04 Desember 2008

UPDATE PERBANDINGAN ANTIVIRUS NOPEMBER 2008

Salah satu fungsi vital dari aplikasi antivirus adalah kemampuannya untuk mendeteksi aplikasi asing tidak dikenal yang disebut dengan virus, worms, maupun trojan. Salah satu organisasi independen yang bertugas melakukan pengujian terhadap aplikasi-aplikasi antivirus, yaitu AV-Comparatives.Org telah mengeluarkan rilis hasil perbandingan kinerja antivirus hingga bulan Nopember 2008. Di bawah ini disajikan tabel hasil pengujian yang diambil dari rilis lengkap deteksi antivirus terhadap serangan virus, worms, dan trojans. Total terdapat sebanyak 540 virus, 1.390 worms, dan 33.165 trojans yang belum dikenali sebelumnya oleh para pembuat produk antivirus. Hasil uji pada bulan Nopember 2008 ini merupakan kelanjutan dari hasil uji produk pada bulan Agustus 2008 atau disebut restropective test.



Bagaimanakah perangkingan aplikasi antivirus berdasarkan masing-masing deteksi terhadap virus, worm, dan trojan? Ikuti tulisan berikut ini (klik “Baca selanjutnya”).

Peringkat Deteksi Virus



Pada pengujian Nopember 2008, Kasperski menempati peringkat pertama dengan total deteksi virus sebanyak 498 dari total sebanyak 540 virus baru. Hanya berselisih 4 buah virus dengan Antivir yang mendeteksi 494 virus (91,48%). Microsoft OneCare yang merupakan pendatang baru dalam security antivirus mampu menempatkan dirinya pada kelompok A (80% - 100%), atau menempati peringkat deteksi virus nomor 4 di bawah McAfee. NOD32 yang sempat menjadi populer dibuatkan peretasnya ternyata menempati peringkat kurang memuaskan (41% - 60%). Pada tabel di atas, NOD32 hanya mempu mendeteksi virus sebanyak 56,67% atau sebanyak 306 virus dari total sebanyak 540 virus. AVG yang selama ini menjadi favorit pengguna komputer terutama untuk versi free edition hanya mampu menempati kelompok kurang memuaskan (41% - 60%). Demikian pula dengan Avast! yang memiliki fitur free edtion paling lengkap justru masih kalah jauh deteksinya dengan Antivir. Menarik sekali, Norman AV yang sempat direkomendasikan oleh beberapa media antivirus lokal malah menempati posisi paling bawah dengan jumlah deteksi virus paling sedikit.

Peringkat Deteksi Worms



Dari pengujian pada bulan Nopember 2008, Antivir menempati peringkat pertama yang mendeteksi worm paling banyak, yaitu 1.020 worms dari total sebanyak 1.390 worms baru. Dua antivirus lainnya yang berada pada kelompok yang sama dengan Antivir adalah AntiVirusKit dan NOD32 di mana ketiganya ini masuk ke dalam kelompok “Memuaskan”. Di kelompok ini, Kaspersky justru turun peringkatnya menjadi peringkat 5 dengan total deteksi worm sebanyak 826 dari total sebanyak 1.390 worm baru (59,42%). Pada umumnya, untuk hasil uji lanjut ini, sebagian besar produk antivirus masih dikatakan kurang memadai untuk menangkal serangan worm. Tidak ditemukan produk antivirus yang mampu mendeteksi worm di atas 80% dari total sebanyak 1.390 worm.

Peringkat Deteksi Trojan



Pada hasil pengujian deteksi trojan, Antivir menempati peringkat pertama dengan total deteksi trojan sebanyak 20.815 dari total trojan yang diujikan sebanyak 33.165 (62,76%). Hanya terdapat 3 buah produk antivirus yang mampu mendeteksi trojan di atas 50%, yaitu Antivir, Kaspersky (58,05%), dan AntiVirusKit (52,72%). Di sini hanya Avira yang memasukkan produknya pada kelompok paling tinggi, yaitu “Memuaskan”. McAfee yang dulu pernah menjadi pioner hanya mampu mendeteksi trojan baru kurang dari 25%. Tidak sedikit produk antivirus populer dalam uji lanjutan (restropective test) menghasilkan kinerja yang kurang memuaskan.

KESIMPULAN
Dari keseluruhan uji lanjut atau restropective test, produk dari Avira, yaitu Antivir dikatakan memiliki peringkat tertinggi untuk keseluruhan uji deteksi terhadap virus, worm, maupun trojan. Total keseluruhan virus, worm, ataupun trojan yang berhasil dideteksi oleh Antivir juga paling tinggi dan sekaligus satu-satunya yang memiliki persentase di atas 60% (dari total sebanyak 35.095). Antivirus lain yang perlu mendapatkan perhatian di sini adalah AntiVirusKit dari G-Data. Pada hasil uji restropektif bulan Nopember 2008, AVK masih mampu mendeteksi virus di atas 60%. Bandingkan dengan antivirus lainnya yang populer seperti AVG, NOD32, Norton, maupun Avast!. Pada pengujian deteksi worm maupun trojan, AVK setidaknya masih menempati peringkat 3 besar, sekalipun pada uji deteksi trojan memiliki persentase deteksi kurang dari 60%. Secara keseluruha, pada periode bulan Nopember 2008, sebagian besar pembuat antivirus masih memfokuskan pada deteksi virus-virus baru ketimbang kemampuan untuk mendeteksi worm ataupun trojan. Sekalipun demikian, pada akhirnya seluruh produk antivirus akan memperbaharui kemampuan deteksinya sehingga pengguna harus senantiasa melakukan update.

0 comments:

Posting Komentar