04 Januari 2009

PANDUAN MENGETIK DENGAN KOMPUTER

Mengetik dengan sepuluh jari bisa dikatakan kemampuan (skill), bisa pula dikatakan suatu kebiasaan (habbit). Sedikit sekali pengguna komputer yang memahami manfaat mengetik 10 jari tanpa melihat (blind system). Salah satunya adalah mengurangi perpindahan tangan dari keyboard ke mouse. Secara teknis bisa meningkatkan efisiensi kerja, akan tetapi secara medis akan mengurangi resiko cedera dan kelelahan otot. Belum lagi ditambah resiko kelelahan otak sebagai akibat perpindahan mata dari layar monitor ke papan ketik. Efek awal hanya terasa pegal, akan tetapi dalam jangka panjang bisa berakibat pada kelumpuhan syaraf (lihat laporannya di sini). Disamping aspek medis, riset online membuktikan jika produktivitas mereka yang mengetik 10 jari tanpa melihat lebih jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan beberapa jari. Mereka yang sangat direkomendasikan untuk menguasai teknik blind system adalah mereka yang berprofesi sebagai sekretaris, pegawai administrasi, juru ketik, dan programmer. Termasuk pula di dalamnya mereka yang sering memanfaatkan keyboard hingga lebih dari 1 jam. Mereka inilah yang dilaporkan berpotensi mengalami cedera syaraf. Tidak ada salahnya untuk sekedar belajar dan mencoba.

Pedoman Sebelum Memulai
Cukup 15 menit per hari
Mulai membiasakan diri menempatkan jari telunjuk kiri ditempatkan pada tombol [F] dan jari telunjuk kanan pada tombol [J]. Setiap keyboard memberikan ciri khusus pada tombol [F] dan [J] yang membedakannya dengan tombol-tombol lainnya. Mereka yang suda mahir denga ‘Blind System’, secara otomatis akan menempatkan posisi masing-masing jari telunjuk pada [F] dan [J].
Jika hendak menggunakan papan angka (numlock), tempatkan posisi jari tengah kanan pada tombol [5]. Tidak perlu mencari, cukup dengan merasakan jika tombol [5] berbeda dengan tombol numlock lainnya.
Dalam posisi siap mengetik (standby), selain posisi jari telunjuk kanan pada [J] dan posisi telunjuk kiri pada [F], biasakan pula kedua jari jempol berada pada tombol spasi [Spacebar]. Saya sarankan, untuk beberapa saat perlu membiasakan posisi standby setiap kali hendak memulai untuk mengetik. Jika posisi standby sudah terbiasa, barulah kemudian bisa dilanjutkan untuk mengikuti petunjuk latihan mengetik.
Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah posisi sewaktu mengetik. Salah satu sumber terbanyak gangguan syaraf dikarenakan posisi mengetik yang kurang ideal/nyaman. Untuk lebih jelasnya mengenai posisi mengetik dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Jenis Papan Ketik (Keyboard)
Ada dua jenis papan ketik yang umum/populer dalam perangkat komputer, yaitu papan ketik jenis QWERTY dan papan ketik jenis DVORAK. Perbedaan di antara kedua jenis papan ketik tadi terletak pada posisi huruf-huruf yang tersusun di atas papan ketik. Jika jenis QWERTY adalah jenis standar yang digunakan di Amerika Serikat (US), maka jenis DVORAK adalah yang umumnya digunakan di Eropa. Pada prinsipnya, ada lebih banyak lagi jenis papan ketik berdasarkan susunan huruf-hurufnya, akan tetapi yang lebih banyak diproduksikan adalah kedua jenis seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini.

QWERTY

DVORAK

101/102 Keys Keyboard
Varian dari jenis QWERTY ada dua macam yang umumnya dikenal, yaitu jenis 101 dan 102. Angka 101 ataupun 102 menandakan banyaknya tombol papan ketik. Panduan mengetik yang saya berikan di sini, termasuk panduan online maupun software menggunakan jenis papan ketik 101. Tidak terlalu banyak perbedaannya karena keseluruhan paket panduan masih menggunakan lokasi huruf yang sama.

101 keys

102 keys

Panduan Mengetik Online
Panduan yang bisa dikatakan semacam tutorial mengetik dengan komputer dengan teknik 10 jari dan tanpa melihat (blind system). Ada banyak panduan mengetik online, akan tetapi di bawah saya sengaja pilihkan 3 situs panduan mengetik online. Pertimbangannya, selain dapat langsung memanfaatkannya secara gratis, modul panduan yang disediakan memiliki tahapan-tahapan dan disertai dengan permainan ketangkasan mengetik. Anda bisa memilih salah satu dari situs panduan mengetik online di bawah ini.
Learn to Type Online (link)
Sense-Lang.Org (link)
Typing WEB (link)
Power Typing (link)

Panduan Mengetik Offline
Artinya, panduan mengetik dengan menggunakan software. Ada dua macam software yang disediakan untuk panduan mengetik, yaitu versi berbayar dan versi gratis (freeware). Di sini disediakan kunci untuk membuka panduan versi berbayar. Fitur versi berbayar lebih lengkap dan disertai dengan aplikasi permainan ketangkasan mengetik. Sekalipun demikian, keduanya memiliki fungsi yang sama.

Comfort Typing v3.1
Developer : Comfort Software
Software : Shareware (disertakan kunci pembuka)
Ukuran : 2.03 Mb
Download: Rapidshare, DepositFiles



Profesor PC - Typing Tutor v1.52
Developer : Akinolaja Info Web
Software : Shareware (disertakan kunci pembuka)
Ukuran : 3.93 Mb / 9.4 Mb Zip (+Crack)
Download : RapidShare, DepositFiles




TypeFaster Typing Tutorial (link)
Free Software Open Source
Ukuran : 1.93 Mb / 1.87 Mb Zip
Download : RapidShare, DepositFiles




Stamina Typing Tutor (link)
Free Software Open Source
Ukuran : 1.93 Mb / 1.87 Mb Zip
Download : RapidShare, DepositFiles

Panduan Mengetik
Di sini disediakan panduan mengetik yang dituliskan dalam Bahasa Indonesia. Panduan yang disusun secara bertahap untuk penguasaan dan terutama untuk membiasakan baris jari mengenal dan menguasai susunan tombol pada papan ketik tanpa melihat. Panduan ditulis dalam format PDF. Untuk mengunduhnya, dapat di-klik link di sini 4Shared dan Ziddu. Mirror (RapidShare)

Tambahan dan Saran
Jika Anda termasuk yang memiliki kebiasaan untuk mengetik lebih dari 5000 karakter per hari atau termasuk yang bekerja dengan menggunakan keyboard, maka disarankan untuk sering melakukan latihan pelemasan otot jari. Caranya dengan membuka buku jari dengan merenggangkan, lalu mengepalkan dan seterusnya diulang. Latihan ini cukup hanya beberapa saat yang berfungsi untuk mengurangi cedera pada pergelangan tangan maupung punggung. Seringkali pengguna komputer meremehkan efek cedera yang nantinya baru akan dirasakan setelah beberapa tahun kemudian. Tidak sedikit laporan cedera fatal yang kemudian berujung pada kelumpuhan syaraf.
Kesehatan dalam bekerja juga ditentukan oleh kualitas hardware yang dipergunakan. Sekarang ini sudah banyak papan ketik dengan harga murah yang bisa dijumpai di pasaran. Sekedar informasi dari pengalaman pribadi, keyboard dengan harga yang murah tentunya sangat tidak menjamin aspek kesehatan sekalipun sudah memenuhi aspek ergonomis. Suatu kali saya pernah membeli keyboard seharga kurang dari Rp 100 ribu. Sekitar belum ada 1 bulan pemakaian, saya merasakan ujung jari menjadi nyeri ketika menyentuh benda apapun. Awalnya saya mengira karena belum terbiasa, akan tetapi nyeri di ujung jari kemudian berimbas hingga ke bagian pundak. Ketika membeli keyboard merek Logitech yang waktu itu seharga sekitar Rp 185 ribu (tahun 2004), tiba-tiba nyeri di ujung jari dan persendian mulai hilang dengan sendirinya. Kebetulan, saya termasuk yang setiap harinya mengetik lebih dari 5000 karakter atau setidaknya lebih dari 5 jam per hari.

7 comments:

Anonim mengatakan...

Maaf mbak/mas postingkan lagi dunk link donlodnya... abisnya link donlodnya dah sampe limit nich. jika bisa saya minta tolong yaa... terima kasih

and ini email saya..
riandi_28@yahoo.com

Me & My Self mengatakan...

Sebutin aja yg mana link yg limit.
Trims!

Dodic mengatakan...

Bagus banget postinganya... Terima kasih banyak atas info yang bermanfaat ini

dodic-shot.blogspot.com

Mycroft mengatakan...

thanks atas tipsnya..
semoga bermanfaat bagi yg membacanya..

Halra mengatakan...

teman saya ngetiknya bisa 10 jari, cpet banget kalo ngetik,namun sayang banyak juga yang salah, heehehe, mungkin salah pencet, atau kadang tidak terpncet

herbaldenature mengatakan...

kutil di sekitar kemaluan

obat herbal mengatakan...

komplikasi kencing nanah pusat penyembuh kencing nanah ahli herbal kencing nanah pengobatan kelamin keluar nanah

Posting Komentar