31 Desember 2011

CARA UPDATE GOOGLE CHROME OFFLINE & ONLINE

Google Chrome hingga saat ini masih menjadi browser yang paling populer dan diminati oleh pengguna internet. Faktor kecepatan, ringan, dan kesederhanaan tampilan menjadi pertimbangan bagi usur untuk dijadikan sebagai browser utama (default). Pihak Google melakukan perbaikan ataupun penyempurnaan dengan mengeluarkan versi terbaru dalam bentuk beta channel maupun stable channel. Di sini akan dibahas mengenai update Google Chrome untuk versi stable channel dengan cara offline maupun online.

Update version untuk stable channel dengan cara online maupun offline sebenarnya sama saja. Pilihan online ataupun offline hanyalah mengenai selera dan tujuan yang dikehendaki. Saya sendiri lebih suka update dengan cara online, akan tetapi tetap mengunduh versi offline installer.
Apa saja keunggulan dari masing-masing pilihan update online dan offline?

Update Online
Setidaknya harus terhubung dengan koneksi internet di komputer yang terdapat Google Chrome. Sebaiknya pula koneksi tersebut cukup stabil agar proses update dapat berlangsung dengan lancar. Keuntungan dari update online hanya membutuhkan kapasitas unduhan yang tidak besar, yaitu sekitar 4-5 Mb. Ada beberapa cara untuk update online. Salah satunya yang paling praktis dilakukan melalui fitur [About Google Chrome].

Arahkan kursor mouse ke logo [Customize and control Google Chrome]. Letaknya di sebelah paling kanan dan sejajar dengan address box bergambar perkakas. Atau dapat pula diakses dengan shortcut [Alt]+[F]. Pilih fitur [About Google Chrome]. Kotak tampilan About Google Chrome menampilkan versi yang terinstal di komputer dan sekaligus berfungsi untuk melakukan pengecekan versi secara online. Jika versi Google Chrome yang terinstal dianggap versi terakhir akan ditampilkan notifikasi seperti gambar di bawah ini. Sebaliknya, jika terdapat versi terbaru yang belum terinstal, maka Chrome akan langsung mengunduh (download) update yang dibutuhkan.

Terdapat kemungkinan pihak Google melakukan update Chrome browser dalam waktu yang berdekatan, seperti hanya pada jarak 2 minggu dari update terakhir. Update tersebut bisa jadi berisi perbaikan atau penambahan yang ukurannya relatif kecil, sekitar 2-3 Mb. Inilah keuntungan dari update online. Cara update online lainnya dapat dilakukan dengan mengunduh instalasi Google Chrome dari web Google. Proses instalasinya dilakukan secara online, termasuk mendeteksi keberadaan Chrome yang terinstal di komputer. Proses tersebut akan langsung melakukan update jika di komputer telah terinstalasi Google Chrome.

Teknik update online lain dapat dilakukan dengan menginstalasi setup file dari Google dengan alamat:

http://www.google.com/chrome?hl=id
(untuk setup file dalam bahasa Indonesia)

http://www.google.com/chrome?hl=en
(untuk setup file dalam bahasa Inggris)

Jika hendak merubah pengaturan bahasa lain untuk setup file dapat dilakukan pada kotak scroll down yang terletak pada kanan atas halaman Google Chrome. Klik tombol [Download Google Chrome] yang berwarna biru. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog instalasi online yang berisikan terms of service dan pengaturan lainnya. Klik tombol [Accept and Install] jika telah selesai melakukan pengaturan.

Update Offline
Sebenarnya hampir tidak berbeda dengan instalasi Chrome dengan cara online. Untuk melaukannya pun harus diawali dengan koneksi internet, yaitu dengan mengunduh (download) master Google Chrome yang didesai khusus untuk instalasi offline. Ukuran file yang harus diunduh mencapai sebesar 16-18 Mb. Keuntungannya, proses updatenya tidak perlu harus terkoneksi dengan internet. Cukup praktis apabila hendak update di komputer yang berbeda, tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Langkah pertama mencari tahu versi terbaru untuk stable version dari Google Chrome. Untuk mengetahuinya dapat dibuka situs Google Chrome Releases di sini. Carilah tulisan artikel yang berjudul “Stable Channel Update”. Setelah ditemukan, maka akan tertera versi terakhir beserta tanggalnya. Tentunya harus diperhatikan periode update (tanggal) yang terkini. Misalnya diketahui versi terakhir (stable version of Google Chrome) adalah v16.0.912.63. Untuk mengunduh (download) versi instalasi offline Google Chrome, pergunakanlah 5-6 digit terakhir dari versi yang tertera. Pada contoh tadi, kita pergunakan angka 912.63 sebagai kunci untuk mengakses unduhan versi instalasi offline Google Chrome. Kemudian tuliskan alamat unduh sebagai berikut:

http://dl.google.com/chrome/install/912.63/chrome_installer.exe

Alamat di atas akan langsung mengakses pengunduhan aplikasi instalasi offline Google Chrome. Alamat tadi dapat pula langsung dituliskan pada aplikasi downloader seperti internet download manager. Rata-rata ukuran file di atas 15 Mb, tergantung pengembangan yang disematkan pada versi terakhir.

Setelah selesai proses pengunduhan, kemudian langsung dapat diinstalasikan di komputer yang hendak dilakukan update Google Chrome. Caranya langsung menjalankan file unduhan tersebut. Bisa jadi proses update offline tidak akan menyajikan tampilan apapun, kecuali hanya lampu hard disk yang bekerja beberapa saat. Setelah selesai, kemudian cek kembali versi Google Chrome yang telah di-update offline melalui [About Google Chrome].

Jika proses update (instalasi) tidak berhasil merubah versi Google Chrome, cobalah untuk meng-uninstal Google Chrome melalui Control Panel. Setelah terhapus, kemudian ulangi lagi proses instalasinya. Kegagalan tersebut menurut Google dikarenakan terdapat pengembangan fitur dan elemen yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya. Sekalipun update offline dapat dilakukan tanpa harus melakukan uninstall, pihak Google selalu merekomendasikan untuk melakukan uninstall terlebih dulu sebelum melakukan update.

Kelebihan update offline seperti di atas bisa dilakukan di komputer lain tanpa harus terhubung dengan internet. Jika menginginkan untuk terus mengikuti perkembangan update Google Chrome, Anda dapat berlanggunan RSS pada situs Google Chrome Update. Berita terkini akan dikirimkan melalui email. Untuk stable version, pihak Google tidak menentukan seberapa durasi update-nya. Biasanya antara 1-2 bulan sekali atau bahkan 3 bulan sekali, tergantung pengembangannya. Lain halnya untuk Beta version yang bisa update hingga lebih dari 1 kali dalam sebulan.

Update Online vs Offline
Saya pribadi lebih menyukai update online, ketimbang update offline. Kapasitas unduhan untuk update Google Chrome online lebih kecil, sekitar 3-4 Mb. Update Online akan langsung mengkustomisasikan, termasuk melakukan uninstall apabila terdapat elemen terbaru yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya. Kelemahannya, update online harus dilakukan pada saat koneksi internet tidak sedang sibuk, seperti waktu antara tengah malam hingga dini hari. Kecuali apabila memiliki kualitas koneksi yang cukup stabil. Alasannya, apabila terjadi kegagalan sewaktu proses pengunduhan, maka instalasi ulang akan mengunduh dari awal lagi. Jadi apabila terjadi 4 kali kegagalan pengunduhan di mana masing-masing hanya berhasil mengunduh 50% sasja, maka bisa dihitung banyaknya kuota yang terbuang percuma.

Terkadang saya pun melakukan teknik update offline. Tujuannya agar file setup dapat diinstalasikan di komputer/laptop milik saudara atau kawan-kawan yang kebetulan membutuhkan. File setup yang harus diunduh memang cukup besar, sekitar di atas 15 Mb. Namun, cukup sekali dilakukan pengunduhan, kemudian dapat digunakan berkali-kali di komputer/laptop lain. Lumayan sedikit beramal dengan mengorbankan beberapa kuota untuk setup offline. Untuk mengetahui perkembangan versi terakhir dapat pula langsung mengunjungi situs blog Google Chrome.

4 comments:

Tips blog mengatakan...

sob..punya ane kog error yah di bagian update na..??

mohon blasannya di


Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma HondaTips BlogHitsuke

Gittink mengatakan...

iya ane juga kagak ada tuh update nya, kenapa ya??
eh, ada yang suka maen game ga.. nih coba league of legends mirip dota lah: http://tiny.cc/a3urdw

penghasil pulsa gratis mengatakan...

thank gan .... ijin di coba dulu ya .......

Agen Wisata Karimunjawa mengatakan...

OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

Poskan Komentar