29 Februari 2012

MENGHILANGKAN IKLAN (ADS) PADA AVAST FREE EDITION PADA WINDOWS SEVEN

Tampilan iklan muncul ketika sistem operasi terkoneksi dengan internet dan antarmuka (GUI) Avast diaktifkan. Pada tampilan utama akan muncul informasi mengenai penawaran produk maupun layanan (services) dari Avast Labs. Memang begitu konsekuensi yang diterima pengguna yang menginginkan Free Edition. Sebenarnya tidak mengganggu, karena hanya muncul ketika AvastUI diaktifkan ke dalam layar Windows. Namun, jika merasa kurang nyaman bisa dihilangkan dengan teknik berikut ini.

Avast 6 dan 7 sebenarnya sudah dirancang sepenuhnya kompatibel dengan Vista maupun Seven. Teknik untuk mem-blok tampilan iklan dilakukan dengan memanfaatkan fitur Firewall dari Windows. Oleh karenanya, pastikan apakah telah diaktifkan fitur Firewall pada sistem operasi yang mungkin berasal dari Windows atau program Firewall lain. Di sini hanya dibahas langkah-langkah dengan memanfaatkan Firewall dari Windows.
1. Masuk ke [Control Panel], pilih [System and Security]
2. Pilih [Windows Firewall], kemudian pilih [Advanced Settings] pada panel sebelah kiri
3. Setelah masuk ke dalam kotak dialog [Windows Firewall with Advanced Security], klik [Outbound Rules] pada panel sebelah kiri, kemudian pilih [New Rule] pada panel sebelah kanan. Selanjutnya pilih [Custom] pada bagian bawah,kemudian klik tombol [Next].
4. Pilih pengaturan [This Program Path], lalu carilah pada folder direktori Avast untuk mendapati dan memilih file bernama [AvastUI.exe]. Setelah dipilih, klik tombol [Next]
5. Pada tahap dan tampilan kotak dialog [Protocol and Ports] dan [Scope], klik terus tombol [Next] hingga masuk ke kotak dialog [Action].
6. Pada kotak dialog [Action], pastikanlah untuk tetap ada tanda centang pada opsi/pilihan [Block the connection], kemudian klik tombol [Next].
7. Setelah masuk ke dalam kotak dialog [Profile], pastikanlah tetap ada tanda centang pada pengaturan [domain], [private], dan [public]. Kemudian klik tombol [Next].
8. Sebelum mengakhir, akan diharuskan untuk mengisikan nama pengaturan dan keterangan. Tuliskanlah dua kotak tersebut, sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian akhir rangkaian prosedur dengan tombol [Finish].
Setelah keseluruhan rangkaian di atas telah dilalui, maka prosedur pemblokiran akan langsung aktif seketika setelah komputer dilakukan [Restart]. Pengaturan Firewall di atas hanya bisa dilakukan untuk Windows 7 32 bit maupun 64 bit.

Penulis sudah mencoba tips di atas dan cukup efektif mem-blok tampilan iklan pada GUI Avast v7.0 Free Edition. Tidak ada masalah sama sekali, termasuk tetap dapat menggunakan fitur Hybrid Cloud Technologies maupun update otomatis virus definition. Penulis belum mengetahui teknik serupa untuk Windows XP yang tidak memiliki pengaturan Firewall seperti pada Windows 7. Untuk Windows XP memerlukan aplikasi Firewall tersendiri seperti ZoneAlarm Free Firewall yang diatur melalui [Program Control]. Silahkan jika memang ada yang mengetahui teknik lain selain yang diuraikan di atas.

Sumber tulisan

1 comments:

Bahzam mengatakan...

Terima kasih infonya..

Kunjungi balik ya:
http://www.ukafahrurosid.com
http://bahzam.com

Poskan Komentar