bidang ilmu ekonomi. Di awal pembahasan, diterangkan secara singkat tentang pemahaman atas suatu perekonomian (Chapter 2). Pada Chapter 3 diterangkan mengenai indikator-indikator perekonomian yang paling sering diperdengarkan melalui media ataupun melalui laporan-laporan pemerintah. Mengingat sebagian besar perekonomian suatu negara berbentuk perekonomian terbuka, maka pada Chapter 4 dibahas mengenai indikator-indikator internasional yang memiliki keterkaitan dengan strategi perencanaan bisnis global. Keseluruhan aspek dalam perekonomian dibahas lengkap di dalam buku ini, termasuk pula aspek dalam perekonomian regional.

Buku yang ditulis oleh Baumohl menggunakan kasus di Amerika Serikat sebagai obyek pembahasan atas keseluruhan indikator-indikator perekonomian. Sekalipun demikian, konsep pemahaman terhadap indikator perekonomian tidak berbeda dengan kasus di negara-negara lain seperti Indonesia. Lain halnya dengan buku-buku panduan ekonomi yang dituliskan oleh kebanyakan ekonom di Amerika, buku yang ditulis oleh Baumohl menggunakan teknik pembahasan yang lebih mudah untuk dipahami secara awam, terutama bagi mereka yang sama sekali tidak memiliki latar belakang di bidang ilmu ekonomi.







Jika Anda tertarik, Anda dapat membeli bukunya via Amazon di bawah ini

0 comments:

Posting Komentar