21 Februari 2012

AIMP 3 PLUGIN YAHOO MESSENGER

AIMP merupakan pemutar lagu (music player) serupa dengan WinAmp. Salah satu pertimbangan untuk memilih pemutar lagu MP3 adalah fiturnya yang dapat diintegrasikan dengan Yahoo! Messseger (YM) status update. WinAmp dapat diintegrasikan dengan status YM dengan plugin Now Playing. Ternyata AIMP versi 3 dapat pula diintegrasikan dengan status YM. Caranya cukup mudah, tanpa harus melakukan instalasi. Saya mencobanya dengan YM versi 11.5.

AIMP merupakan pemutar MP3 yang dibuat oleh pengembang dari Rusia. Pertama kali mencobanya ketika masih dirilis ke dalam versi 2.0. Dibandingkan dengan WinAmp, AIMP memiliki kualitas suara digital yang jauh lebih baik, sekalipun hanya dengan instalasi standar (tanpa plugin). Didukung dengan 18 kanal equalizer dan fitur efek suara digital yang sudah terintegrasi di dalamnya. Efek suara yang disediakan terdiri atas Echo, Reverb, Flanger, Chorus, Bass, Enhancer, Speed, Tempo, dan Flitch. Sepadan dengan efek suara yang terdapat pada Cowon JetAudio dan tidak ditemukan pada Foobar 2000. Hanya saja, JetAudio memiliki lebih banyak kanal equalizer, yaitu sebanyak 20 kanal. Jika ingin mengetahui fitur-fitur yang disediakan pada versi terbaru AIMP 3 dapat dilihat pada situs AIMP (Klik di sini).

Now Playing Yahoo! Messenger
Plugin Now Playing sebenarnya dirancang khusus untuk WinAmp. AIMP dirancang dengan beberapa kompatibilitas dengan WinAMP, sehingga beberapa plugin masih memungkinkan dimodifikasikan dari WinAMP. Salah satunya plugin NowPlaying yang berfungsi untuk menampilkan status lagu aktif yang diputar pada AIMP pada tampilan status Yahoo! Messenger. Setelah mencari di beberapa lokasi, akhirnya saya menemukan teknik yang cukup sederhana untuk mengintegrasikan NowPlaying ke dalam AIMP. Beberapa teknik tidak berhasil dengan alasan kompatibilitas versi dan ketidaksesuaian dengan versi Y!M.



Silahkan untuk mengunduh (download) Now Playing v5.1 untuk AIMP di bawah ini.
NowPlaying v5.1 for AIMP 2.0 and 3.0

Jika belum memiliki AIMP, download di link yang sudah diberikan di atas, .lalu instalasikan AIMP. Langkah pertama, ekstrak file yang terdapat pada file kompresi RAR. Kemudian copy file bernama gen_ymStatus.dll ke folder instalasi plugin AIMP. Contoh:
C:\Program Files\...\AIMP\Plugins
Jalankan AIMP, lalu masuk ke [Main Menu] dan pilih [Plugins]. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak pengaturan seperti yang diperlihatkan pada gambar di atas. Di sini penulis menggunakan AIMP versi 3.0. Ketika dijalankan, AIMP akan secara otomatis mendeteksi plugin yang terdapat pada folder instalasinya. Pada tab [Winamp General] terdapat plugin yang tadi telah dimasukkan. Jika sudah diberikan tanda centang, itu berarti plugin Now Playing secara otomatis telah terintegrasi dengan AIMP. Jika belum terdapat tanda centang, maka berikanlah tanda centang. Jika tidak bisa diberikan tanda centang, itu berarti plugin NowPlaying tidak kompatibel dengan AIMP. Upgrade AIMP ke versi yang terbaru.



Selanjutnya, klik tanda kotak […] disamping kanan tulisan gen_ymStatus.dll untuk melakukan pengaturan Now Playing seperti pada gambar di atas. Berikanlah tanda centang pada kotak [Enable status update] untuk mengaktifkan plugin Now Playing. Jika hendak menampilkan icon headphones, berikan tanda centang pada kotak [Use headphones icon]. Aturlah format tampilan status sesuai dengan keinginan. Untuk memisahkan di antara variabel digunakan tandap spasi (space). Jika menggunakan format tampilan di atas, maka tampilan status di Y!M akan menjadi seperti di bawah ini.



Gambar di atas menggunakan Y!M versi 11.5. Plugin Now Playing masih bisa kompatibel untuk Y!M versi 10. Penulis belum mencoba untuk versi di bawahnya. Tetapi bisa dipastikan hanya untuk dibuat versi 10 ke atas. Perlu diperhatikan, apabila menghendaki untuk online dengan status [Invisible], sebaiknya Now Playing dinonaktifkan terlebih dulu dengan pengaturan di atas. Kecuali jika tidak sedang memutar lagu dengan AIMP.

Pihak penulis beberapa kali mencoba plugin status pemutar MP3 yang dapat terintegrasi dengan Y!M. WinAmp yang selama ini menjadi pilihan jika hendak menampilkan status lagu pada status Y!M. Selain lebih mudah dan tidak ribet, aplikasi Now Playing tidak membuat masalah pada sistem operasi Windows. Pernah satu waktu mencoba plugin universal yang dapat terintegrasi di banyak jenis pemutar MP3, akan tetapi justru banyak bermasalah ketika dilakukan uninstall, bahkan pembersih jejak registry mengalami kesulitan untuk melakukan perbaikan dengan aman. Penulis pernah mencoba plugin untuk Foobar, akan tetapi instalasinya cukup ribet. Plugin Y!M untuk Foobar 2000 harus menginstalasi aplikasi AMIP yang ternyata tidak kompatibel dengan Foobar 2000 maupun Y!M versi terbaru. Padahal, Now Playing v5.1 di atas dirilis pada bulan Maret 2011, tetapi mampu mendukung kompatibilitas AMP3 yang baru dirilis pada awal tahun 2012 dan Y!M versi 11.5 yang dirilis pada pertengahan tahun 2011.

6 comments:

coepoe erland rif mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
coepoe erland rif mengatakan...

saya menggunakan AIMP , dah lama cari2 tutorial kyak gini, terimakasih byak bang

Leo Kusuma mengatakan...

Saya juga penggemar AIMP, bikinan Rusia lebih berbeda. Semoga saja anak bangsa bisa membuat yang lebih baik.

deny dahlan mengatakan...

saya jg pecinta aimp..makasih mas sungguh sangat brmanfaat.

Anonim mengatakan...

yang buat twitter ada ga gan?

Leo Kusuma mengatakan...

Coba link di sini, tapi ini buat WinAmp - Twitter.
http://www.winamp.com/plugin/twitter-plugin/221831

Poskan Komentar