20 Februari 2012

BROWSER OPERA 64 BIT

Pihak pengembang opensource Opera nampaknya mengikuti jejak Mozilla untuk merilis browser dengan platform 64 bit. Saya baru mengetahuinya beberapa hari lalu, karena bulan Desember 2011 lalu masih belum menemukan browser 64 lain selain edisi Mozilla maupun IE. Apa saja fitur yang disediakan dan yang berbeda dengan Opera versi 32 bit?

Opera edisi 64 bit dikeluarkan dengan versi 12 alpha (build 1293). Versi alpha merupakan versi pengembangan (development version). Opera dengan platform 32 bit saat ini baru pada versi 11.61 yang sekaligus merupakan versi final. Nampaknya setelah pihak Adobe mau merilis Flash 64 bit di pertengahan tahun 2011 mendorong Opera mengembangkan browser yang mampu bekerja penuh pada sistem operasi 64 bit. Pihak pengembang memberikan kode OOPP atau kode untuk singkatan “Out Of Process Plug-ins”.



Sekilas tidak terlihat ada perbedaan tampilan antara versi 32 bit dan 64 bit. Perbedaan secara visual hanya terlihat pada logo Opera di mana pada versi 64 bit memiliki ciri khas warna perak. Logonya yang tertera pada icon shortcut maupun icon pada taskbar pun dibedakan dengan ciri khas warna perak. Keseluruhan fitur yang ditawarkan termasuk fitur yang menjadi ciri khas Opera pun tidak berbeda di antara kedua versi tersebut. Menurut sumber tertentu, termasuk pihak pengembang mengklaim apabila Opera 64 bit memiliki kinerja yang lebih baik atau lebih cepat, terutama ketika melakukan graphic rendering. Konsumsi memorinya diklaim pula lebih irit ketimbang Opera 32 bit.

Mengingat belum terlalu lama dirilis oleh pihak Opera, versi Alpha dianggap belum cukup stabil. Pihak Opera sendiri sampai memberikan kode OOPP yang berarti masih berada dalam status pengembangan. Jika berminat mencobanya dapat mengunduh pada tautan (link) di bawah ini.

Halaman Opera 12 OOPP
Download Opera 12a Windows 64 bit
Download Opera 12a Windows 32 bit

0 comments:

Poskan Komentar