10 Januari 2009

CARA UPDATE GOOGLE CHROME 2.0 (Pre-BETA)

Tanggal 9 Januari 2009, Google merilis versi terbaru pengembangan yang disebut Pre-Beta v2.0 untuk aplikasi Chrome. Pada versi beta disediakan beberapa fitur seperti form autocomplete, page zoom, auto-scroll, dan profile yang sudah mendukung Greasemonkey script. Untuk bisa mendapatkan Chrome versi 2.0 pre-Beta, Google meminta untuk menjalankan (run) Google Chrome Channel Changer. Jika hanya dilakukan dengan pilihan ‘Check update’ melalui ‘About Google Chrome’, maka update hanya bisa dilakukan untuk versi non-Beta. Tautan untuk mengunduh Google Crome yang selama ini diberikan hanya untuk versi non-Beta. Sayangnya, untuk mendapatkan versi Beta, harus dilakukan update secara online. Jika Anda termasuk salah satu yang sering menggunakan Chrome, mungkin informasi ini bisa bermanfaat.

Tahap Update ke Versi 2.0 Pre-Beta
Jika belum memiliki Google Chrome, masuklah ke halaman Google/Crome, lalu klik tulisan ‘Download’. Instal aplikasi Google Chrome (474 Kb) secara online di mana komputer harus terhubung dengan internet. Untuk komputer yang tidak terhubung internet atau offline, maka harus mengunduh aplikasi Google Crome offline di sini (langsung dari Google - sekitar 7.35 Mb).
Langkah selanjutnya mengunduh Chrome Developer Preview Channel di halaman site di sini atau dapat pula langsung mengunduh di sini. File yang di-unduh (download), yaitu memiliki kapasitas sekitar 100 Kb (chromechannel-2.0.exe). Jalankan file tersebut hingga diperoleh tampilan seperti di bawah ini.



Ikuti petunjuk pada gambar di atas di mana opsi yang dipilih adalah ‘Dev: The Latest features and bugfixes (~weekly updates). Artinya, Google akan mengkonfirmasikan setiap minggunya jika terjadi pengembangan baru pada Google Chrome termasuk perbaikan-perbaikan. Setelah selesai, klik kotak ‘Close’ untuk menutup aplikasi.
Jalankan Google Chrome yang telah terinstal, kemudian pilih tombol ‘Customize and control Google Chrome’ yang terletak di bagian kanan atas. Pilih tulisan ‘About Google Chrome’. Perhatikanlah jika pada saat itu juga Chrome melakukan pengecekan versi. Tunggu hingga beberapa saat sampai keluar pesan yang memberitahukan Anda untuk meng-update versi terakhir. Klik tulisan ‘Update’, lalu tunggu sejenak hingga proses update selesai. Jika keluar pesan yang mengkonfirmasikan update telah selesai, tutuplah aplikasi Chrome, lalu jalankan kembali.

Untuk mengetahui fitur-fitur terbaru versi 2.0 Pre-Beta, dapat dilihat di sini

PERHATIAN
Informasi ini baru saja tambahkan malam ini tanggal 11 Januari 2009. Sehubungan dengan Google Chrome v2.0 Pre-Beta, sebaiknya untuk lebih berhati-hati apabila hendak meng-upgrade ke versi ini yang sangat tidak stabil. Kebetulan saya termasuk salah satu yang menggunakan Chrome sebagai browser utama. Setelah beberapa waktu, Chrome (Pre-Beta) sering mengalami kemacetan atau ‘Hang’. Sebenarnya tidak permanen, tapi karena waktu macetnya tidak selalu sama, maka bisa terkesan macet permanen. Merasa tidak nyaman, kemudian saya berpikir untuk kembali ke versi sebelumnya. Cara paling aman untuk kembali ke versi sebelumnya adalah:
1. Jalankan aplikasi chromechannel-2.0.exe
2. Pilih opsi ‘Stable: Official Google Chrome Releases’
3. Jalankan ‘Uninstall Google Chrome’ lewat Start Menu -> Google Chrome
Bisa juga melakukan ‘Uninstall’ lewat ‘Add/Remove Program’ melalui Control Panel atau aplikasi uninstall lainnya. Perlu diperhatikan di sini, sewaktu menjalankan opsi uninstall standar, data berupa bookmark tidak akan dihapus, termasuk penyetelan standar yang telah di atur sebelumnya. Jika Anda tidak memerlukannya, Anda bisa menghapus melalui:
C:\ USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Google\Chrome (Windows XP), atau
C:\ USERPROFILE%\AppData\Local\Google\Chrome (Vista)
Karena saya masih membutuhkannya, maka saya biarkan data tersebut tersimpan di komputer.
4. Jalankan aplikasi ChromeSetup.exe
5. Selesai.
Kelima langkah di atas adalah cara ‘aman’ untuk mengembalikan Google ke versi sebelumnya.

0 comments:

Posting Komentar