31 Desember 2011

TAMPILAN BARU YAHOO MESSENGER v11.50.0152 DAN MENGHILANGKAN TAMPILAN IKLAN

Sebenarnya sedikit enggan mengunduh update Yahoo Messenger (YM). Dua update terakhir sebelumnya tidak menghasilkan perubahan apapun. Ketika kemunculan v11 pun hampir tidak berbeda dengan versi terakhir v10. Namun, versi terakhir YM berbeda sekali dengan versi sebelumnya. Apakah perubahan yang disematkan dalam versi terbaru? Berikut ini ulasannya, sekaligus aplikasi pendukung untuk menghilangkan tampilan iklan pada YM.

Tab IMs
Inilah fitur yang sesungguhnya sedang ditunggu oleh pecinta YM. Fitur ini sebelumnya hanya ditemukan pada Pidgin atau aplikasi messenger alternatif. Fitur Tab IMs memungkinkan user melakukan lebih dari satu chat ke dalam satu chat box. Tampilan sebelumnya membutuhkan lebih banyak chat box untuk melakukan lebih dari satu chat. Dengan meringkasnya ke dalam satu chat box tentunya akan menghemat tampilan, sekaligus menghemat pula kebutuhan memori Windows. Jika dikehendaki, chat box bisa dipisahkan. Misalnya menghendaki agar tetap membuka 2 tampilan chat box untuk dua chat, bukan dijadikan satu. Caranya, klik kanan pada tampilan tab chat, kemudian pilih [Separate from Tabs] atau melalui shortcut [Ctrl]+[Alt]+[S].



Recent Contacs Access
Anda mungkin memiliki cukup banyak daftar pertemanan di YM, akan tetapi hanya aktif melakukan percakapan (chat) hanya dengan beberapa orang. Mereka mungkin ditempatkan terpisah berdasarkan group chat yang Anda buat sendiri. Tentunya akan merepotkan untuk mencari dan memanggil kembali dengan menggeser tombol scroll. YM versi terbaru (11.50.0152) menyediakan fitur yang disebut [Recent Contacs] yang terletak di bagian paling atas deretan contact list. Fitur ini merupakan contact group yang berisikan nama user yang terakhir atau paling sering melakukan chat.

Full Emoticons
Pada YM versi terbaru telah disediakan keseluruhan emoticon, termasuk hidden emoticon. Anda tidak perlu lagi harus menghapal seluruh kode emoticon yang dimiliki oleh YM. Tidak hanya itu, karena versi terbaru ini menyediakan fitur [Quick Access] untuk emoticon yang sering digunakan, sehingga tidak perlu direpotkan dengan mencari emoticon yang dikehendaki. Yahoo! Menambahkan pula beberapa emoticon terbaru dalam versi YM terakhir.



Snap and Share
Fitur ini sebenarnya tidak begitu banyak diperlukan. Snap and Share memberikan pilihan kepada pengguna YM untuk menangkap obyek gambar di tampilan Windows yang selanjutnya dikirimkan kepada user lain di dalam chat box. Obyek gambar yang ditangkap (capture) berbentuk rectangle atau persegi empat.

Spam Management
Pihak Yahoo! nampaknya mulai menyadari celah-celah keamanan yang paling sering ditembus, yaitu melalui pesan spam. Pesan semacam ini dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal dengan ID user yang terasa tidak biasanya Anda pernah ketahui. Cara lama untuk mengantisipasinya dengan menekan tombol [Ignore user] yang secara otomatis akan mem-blok seluruh pesan yang sama dari user (asing) yang sama. Tentu saja cara ini akan merepotkan apabila si pengirim spam menggunakan ID yang berbeda dan mengirimkannya dalam waktu yang cukup berdekatan. Melalui fitur [Spam Management], YM akan langsung mengidentifikasikan pesan spam tersebut, sehingga cukup hanya dengan sekali tindakan akan mengantisipasi rangkaian pesan spam dari ID user yang berbeda.

Fitur Tambahan Lainnya
Masih ada lagi sebanyak 3 tambahan lagi, yaitu [Social Games], [Smart Archiving], dan [Romanian Language]. Fitur Social Games memungkin user menjalankan permainan online yang disediakan oleh Yahoo! yang sekaligus langsung dapat terhubung dengan aplikasi YM. Smart Archiving nampaknya tidak banyak berbeda dengan sebelumnya. Saya pribadi kurang nyaman dengan fitur rekaman percakapan yang disimpan di database Yahoo! (online). Pengubahan penyimpanan rekaman chat dengan metode online dilakukan untuk menambahkan keamanan dan privasi pengguna, terutama apabila sering menggunakan chat YM di komputer lain. Pihak Yahoo! berujar apabila fitur tambahan pada versi terbaru ini merupakan permintaan penggunanya sejak lama. Sebenarnya masih cukup banyak permintaan pengguna YM yang belum dapat direalisasikan oleh Yahoo. Salah satunya seperti multi IM, yaitu kemampuan YM untuk menggunakan lebih dari satu ID yang aktif.

Advert Remover
Bagi kebanyakan pengguna, tampilan iklan (advert) pada YM dianggap sangat mengganggu. Ada dua macam yang disebut tampilan iklan, yaitu iklan komersial dan tampilan iklan baris. Tampilan iklan bisa ditemukan pada Windows YM yang terletak di bagian bawah. Tampilan iklan (advert) lainnya bisa ditemukan pada video chat box atau chat box yang terletak di bagian bawah. Biasanya ditampilkan berupa berita dari Yahoo!. Tampilan iklan seperti ini agaknya cukup memboroskan penggunaan bandwidth, karena seperti pada tampilan Windows YM menggunakan animasi flash. Ada beberapa macam aplikasi untuk menghilangkan tampilan iklan pada YM. Aplikasi ini sebenarnya tidak hanya berfungsi menghilangkan tampilan iklan, melainkan disisipkan pula fungsi-fungsi lain, termasuk multi login. Ada beberapa aplikasi untuk fitur penghilang tampilan iklan. Beberapa yang paling sering saya pergunakan seperti AdDestroy, Adbanner Remover, dan AbrLite. Keduanya tersedia versi untuk 32 bit dan 64 bit. Update versi terbaru senantiasa dilakukan setiap kali Yahoo! mengeluarkan YM versi terbaru. Dari keseluruhan variasi dan pilihan, saya lebih suka menggunakan AdDestroy yang dibuat oleh irish-gaming software. Di antara 3 nama yang saya sebut tadi, hanya 2 aplikasi yang menyediakan fitur multi login, yaitu AdDestroy dan Adbanner Remover. Namun, Adbanner Remover jarang melakukan update, terutama ketika dikeluarkan YM v11.50.0152. Untuk AdDestroy hanya bisa diunduh apabila telah teregistrasi (gratis/free) di situs irish-gaming dan telah melakukan minimal 1 posting atau kiriman. Di sini akan diberikan tautan pengunduhan (download link) untuk AdDestroy v8.5 dan Adbrlite yang sudah mampu bekerja untuk YM versi 11.50.0152.

AdDestroy v8.5 (x86 & x64 - Satu file)
Pengembang : Irish-Gaming.net
Kapasitas : 326 Kb (RAR)
Tautan unduh (download link) : Mediafire

Abrlite for Y!M v11.50.0152 (x86 & x64)
Pengembang : www.wackyb.com
Kapasitas : 1.649 Kb (RAR)
Tautan unduh (download link) : Mediafire

Cara menggunakan aplikasi di atas cukup mudah, tanpa harus melakukan proses instalasi. Ekstrak terlebih dahulu file aplikasi ke dalam folder tersendiri. Jika menggunakan lebih dari dari 1 sistem operasi, sebaiknya folder tersebut hanya diperuntukkan 1 sistem operasi saja. Perlu diketahui, setiap kali melakukan ‘hack’, aplikasi akan membuatkan backup yang disimpan di folder tersebut. Jalankan file aplikasi yang selanjutnya akan dibawa masuk ke dalam menu pilihan. Untuk AdDestroy 8.5 akan membutuhkan waktu sekitar 60 detik menunggu pada tampilan ‘disclaimer’ yang harus disetujui oleh pengguna, sebelum masuk ke tampilan utama.





Sebelumnya, aplikasi akan mendeteksi kesesuaiannya dengan versi YM yang sudah terinstalasi di komputer yang hasilnya akan ditampilkan pada jendela menu pilihan. Untuk AdDestroy, jika aplikasi mendukung [supported], maka akan ditampilkan tombol [Next] untuk masuk ke penyetelan (setting). Sedangkan AbrLite akan langsung masuk ke kotak dialog penyetelan. Beberapa istilah hack yang perlu diketahui sebagai pilihan yang disediakan adalah:
[Remove IM Statusbar Advert] menghilangkan tampilan pesan/iklan pada chat box yang biasanya berupa tulisan teks (termasuk berita dari Yahoo! News).
[Remove Webcam Adverts] menghilangkan tampilan pesan/iklan pada webchat box.
[Remove Chat Room Advert] menghilangkan tampilan pesan/iklan pada chatbox room.
[Replace Change Room Banner] menghilankan tampilan iklan (banner) pada Change Room Box.
[Replace Video Call Advert] menghilangkan tampilan pesan/iklan pada video call box.
[Polygami IM] atau dituliskan pula [Multiple instance] untuk dapat membuka lebih dari 1 Windows YM. Misalnya jika hendak online YM dengan menggunakan lebih dari 1 ID.

Untuk AbrLite dan AdBanner Remover menyediakan pilihan lebih dari 1 jenis iklan/pesan. Lain halnya dengan AdDestroy yang menghapus semua tampilan pesan/iklan pada YM. Bisa jadi pengguna hanya menghendaki bagian iklan tertentu yang ingin dihilangkan. Fitur Polygami IM atau Multiple Instance hanya terdapat pada AdDestroy dan AdBanner Remover. Sayangnya, hingga tulisan ini diposting belum ada pula update dari pengembang AdBanner Remover. Padahal AdBanner Remover memiliki pilihan lebih banyak daripada AdDestroy. Masih terdapat pilihan lain seperti menonaktifkan atau menghilangkan fitur Smiley, remove YM at startup, dan lain sebagainya. Saya menggunakan dua aplikasi, yaitu AdDestroy untuk mengaktifkan Polygami IM dan AbrLite untuk menghilangkan pesan/iklan tertentu pada YM.

6 comments:

gelas mengatakan...

tadi aku br hbs instal ym versi 11.50.0152 . tetapi kenapa di saat aku memilih emoticonnya, emotnya tidak bisa di enter ya? tp kl nulis biasa bisa. apa karena spesifikasi komputer tidak mendukung ya? tetapi jika aku instal yg versi 9. aku bs enter emotnya. mohon pencerahannya ya.

Leo Kusuma mengatakan...

Coba dicek dulu aplikasi Java Installer sudah update apa belum? Sekalian update Adobe Flash. Selalu dibiasakan, jika menginstall baru harus meng-uninstall versi sebelumnya. Terima kasih.

Obat Tulang Ngilu mengatakan...

Terima kasih kepada blog ini yang telah meluangkan waktu untuk memberokan informasi kepada kita semua.,

Obat Asam Lambung Alamid dan Aman mengatakan...

Apabila blog ini telah baik memberikan informasi, maka ucapan terimakasih lah yang patutu diberikan.,

Obat Pegal Linu mengatakan...

Sebuah ucapan terima kasih yang tulus bisa membuat seseorang ketagihan berbuat baik. Itulah nilai dari terima kasih.

Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil mengatakan...

Apa yang sudah Anda beritakan begitu berguna bagi saya. Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih.,

Poskan Komentar