31 Desember 2011

OFFICE TAB: ANEKA FILE DALAM SATU WINDOWS

Fitur utamanya disebut juga tabbed windows atau tabbed user interface, yaitu menampilkan lebih dari satu file (multiple files) ke dalam satu layar window (single window view). Dirancang khusus untuk Microsoft Office 2007/2010. Office Tab akan memudahkan proses penyuntingan dokumen hanya ke dalam satu layar window.

Tabbed user interface (TUI) sebenarnya sudah disematkan oleh Microsoft pada tampilan utama Microsoft Excel, seperti tampilan Sheet 1, Sheet 2, dan seterusnya ke dalam satu file. Fitur TUI tidak diterapkan oleh Microsoft pada tampilan file, sehingga akan tetap membuka lebih dari satu layar window untuk lebih dari satu file. Selain merepotkan, tentunya akan membuat tampilan taskbar menjadi terlihat penuh, terutama untuk pengguna Windows XP. Pada tampilan Windows Vista ataupun Seven akan terlihat menumpuk pada taskbar jika membuka lebih dari satu file dari masing-masing aplikasi Office.



Gambar di atas memperlihatkan contoh penerapan fitur TUI pada Microsoft Word 2010. Tampilan serupa akan diperlihatkan pula pada Excel, PowerPoint, Publisher, Visio, dan lain sebagainya. Office Tab sudah diidentifikasikan dan diakui oleh pihak Microsoft sebagai standar Add-in, sehingga tidak dianggap mempengaruhi kinerja software. Office Tab tidak hanya menyediakan fitur TUI, akan tetapi menyematkan beragam fitur tambahan yang cukup bermanfaat, termasuk pula fitur memodifikasi tampilan TUI pada layar window.



Pengaturan Office Tab seperti gambar di atas terdapat pada instalasi Windows 7 (32 bit) dan Microsoft Office 2010 (32 bit). Bisa diperhatikan apabila Office Tab versi Free tidak diberlakukan untuk PowerPoint. Office Tab v8.0 memberikan beberapa pilihan pengaturan mulai dari pengaktifkan atau menonaktifkan TUI hingga pada pengaturan tampilan TUI. Disediakan pula pilihan pengaturan shortcut dan tampilan TUI pada layar Office (bagian atas, bawah, samping kiri, dan samping kanan). Disediakan pula pada tab [Style & Color] untuk mengatur bentuk tampilan TUI dan berbagai pengaturan di dalamnya. Pengaturan di atas sebaiknya dilakukan sebelum membuka Office. Apabila dilakukan ketika Office sedang aktif, maka untuk melihat efek perubahan harus dilakukan restart Office. Perubahan tampilan pada Office akan diperlihatkan pula pada penambahan Tab Ribbon [Office Tab].

Pihak pengembang (Extendoffice) menyediakan 2 versi, yaitu versi Free dan versi Enterprise (berbayar). Perbedaannya hanya terletak pada banyaknya penerapan TUI pada Office. Untuk versi Free hanya bisa diterapkan pada Word, Excel, dan PowerPoint. Sedangkan, untuk versi Enterprise ditambahkan dengan Publisher, Access (tidak berlaku untuk Acess 2003), Project, dan Visio. Keseluruhannya hanya untuk Microsoft Office 2003/2007/2010. Pihak pengembang menyediakan pula aplikasi khusus untuk Microsoft Office 2010 yang berbasis 64 bit. Versi terakhir untuk bulan ini adalah versi 8.0. Untuk versi Enterprise disediakan TRIAL selama 30 hari untuk mencoba penuh keseluruha fitur-fiturnya. Berikut ini adalah fitur Office Tab v8.0 yang tersemat pada versi Free maupun Enterprise:
- Close Other Tabs
- Close All in one click
- Save All in one click
- Open folder
- Open in New Window
- Quickly Rename
- Lock Documents
- Customize Tab Length
- Customize Tab Appearance
- Shortcut Support
- Show/Hide Tab bar

Tautan pengunduhan (download link) untuk
versi 32 bit:
Tautan pengunduhan (download link) untuk Office 2010 versi 64 bit

Untuk mengunduh Microsoft .NET Framework dapat klik tautan ini.

Tips
Selalu memanfaatkan teknik Shortcut untuk mengakses perintah tertentu, seperti pergantian tab, pergantian layar window, dan sebagainya. Beberapa shortcut berikut ini yang umum berlaku untuk Windows dan Office adalah:
[Ctrl] + [Tab] : berpindah antar tab pada layar window
[Alt] + [Tab] : berpindah antar layar window
[Ctrl] + [T] : membuat (create) tab baru pada layar window
[Ctrl] + [F4] : menutup (close) tab aktif

Pemanfaatan Tabbed User Interface (TUI) seperti pada Office Tab sebenarnya hanyalah persoalan selera dan kebiasaan. Beberapa pengguna Office mungkin sudah terbiasa dengan tampilan standar tanpa adanya TUI. Pihak Microsoft hingga saat ini memang masih belum menyediakan Add-in sendiri untuk TUI. Beberapa orang mungkin pula merasa kurang nyaman jika bekerja tanpa menggunakan TUI. Jika TUI diterapkan, terutama pada sistem operasi Windows Vista/Seven, maka tidak ada lagi tampilan Aero Peek yang dapat menampilkan lebih dari satu window untuk Office.

0 comments:

Poskan Komentar