10 Januari 2009

SISI GELAP ILMU STATISTIK (HOW TO LIE WITH STATISTICS)

Judul : How to Lie With Statistics
Penulis : Darrel Huff
Penerbit : W.W. Norton & Company Inc., New York
31st Printing 1989
141 halaman (termasuk sampul depan)
ISBN 0 393 05264 8
ISBN 0 393 09426 X

Untuk melihat Review dan mengunduh (download), silahkan klik 'Baca Selanjutnya'

Inilah buku yang sempat menghebohkan dunia semasa paruh kedua abad ke-20. ‘How to Lie With Statistics’ pertama dicetak tahun 1954 oleh Darrel Huff dan langsung menyandang predikat buku dengan penjualan terbaik (best selling book). Darrel Huff merupakan penulis lepas yang mengkonsentrasikan penulisannya pada bidang ilmu Matematika terapan. Salah satu bukunya bahkan ada yang sudah dialihkan hingga 22 bahasa dan sekaligus sempat menjadi buku acuan pengajaran ilmu matematika terapan. ‘How to Lie With Statistics’ adalah karya terbesar dari Darrel Huff di mana buku ini mampu melewati hingga lebih dari 30 cetak ulang. Buku ini bukanlah buku yang secara khusus ditulis untuk dipahami secara akademis, akan tetapi sengaja oleh Huff ditulis untuk dipahami oleh masyarakat awam.

Ilmu Statistik adalah bagian dari ilmu matematika terapan yang awalnya digunakan untuk membantu bidang survei sosial. ‘Blunder’ dalam ilmu statistik sesungguhnya bukan saja terjadi di hari ini, akan tetapi sudah terjadi sejak awal ilmu statistik berkembang. Beberapa kesalahan mendasar baik yang disengaja ataupun tidak disengaja sehubungan dengan interpretasi statistik sehingga menghasilkan kesimpulan yang tidak akurat dan bias. Sekalipun Huff tidak memiliki latar belakang pendidikan khusus di bidang statistik, Huff menuliskan banyak hal yang saat ini sudah dijadikan catatan-catatan dalam buku statistik. Dalam buku ini, Huff juga menyinggung ‘blunder’ yang dilakukan praktisi statistik yang kemudian dikenal dengan istilah ‘Misuse of Statistics’ atau ‘Penyalahgunaan Statistik’.

Buku ‘How to Lie With Statistics’ dituliskan dengan mengkombinasikan antara penulisan dan ilustrasi kartun (gambar oleh Irving Gels). Selain tidak membosankan, pembaca akan lebih mudah untuk menyerap isi yang dituliskan pada setiap babnya (chapter). Huff menguraikan segala aspek yang seringkali menjadi ‘blunder’ dalam penyampaian informasi statistik dimulai dari aspek sampel, pengambilan sampel (sampling), teknik interpretasi metode grafik, pembentukan dan pengisian survei (kuesioner), dan kasus-kasus sebagai ilustrasi. Buku ini cukup bermanfaat bagi mereka yang ingin memahami bekerjanya informasi statistik untuk menghindari kesalahan dalam menyerap informasi statistik.





1 comments:

syamsul hidayat mengatakan...

link donlodnya dah mati semua. Tlg dperbarui..sy sgt butuh

atau, tlg kirim ke email : energy07ku@yahoo.com ; dan
one_endtri@yahoo.com

trmakasih

Poskan Komentar