25 Februari 2012

AVAST 7 FREE EDITION TELAH DIRILIS!!

Hari Sabtu, 25 Februari 2012, salah satu pengembang antivirus Avast telah merilis paket final untuk versi 7.0. Pada versi 7.0, terutama untuk versi Free Edition ditambahkan fitur baru yang disebut Hybrid Cloud Technologies. Avast termasuk cukup banyak dipilih dan dipercaya menjadi antivirus oleh penggunanya yang saat ini diklaim mencapai lebih dari 150 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Apa saja yang terbaru dalam versi 7 (free edition), ikuti ulasan berikut ini.

Salah satu alasan memilih Avast untuk dijadikan sebagai antivirus utama dikarenakan fleksibilitasnya yang cukup tinggi disamping reputasinya. Avast bahkan dapat dijalankan dengan normal pada komputer dengan prosesor intel Pentium III sekalipun. Sistem operasinya pun dapat menggunakan mulai dari Windows XP (minimal service pack 2 atau di atasnya) hingga Windows 7 (32 bit dan 64 bit). Untuk Windows 2000 hanya bisa kompatibel sampai pada SP4 atau yang lebih tinggi. Konsumsi memorinya cukup rendah, bahkan pada versi 7.0 lebih sedikit, sehingga tidak mengganggu kinerja sistem operasi, ketika bekerja pada mode full protection.

Pada posting sebelumnya sudah pernah diulas mengenai kehadiran Avast v7.0 (FE) versi beta yang masih dalam pengembangan. Pihak Avast memperkenalkan beberapa fitur terbaru di dalam versi 7.0 yang nantinya akan menjadi fitur standar untuk free edition (FE). Versi beta menandakan merupakan versi percobaan dan sekaligus pengembangan. Dirilisnya paket final untuk versi 7.0 telah dilakukan sejumlah perbaikan dan stabilitas untuk keamanan sistem keamanan terbaru yang disematkan ke dalamnya.

Hybrid Cloud Technologies
Avast akan senantiasa memonitor dan memberikan informasi langsung secara online untuk meningkatkan kinerja keamanan komputer. Teknologi Cloud merupakan teknologi masa depan di mana seluruh perangkat komputer maupun software dapat dikendalikan atau dikelola secara online. Avast Virus Lab Cloud akan mengirimkan kode-kode pengenalan virus secara real time (setiap saat) melalu koneksi internet. Pihak Avast mengklaim apabila metode semacam ini jauh lebih baik ketimbang hanya sekedar update virus database. Disematkan pula fitur FileRep untuk memantau file-file yang hendak dibuka dengan aman melalui teknologi Cloud. Pengguna dapat mengatur kebutuhan Cloud Technologies atau bahkan menonaktifkannya.

Pembaharuan Fitur
[AutoSandbox] menyempurnakan fitur yang sama disematkan pada versi 6.0 dengan menambahkan informasi mengenai aplikasi/program yang diidentifikasikan dijalankan dengan AutoSandbox. Pengguna akan diberikan pilihan untuk pengaturan keamanan atas program/aplikasi yang dianggap berbahaya tersebut.
[Browser Sandboxing] berfungsi untuk melindungi browser dengan mengisolasi secara khusus, sehingga apapun yang terjadi pada browser, termasuk ketika terjadi penyusupan tidak akan sampai pada mengkontaminasi sistem operasi.
[WebRep] merupakan browser plugins dikembangkan dari versi sebelumnya. Pada versi 7.0 ditambahkan daftar browser terbaru, yaitu Apple Safari.
[SafeZone] hanya tersedia pada versi berbayar, yaitu Avast Pro Antivirus.



Gambar di atas merupakan tampilan pembuka berupa kotak dialog instalasi Avast FE v7.0. Pengguna dapat melakukan pengaturan bahasa, serta pilihan instalasi otomatis (Express Install) atau pengaturan instalasi (Custom Install). Rupanya Avast FE v7.0 disponsori oleh Google dengan menampilkan pilihan untuk sekaligus menginstalasi browser Google Chrome. Pengguna dapat mengabaikannya dengan menghilangkan 2 tanda centang pada kota dialog tersebut. Pada pengaturan instalasi akan diberikan pilihan dan pengaturan lokasi instalasi dan pengaturan fitur-fitur yang hendak diaktifkan. Pengguna dapat melakukan pengaturan ulang pada fitur-fitur tersebut setelah instalasi.

Setelah langkah instalasi, pengguna akan diberikan waktu selama 30 hari sebagai masa percobaan. Dalam hal ini, sekalipun freeware, pihak Avast mengharuskan penggunanya untuk meregistrasikannya secara langsung. Registrasi software akan memberikan lisensi pemakaian hingga selama masa 1 tahun. Pengguna dapat langsung meregistrasikan setelah instalasi Avast FE v7.0 melalui situs di sini.
Halaman Registrasi Avast 7 Free Edition

Informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur lainnya pada Avast FE v7.0 dan halaman untuk mengunduh (download) dapat dilihat pada halaman tautan berikut ini.
Informasi Avast 7 FE dan link download

Sekedar catatan, apabila pengguna menemui kesulitan untuk masalah uninstall Avast karena faktor teknis tertentu dapat melihat penjelasan Avast dan petunjuk untuk mengatasi masalah pada halaman berikut ini.
Informasi untuk masalah uninstall Avast

Perlu diketahui oleh pengguna mengenai Avast 7 FE hanya menyediakan pilihan update virus database (virus definition) secara online. Pihak penulis sudah menelusuri halaman pendukung (support site) Avast, tetapi tidak menemukan pilihan mengunduh (download) virus database untuk versi 7. Belum diketahui pasti apakah hanya sementara ataukah menunggu hingga pembaharuan versi terbaru. Jika merujuk pada fitur terbaru yang disematkan, yaitu fitur teknologi awan hibrida, maka besar kemungkinan tidak akan disediakan pilihan update virus database secara offline. Mirip dengan Cloud Antivirus keluaran Panda di mana update virus database selalu dibarengi dengan pembaharuan virus-virus terbaru yang ditemukan oleh Avast Virus Lab Cloud.

Jika komputer/laptop yang digunakan saat ini jarang terhubung dengan internet, pengguna disarankan untuk menggunakan Avast FE v6.0 agar senantiasa dapat memperbaharui virus database secara manual. Lebih dari 3 bulan tanpa update, maka antivirus bisa dikatakan tanpa kemampuan penangkal. Pihak Avast bahkan sampai saat ini masih menyediakan pilihan update virus definition secara offline untuk versi 4 dan 5.

0 comments:

Poskan Komentar