01 Januari 2009

WINPATROL: 12 ALASAN MENGAPA WAJIB DIMILIKI

Saya sebelumnya sudah pernah membahas tulisan mengenai WinPatrol (lihat sebelumnya). Kali ini saya secara khusus membahas mengenai alasan mengapa pengguna harus memiliki anjing penjaga komputer (WinPatrol) sebagai tambahan aplikasi keamanan komputer. Bukankah antivirus sudah mencukupi? Atau mungkin perlu ditambahkan dengan aplikasi Firewall atau Anti Spyware? Saya bisa mengatakan jika itu semua bisa jadi cukup, tapi bisa pula dipastikan tidak memadai. Anda boleh saja memboroskan memori untuk mendapatkan penangkal tercanggih, akan tetapi itu semua belum menjamin komputer Anda aman. Berdasarkan pengalaman, saya bisa mengatakan jika antivirus tercanggih (plus anti spyware) barulah menjamin komputer 40% aman. Ada 11 alasan dan sekaligus untuk menjelaskan mengapa Scotty (WinPatrol) wajib untuk ada di komputer Anda.

1. Fitur Penunda Startup
Fitur ini disebut Delayed Start yang berfungsi untuk memberikan penundaan beberapa saat dari aplikasi yang dieksekusi di Startup. Untuk melihat apa saja aplikasi yang berjalan di Startup dapat dilakukan dengan Windows+R -> msconfig -> Startup atau Start -> Run -> msconfig. Semakin banyak jumlah aplikasi di Startup, maka semakin lama komputer melakukan proses booting. Padahal tidak semua aplikasi yang dijalankan di Startup langsung Anda butuhkan ketika proses Startup (booting) selesai. Dengan menggunakan fitur Delayed Start dari WinPatrol, Anda dapat mengatur penundaan hingga beberapa saat seperti 30 detik atau 3 menit, sesuai dengan kebutuhan. Salah satu aplikasi yang seringkali tidak banyak dibutuhkan ketika komputer selesai booting adalah fitur automatic update, penyetelan konfigurasi otomatis dengan perangkat eksternal, dan lain sebagainya. Tentunya dengan penundaan aplikasi Start, maka proses booting akan menjadi lebih cepat.

2. Peringatan Penyetelan Update Otomatis
Update otomatis (automatic update) yang dimaksudkan di sini adalah penyetelan (setting) update otomatis dari komponen Windows. Fitur keamanan WinPatrol sangat bermanfaat bagi Windows yang disetel update secara otomatis. Adakalanya ketika melakukan update, Microsoft mengkonfirmasikan terlebih dahulu kepada Anda, akan tetapi adakalanya pula tanpa harus memberitahukan kepada Anda. Misalnya untuk update keamanan (security update) yang tidak membutuhkan waktu lama atau hanya membutuhkan kapasitas yang relatif kecil (di bawah 1 Mb). Celah inilah yang sering dimanfaatkan Malware untuk melakukan perubahan setelan update otomatis. WinPatrol adalah satu-satunya aplikasi yang dapat memberitahukan jika ada perubahan setelah update otomatis Windows secara ilega. Antivirus hanya mampu mendeteksi Malware, akan tetapi tidak mampu menjangkau aksi Malware yang tidak terdeteksi.

3. Mengadministrasi Aplikasi Yang Terinstal
Setiap kali aplikasi yang terinstal akan senantiasi dicatat secara lengkap oleh Scotty (WinPatrol). Bukankah aplikasi ‘Task Manager’ juga mampu melakukan? Benar, tapi ‘Task Manager’ hanya mencatatkan tanpa memberikan informasi kapan aplikasi tersebut terdeteksi pertama kali. Beberapa ‘Task Manager’ memang ada yang sudah menyertakan. Kelebihan administrasi aplikasi yang terinstal pada WinPatrol adalah adanya fitur yang mencatat semua aplikasi terinstal termasuk oleh program yang tidak dikenal sekalipun. Ini mirip sekali dengan cara kerja beberapa Malware. Jika ini terjadi, maka Scotty akan memberitahukan kepada Anda. Menurut saya, hanya WinPatrol yang memiliki fitur keamanan administrasi aplikasi seperti ini.

4. Mengambilalih Kontrol ‘AutoRun’
AutoRun adalah fitur yang disediakan oleh Windows untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang membutuhkan eksekusi tanpa harus dieksekusi oleh pengguna. Ketika Anda menginstalasi suatu aplikasi, terkadang setelah proses instalasi selesai, aplikasi tersebut menambahkan sendiri aplikasi tambahan yang seringkali tidak bermanfaat pada Statup. Aktivitas seperti ini mirip sekali dengan cara kerja Malware dan sejenisnya. Scotty akan memberitahukan kepada Anda apabila terdapat aplikasi baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal hendak menyertakan aplikasi tambahan ke dalam ‘Startup list’ dalam modus ‘AutoRun’. Karena cara kerjanya masih tergolong legal, seringkali Antivirus dan sejenisnya menganggap tidak berbahaya. Tidak mengherankan apabila virus yang tidak terdeteksi tadi kemudian dapat memperbanyak diri.

5. Mencegah Perubahan Tipe File Secara Ilegal
Aktivitas perubahan tipe umumnya terjadi ketika selesai menginstalasi suatu aplikasi yang mengeksekusi tipe file tertentu. Misalnya ketika selesai menginstalasi WinAmp yang kemudian merubah eksekusi setiap file dengan tipe audio. Perlu diketahui, aktivitas merubah tipe file juga dilakukan oleh virus dan sejenisnya. Di akhir tahun 2008 lalu, ada virus lokal yang diidentifikasi mampu memodifikasi file dengan tipe MP3. Scotty tidak hanya mencegah dan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menonaktifikan, akan tetapi juga memberitahukan kepada Anda. Seringkali aktivitas ilegal dengan merubah tipe file dilakukan pula oleh sejenis Malware yang tidak terdeteksi oleh Antivirus. Beberapa Antivirus memiliki fitur semacam ini, akan tetapi seringkali hanya memberitahukan jika aktivitas ilegal ini dilakukan oleh aplikasi-aplikasi yang dikenal.

6. Menonaktifkan ‘Multiple Task’ Dalam Satu Langkah
Tidak seperti fitur Task Manager, Scotty tidak hanya mampu menampilkan aplikasi yang sedang aktif, akan tetapi juga mampu menonaktifkannya hanya dalam satu langkah. Beberapa aplikasi ‘Third Party’ semacam Task Manager mampu menonaktifkan, akan tetapi tidak secara bersamaan. Apa manfaatnya? Jangan disepelekan, aplikasi Malware menjalan secara bersamaan lebih dari satu aplikasi yang terdeteksi pada Task Manager. Jika hanya menonaktifkan satu aplikasi, maka aplikasi yang lain akan segera menduplikasikannya. Hingga sejauh ini, hanya WinPatrol yang mampu menonaktifkan lebih dari satu aplikasi yang aktif di Task Manager. Bagaimana caranya? Pada Windows aktif tampilan WinPatrol, pilih Tab ‘Active Task’. Selanjutnya menyoroti aplikasi-aplikasi aktif yang hendak dinonaktifkan. Caranya, tahan tombol ‘Ctrl’ lalu klik aplikasi-aplikasi yang hendak dinonatifkan.

7. Memberikan Deskripsi Aplikasi/Fitur Yang Terinstal (PLUS!)
BillStudio selaku produsen WinPatrol telah mendeskripsikan ratusan ribu aplikasi dan fitur-fiturnya secara online. Anda dapat memperoleh informasi mengenai deskripsi aplikasi-aplikasi dan fitur-fiturnya yang terinstal di komputer secara online. Fitur WinPatrol ini cukup bermanfaat apabila Anda ingin mengetahui informasi dari aplikasi yang tidak dikenal atau mungkin lebih tepatnya mencurigakan. Sayangnya, fitur ini hanya bisa dimanfaatkan apabila komputer terhubung langsung dengan internet. Fitur ini hanya disediakan untuk versi berbayar (paid version) di mana fitur seperti ini disebut fitur PLUS atau WinPatrol PLUS.

8. Menginformasikan Detail Daftar Startup
Fitur semacam ini biasanya hanya disediakan oleh aplikasi-aplikasi third party tertentu seperti ‘Security Task Manager’. Informasi mengenai daftar aplikasi pada Task Manager yang ditampilkan oleh Scotty meliputi identifikasi jenis aplikasi yang dimaksudkan. Di sini Anda akan diberitahukan apabila aplikasi tersebut ternyata adalah sejenis Malware, Backdoor, Trojan, ataupun Adware. Untuk menambah fungsi pengawasan keamanan komputer, BillStudio melengkapi Scotty dengan fitur yang hanya disediakan oleh aplikasi-aplikasi keamanan tertentu.

9. Menonatifkan Kerawanan Kendali ActiveX
Apa itu ActiveX? Singkatnya, ActiveX adalah teknologi yang dikeluarkan oleh Microsoft sebagai plug-in Windows yang memfasilitasi pembuat situs (web developer) untuk menghasilkan tampilan halaman yang interaktif atau menarik. Tidak hanya itu, ActiveX juga mengijinkan pembuat bahasa pemrograman untuk mengakses dan memodifikasi komponen-komponen di Windows agar dapat menampilkan seperti gambar animasi flash atau tampilan dengan format Java. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di sini. Permasalahannya, ActiveX termasuk salah satu isu celah keamanan sistem operasi yang hingga sekarang ini masih terus disempurnakan. Virus komputer dan sejenisnya seringkali memanfaatkan celah keamanan ActiveX untuk menginfeksi sistem operasi secara keseluruhan. Ada beberapa aplikasi third party yang secara khusus mengawasi ActiveX, akan tetapi BillPStudio sudah melengkapi Scotty dengan fitur ‘Active Tasks’. Melalui fitur ini, Scotty akan memberitahukan jika terdapat perubahan pada komponen-komponen ActiveX kepada Anda. Tidak hanya itu, Scotty juga memperbolehkan Anda untuk menonaktifkan lebih dari 1 komponen ActiveX secara bersamaan.

10. Membuat Catatan (Log) Aktivitas Komputer
Fitur ini mencatat (log) keseluruhan aktivitas sistem operasi termasuk aplikasi yang aktif dan terdeteksi. Biasanya fitur pencatatan (log) semacam ini disediakan oleh web bantu online (online helpers). Jarang sekali ditemukan program third party yang menyediakan fitur pencatatan (log) aktivitas sistem operasi karena fitur ini jarang dibutuhkan. Lalu siapa yang membutuhkan? Mereka yang kebetulan ingin mengawasi secara berkala bekerjanya sistem operasi seperti karyawan IT yang dituntut untuk membuat catatan khusus (log) tentang aktivitas harian sistem operasi. Sekalipun tidak banyak dibutuhkan, Scotty sudah dilengkapi dengan fitur ‘Hijack Log’ sebagai fitur standar.

11. Tidak Banyak Membebani Sistem Operasi
Scotty (WinPatrol) bisa dikatakan cukup fleksibel dengan sistem operasi dari Microsoft. Scotty juga mampu bekerja di sistem operasi Windows 95 hingga versi terbaru Windows 7. Konsumsi memori yang dibutuhkan pun bisa fleksibel. Tidak seperti kebanyakan antivirus yang membuat berat kerja sistem operasi, Scotty tidak terlalu banyak membebani kerja sistem operasi sekalipun keseluruhan fitur diaktifkan ‘Real Time’. Program yang diunduh (download) juga memiliki kapasitas yang relatif kecil, hanya 709 Kb.

12. Gratisan Yang Lengkap, Baik Ya!
BillPStudio nampaknya sangat berbaik hati menyediakan aplikasi keamanan yang sangat bermanfaat seperti Scotty. Bisa dibayangkan dari alasan nomor 1 hingga 10, Anda bisa mendapatkannya untuk versi gratisan (freeware version) kecuali untuk nomor 7 (fitur PLUS!). Itu sudah lebih dari cukup sebagai aplikasi keamanan standar. Hebatnya lagi, fitur ‘HIDDEN Registry Startup Keys’ yang semula pada versi 14.x hanya diperuntukkan bagi pengguna berbayar (paid version), maka sejak dirilisnya versi 15.x sudah bisa dimanfaatkan oleh pengguna versi gratisan (freeware). Perbandingan secara lengkap dapat dilihat pada tabel di bawah ini antara versi gratisan (freeware) dan versi berbayar (paid version/PLUS!).



Jika Anda bukan yang termasuk bekerja di bidang IT atau berorientasi pada IT, Anda tidak perlu untuk meng-upgrade ke versi PLUS!. Fitur PLUS! hanya akan efektif apabila komputer terhubung langsung dengan internet. Scotty versi terakhir yang gratisan sudah diperlengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang sangat memadai sebagai pendamping Antivirus. Sekalipun pada link unduh (download) di bawah ini saya sertakan pula kunci untuk membuka fasilitas berbayar (PLUS!), akan tetapi ini hanyalah sekedar pilihan jika kebetulan Anda membutuhkannya. Anda tidak perlu khawatir dengan validasi keaslian software karena validasi hanya dilakukan untuk peningkatan versi pokok seperti dari versi 14.x ke versi 15.x dan seterusnya. BillPStudio dengan produknya WinPatrol selalu mendapatkan rekomendasi dan pilihan dari berbagai review ternama seperti PC World, C.Net, dan eWeek.



ANTIVIRUS TERHANDAL SEKALIPUN TIDAK CUKUP JIKA TIDAK DIDAMPINGI SCOTTY (WINPATROL). WINPATROL BUKAN BUKAN PRODUK ANTIVIRUS, TAPI WINPATROL BEKERJA SEPERTI LAYAKNYA ANTIVIRUS. ANDA BOLEH BERANI TANPA ANTIVIRUS HANYA CUKUP DENGAN WINPATROL, TAPI HANYA DENGAN ANTIVIRUS TANPA WINPATROL TIDAKLAH CUKUP

Pengalaman Pribadi
Beberapa waktu yang lalu, komputer pribadi di rumah sempat ditembus oleh virus dengan kode W32/Sality. Ini murni karena keteledoran karena tidak sengaja mematikan Antivir Guard. Virus Sality sebelumnya sudah bersarang di komputer, akan tetapi masih dalam kondisi setengah aktif. Hal ini dikarenakan Antivir Guard masih aktif dan memberitahukan jika aksi Sality menaktifkan secara penuh. Ini juga murni keteledoran karena saya sengaja mengabaikan peringatan dari Antivir. Sesungguhnya Scotty sendiri sudah memberitahukan perihal kehadiran tamu tak diundang di dalam sistem operasi. Scotty mencatat aktivitas Sality di ActiveX, Hidden Files, dan Active Tasks. Sekali lagi, karena keteledoran saya sendiri, saya tidak menggubris gonggongan dari Scotty sehingga Scotty menganggap Sality adalah teman baik di rumah saya. Sekalipun demikian, Scotty masih terus mengawasi dengan mencatat aktivitas Sality di semua ruang sistem operasi. Ini yang tidak bisa dilakukan oleh Antivirus. Jika saja ketika itu saya mengetahui penangkal dini (manual) Sality, saya cukup dengan menonaktifkan secara bersamaan aplikasi berganda yang diciptakan oleh Sality dengan memanfaatkan WinPatrol, tanpa harus (akhirnya) menginstalasi ulang.

LINK UNDUH (DOWLOAD LINK)
Bill Pytlovany (didistribusikan oleh BillP Studio, Scotis, NY USA)
Versi : 15.9.2008.5 (10 Oktober 2008)
Ukuran : 709 Kb
Ukuran aktual : WinPatrol.exe (326 Kb) dan WinPatrolEx.exe (594 Kb)







Referensi
Makeuseof.com, December 30th 2008, "The Mark Pack - The Essentials on My Computer - Part One" (link)
WinPatrol Blog (Bits from Bill), December 4th 2008, "Top Ten Reasons to Try WinPatrol Again" (link)

7 comments:

whandi mengatakan...

Selamat sore... sebuah Tulisan yang sangat menarik untuk dibaca.

Anonim mengatakan...

NumPang LEwaT Ya...

He...3x

:-)

BaCaaN Yang BerKuaLiTaz Jga...

TeTep BerKaRYa Yaw....

JangaN BerHenTi BerJuang...

Me & My Self mengatakan...

yupss, sama2... trims dukungannya. semangat jg bwt semua!

ftoweren mengatakan...

Sip... ternyata saya punya banyak kawan yg juga ikut menggunakan software ini :)
saya sudah sejak lama menangkal berbagai serangan terlihat dan tersembunyi ke dalam register system saya menggunakan ini, meski versi yang saya pakai tergolong sudah lama, tapi sudah cukup membantu...

Devi Ampd mengatakan...

Kalau cuma ngongong dan mengawasi untuk apa ? kan WinPatrol hanya mirip seperti anti virus. Saya punya itu scoty di PC kalau di klik ada text Scotty is currently in patrol

Susanti Rins mengatakan...

Kalau ngak keberatan saya mau nanya, " Bagaimana bentuk informasi yang diberikan Winpatrol jika komputer yang kita gunakan dihinggapi virus ".

Netiza Evi mengatakan...

Kenapa ya kalau saya sih merasa Winpatrol seperti ngak berfungsi?

Poskan Komentar