31 Desember 2011

SAFELY REMOVE USB DENGAN USBDEVIEW

Demi keamanan perangkat dan data akan selalu disarankan menjalankan prosedur yang disebut ‘safely remove usb’. Logo usb terkoneksi akan ditampilkan pada icon tray yang terletak di bagian kanan taskbar. Masalahnya, tidak semua perangkat usb akan selalu menampilkan logo ‘safely remove usb’. Aplikasi USBDeview tidak hanya memberikan fungsi ‘safely remove usb’, akan tetapi memiliki fitur-fitur penting lainnya.

USBDeview merupakan aplikasi kecil yang beroperasi secara standalone, atau aplikasi yang langsung bisa dijalankan tanpa perlu melakukan instalasi. Fitur ‘safely remove usb’ hanyalah fitur standar. Ada cukup beragam fitur utama yang disediakan di dalamnya. Tampilan utamanya ketika diaktifkan dapat dilihat berikut ini.



USBDeview akan menampilkan daftar perangkat usb yang pernah diaktifkan di masing-masing port usb dan port usb yang aktif saat ini. Pada gambar di atas, port yang aktif akan ditandai dengan warna hijau muda. USBDeview akan menampilkan daftar perangkat usb berdasarkan nama device, keterangan, jenis perangkat, serial number (mass storage), tanggal ketika perangkat ditambahkan pada daftar, dan berbagai informasi lainnya. Dalam daftar tersebut akan diperlihatkan pula apabila perangkat tersebut sedang terkoneksi atau aktif yang diberikan keterangan [Connected = Yes/No].

Safely remove usb dapat dilakukan dengan menyoroti perangkat yang dikehendaki, kemudian klik tombol kanan mouse satu kali. Pilih opsi [Disconnect Selected Devices] atau tekan tombol [F9]. Pengguna diberikan pula pengaturan untuk menghapus perangkat yang telah terinstal dengan opsi [Uninstall Selected Devices]. USBDeview menyediakan beberapa pilihan pengaturan lainnya untuk perangkat usb.

Aplikasi ini dibuat oleh pengembang Nirsoft dan didistribusikan secara bebas (freeware). Beroperasi pada sistem operasi Windows Windows 2000/XP/2003/Vista/Server 2008/Seven dan dapat bekerja pada mode 32 bit maupun 64 bit. Disediakan dalam 2 versi, yaitu versi 32 bit dan versi 64 bit. Untuk sementara ini baru mampu menangani USB versi 2.0 di mana kompatibilitas masih rendah untuk USB versi 3.0. Berjalan dalam mode Standalone yang tidak perlu dilakukan instalasi.

Speed Test
Salah satu fitur tambahan yang disematkan pada USBDeview untuk mass storage adalah Speed Test. Mass storage di sini dapat berupa flash disk, kartu memori, maupun external hard disk. Speed Test berfungsi untuk menguji kecepatan penulisan [Write Speed] dan kecepatan pembacaan [Read Speed] pada media penyimpanan. Klik kanan tombol mouse pada media penyimpanan yang aktif pada daftar USBDeview, kemudian pilih [Speed Test] atau tekan tombol [Ctrl]+[T].

Catatan:
Untuk sistem operasi Windows Vista/2008/Seven sebaiknya mengaktifkan mode UAC. Klik kanan tombol mouse pada icon USBDeview, kemudian pilih [Compatibility Tab], pilih [Run As Administrator]. Sebaiknya pula menggunakan aplikasi versi 64 bit untuk sistem operasi 64 bit.

Pengoperasian
USBDeview dikemas dalam paket yang telah dikompres (ZIP Archieve) dengan ukuran kurang dari 100 Kb. Setelah diekstrak nantinya menjadi sekitar 208 Kb. Sebaiknya ekstrak dilakukan dengan folder terpisah. Untuk menjalankan cukup dengan mengaktifkannya melalui dobel klik icon aplikasi bernama USBDeview. Gunakan versi tersendiri untuk sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Aturlah mode UAC untuk Windows Vista/2008/Seven seperti cara di atas. Setelah itu, baru dapat dibuatkan Shortcut di layar desktop dengan klik kanan tombol mouse pada icon aplikasi USBDeview, kemudian pilih [Send to], pilih [Desktop (create shortcut)].

Tautan Pengunduhan (Download Link)
Sistem operasi 32 bit
Sistem operasi 64 bit
Atau dapat pula dengan mengakses situs Nirsoft. Di dalamnya akan diuraikan informasi software dan berbagai pengaturannya.

0 comments:

Poskan Komentar