31 Desember 2011

NIGHTLY: MOZILLA FIREFOX 64 BIT

Setelah sekian lama menanti, akhirnya bisa juga menikmati browser 64 bit. Mozilla merupakan satu-satunya pengembang yang cukup aktif mengembangkan varian 64 bit sebagai alternatif Internet Explorer 64 bit. Apalagi saat ini pihak Adobe telah memberikan dukungan penuh untuk aplikasi Flash pada sistem operasi berbasis 64 bit.

Tahun ini pihak Mozilla berkomitmen untuk mengembangkan browser Firefox hingga pada versi 10. Salah satu basis pengembangan browser besutan Mozilla adalah Nigtly, yaitu browser yang dikhususkan bekerja pada mode 64 bit. Firefox Nightly dikembangkan untuk menggantikan browser 64 bit sebelumnya seperti varian Namoroka. Dukungan penuh dari Adobe Flash untuk versi 64 bit membuat Firefox Nightly mampu bekerja normal dibandingkan tanpa dukungan Flash. Firefox Nightly sebenarnya merupakan proyek eksperimen browser Firefox seperti halnya proyek pengembangan versi Beta. Sekalipun demikian, Nightly termasuk cukup stabil untuk dijadikan browser utama.



Tampilan pada jendela utama tidak berbeda dengan Firefox pada umumnya, kecuali tulisan [Firefox] pada kotak drop down Menu digantikan dengan tulisan [Nightly]. Versi terakhir pada tanggal 22 Desember 2011 adalah v12.x dengan kode Alpha. Mungkin yang harus diperhatikan mengenai kompatibilitas [Extensions] maupun [Plugins]. Tidak semua [Extension] berupa Add-ons akan kompatibel dengan Firefox Nightly. Sama halnya ketika Mozilla merilis Firefox terbaru. Mozilla sebenarnya merilis pula Nightly untuk versi 32 bit, karena Nightly adalah proyek Alpha dari browser Firefox.



Sebenarnya hampir tidak terlihat perbedaan antara Nightly dan Firefox 32 bit (standar). Apalagi jika selama ini hanya digunakan untuk keperluan browsing. Perbedaan kecepatan dalam membuka script Flash jarang diperhatikan oleh pengguna, termasuk kemampuan untuk melakukan streaming. Dari pengukuran yang dilakukan oleh berbagai pihak, selisih kemampuan ataupun kinerja antara browser 32 bit dan 64 bit relatif tipis. Perbedaan sekitar 1-3 detik mungkin tidak terlalu berarti bagi pengguna internet di Indonesia. Sekalipun demikian, dengan menggunakan browser 64 bit setidaknya akan mengoptimalkan kerja prosesor dan sistem operasi 64 bit.

Langkah pertama sebelum menginstalasi Nightly adalah menginstalasikan Adobe Flash x64. Anda bisa mendapatkannya di sini (Filehippo.com)
Flash Player 11.2.202.160 Beta 3 (IE) 64-bit
Flash Player 11.2.202.160 Beta 3 (Non-IE) 64-bit

Setelah itu menginstalasi aplikasi Java Runtime untuk versi 64 bit. Jika belum terinstal dan belum memilikinya bisa diunduh di tautan berikut ini (Filehippo.com)
Java Runtime Environment 1.7.0.2 (64-bit)

Sebagai catatan, Adobe merilis dua versi untuk Flash, yaitu versi 32 bit dan versi 64 bit. Sebaiknya Anda menginstalasikan keseluruhannya, baik untuk IE maupun Non-IE . Adobe Flash versi 32 bit digunakan untuk aplikasi di komputer yang masih bekerja pada mode 32 bit (x86). Jika menggunakan sistem operasi Windows versi 64 bit, kedua versi 32 bit maupun versi 64 untuk Flash maupun Java Runtime harus diinstalasikan. Ini berarti terdapat 4 macam aplikasi Flash dan 2 macam aplikasi Java Runtime yang diinstalasikan.

Selanjutnya, masuklah ke situs Mozilla Nightly di sini. Mozilla merilis beberapa varian Nightly, yaitu untuk Windows (x86 dan x64), Android, dan Linux. Atau jika ingin langsung mengunduh (download) Mozilla Nightly 64 bit bisa melalui tautan di bawah ini.
Situs Firefox NIGHTLY
Firefox Nightly for Windows 64-bit

Perlu diketahui, oleh karena Nightly adalah proyek pengembangan (development channel), maka akan selalu ada rilis update setiap minggu atau setiap bulannya. Setiap update final dapat mencapai kapasitas di atas 5 Mb. Oleh sebab itu, sebaiknya menonaktifkan fitur update otomatis (automatic update) untuk menghemat bandwidth.

Sayangnya, pihak Mozilla belum memberikan pilihan untuk membiarkan browser 32 bit dan 64 bit yang dikembangkannya untuk berdampingan menjadi browser. Salah satunya harus mengalah dan dinonaktifkan oleh browser yang diinstalasikan terakhir. Jika sebelumnya sudah terinstalasi Firefox (32 bit), maka setelah menginstalasi Nightly akan menonaktifkan Firefox. Menonaktifkan bukan berarti di-uninstall, melainkan hanya menggantikan browser utama dari Mozilla. Firefox yang lama masih bisa digunakan, akan tetapi jika diaktifkan, maka browser utama Mozilla saat ini adalah Firefox, sedangkan Nightly akan dinonaktifkan. Ada cara untuk dapat menggunakan keduanya dengan membuat profile pada Windows, akan tetapi cara ini termasuk agak merepotkan.

1 comments:

Breadley Nusawakan mengatakan...

thanx atas infonya.

Poskan Komentar