31 Desember 2008

MEMBUKA FORMAT DOKUMEN DARI OFFICE 2007

Pernahkah Anda menjumpai file office dengan format docx atau mungkin xlsx? Kedua format dokumen ini hanya bisa dibuka lewat Microsoft Office 2007. Format docx adalah format untuk Mircrosoft Word 2007, sedangkan xlsx adalah format Microsoft Excel 2007. Untuk Ms PowerPoint 2007 akan menghasilkan format standar pptx. Microsoft merancang format standar (default) terbaru untuk masing-masing paket dalam Ms Office 2007. Tentunya jika Anda yang masih menggunakan versi di bawahnya seperti Ms Office 2003/2000/XP tidak akan dapat membuka output dari Ms Office 2007. Sementara itu, untuk menginstalasi Ms Office 2007 selain dibutuhkan resource (RAM) yang memadai, dibutuhkan pula ruang sekitar hampir setengah gigabyte (instalasi standar). Lagipula, perubahan drastis pada tampilan menu bar menyebabkan tidak sedikit pengguna yang mengalami kesulitan. Di sini akan dibahas mengenai cara membuka output dari Ms Office 2007 ke versi sebelumnya Ms Office 2003/2000/XP, termasuk membuka dengan OpenOffice.

Menggunakan Microsoft Office Compatibility Pack
Pihak Microsoft nampaknya menyadari jika perubahan pada format Ms Office 2007 akan menyulitkan pengguna versi sebelumnya. Oleh karena itu, Microsoft menyediakan semacam Add-On yang berfungsi untuk merubah versi (convert) output dokumen standar dari Ms Office 2007 ke versi di bawahnya (Ms Office 2003/2000/XP). Anda bisa mengunduhnya (download) secara gratis melalui situs Microsoft (klik di sini). Jika sudah memasuki halaman download, klik kotak tombol (button) yang bertuliskan ‘Download’. Tunggu sejanak karena proses unduh akan sedikit membutuhkan waktu beberapa saat.

Nama file : FileFormatConverters.exe
Versi : 3.x (19 Nopember 2007) – versi terakhir
Ukuran : 27.5 Mb

Setelah selesai di-unduh (download), langkah selanjutnya menjalankan file yang sudah di-unduh, yaitu FileFormatConverters.exe. Ikuti langkah-langkah yang sudah disediakan. Instalasi akan langsung mengintegrasikan dengan Ms Office yang sudah terinstal di komputer misalnya diintegrasikan ke Ms Office 2003/2000/XP. Jika instalasi gagal, ada kemungkinan terdapat update yang belum terpenuhi.

Menggunakan Aplikasi Microsoft Viewer
Alternatif kedua apabila Anda tidak menginginkan untuk menginstalasi Ms Office Compatibility Pack atau Anda hanya ingin melihat/membuka file format Ms Office 2007, Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan Microsoft seperti Word Viewer (docx viewer), Excel Viewer (xlsx viewer), dan PowerPoint Viewer (pptx viewer).

Nama file : wordview_en-us.exe
Versi : 1.x (26 September 2007) – versi terakhir
Ukuran : 24.5 Mb
Download (klik di sini) –Microsoft Download

Nama file : ExcelViewer.exe
Versi : 1.x (14 Januari 2008)
Ukuran : 74.1 Mb
Download (klik di sini) –Microsoft Download

Nama file : PowerPointViewer.exe
Versi : 1.x (3 Desember 2007)
Ukuran : 25.8 Mb
Download (klik di sini) –Microsoft Download

Menggunakan OpenOffice 3
OpenOffice adalah aplikasi berbasis opensource yang menjadi salah satu pilihan alternatif bagi pengguna Microsoft Office Suite. Versi OpenOffice 3 sudah cukup kompatibel dengan format dokumen dari Ms Office 2007. Dengan menggunakan versi 3 (final), pengguna OpenOffice tidak hanya dapat membuka dan melihat tampilan output dokumen dari Ms Office 2007, akan tetapi dapat pula melakukan editing. Fitur viewer dan editing Ms Office 2007 merupakan hasil kerja sama antara pihak Microsoft dengan OpenOffice.org. Bagi Anda pengguna OpenOffice versi sebelumnya atau ingin menggunakan OpenOffice 3, Anda dapat mengunduhnya di sini.

Perhatian!
Konversi format dokumen dari Ms Office 2007 ke versi di bawahnya akan menyebabkan beberapa fitur dokumen akan dihilangkan setelah dikonversi. Fitur dokumen yang tidak dihilangkan adalah fitur standar seperti yang terdapat pada versi di bawah Ms Office 2007. Misalnya untuk format cetak tebal, huruf miring (italic), strikeout, dan lain-lain.

Referensi:
MakeUseof (base article)http=//www.makeuseof.com
Microsoft Office Help and Support (link)
Microsoft Office Download Centre
Microsoft Office Update Centre

1 comments:

Katroboy mengatakan...

Haloo bozz... kunjungan balik nehh.. nice blog! :D

Posting Komentar