20 Februari 2012

SEKILAS MENGENAI AVAST 7 BETA FREE EDITION

Tahun 2012 ini diperkirakan Avast akan merilis upgrade versi Home Edition atau Free Edition menjadi versi 7.0. Belum diketahui kepastiannya, akan tetapi Avast dikabarkan memberikan tambahan fitur pada versi terbarunya. Avast termasuk salah satu Antivirus yang cukup banyak direkomendasikan oleh pengguna. Pihak Avast sendiri mengklaim melakukan perbaikan pada alokasi memori yang dibutuhkan, sehingga versi terbarunya nanti akan lebih ringan dari versi yang saat ini.

Perbedaan konsumsi memori untuk GUI memang cukup besar antara Avast 6.0 dan Avast 7.0 (beta). Selisihnya bisa mencapai dua kali lipat di mana Avast 7.0 mengkonsumsi memori lebih hemat. Sekalipun konsumsi memorinya lebih hemat, terdapat perbaikan dan penambahan fitur-fitur keamanan. Rencananya Avast 7.0 dipersiapkan untuk dapat berjalan pada Windows 8 jika nantinya telah dikelaurkan versi final.





Salah satu fitur terbaru, yaitu diterapkannya pelayanan berbasis awan (cloud services). Melalui fitur cloud services, Avast akan membantu memberikan pengawasan dan monitoring terhadap situs-situs yang dikunjung dan diakses di komputer. Selanjutnya, Avast akan melaporkannya kepada pengguna (user) mengenai keamanan situs-situs tersebut. Fitur ini hanya bisa diaktifkan apabila komputer terhubung atau terkoneksi dengan internet. Pihak pengguna bisa mengaturnya untuk menonaktifkan fitur cloud services.

Berikut ini beberapa fitur yang disertakan ke dalam versi 7 beta. Beberapa di antaranya merupakan pengembangan dari fitur sebelumnya.
1. UI Facelift
2. FileRep services (berbasis cloud)
3. Streaming update
4. Sandbox & Auto Sandbox improvements (pengembangan)
5. Browser protection improvements (pengembangan)
6. Remote assistance feature (mendeteksi virus di dalam jaringan)
7. Support tools (fitur lama)
8. Export/import setting
9. Screensaver facelift
10. Runs on Windows 8 Developer Preview
Mengingat masih dalam versi Beta, pihak pengembang merilis sejumlah masalah yang mungkin bakal ditemui oleh pengguna. Misalnya,
1. WebRep mungkin gagal bekerja untuk Google Chrome
2. Fitur safezone browser kurang mampu bekerja optimal
3. Plugin untuk Outlook 2003 dan 2007 seringkali gagal
4. Terkadang Auto Sandboxing mungkin tidak bekerja dengan baik
5. Notifikasi suara tidak sempurna pada Windows 7 32 bit dan Windows Vista 64 bit.
6. Fungsi bantuan (help) masih menggunakan dari versi 6.0
7. Belum menyediakan versi terjemahan, kecuali hanya tersedia dalam bahasa Inggris.



Saat ini pengguna setia Avast sudah bisa memanfaatkan Avast 7 Free Edition versi Beta. Untuk sementara, update database antivirus hanya dapat dilakukan secara online. Update virus database atau virus definition dilakukan setiap hari, seperti pada versi final. Update versi program hanya bisa dilakukan pula secara online. Pada versi beta ini belum memberikan perlindungan optimal seperti pada versi final sebelumnya. Misalnya, fitur keamanan berupa Sandboxing yang disebutkan masih bermasalah. Padahal, Auto Sandboxing sangat diperlukan untuk membuka aplikasi-aplikasi yang mencurigakan. Bagi pengguna yang hendak mengetahui perbedaan tampilan maupun beberapa tambahan fitur yang diperkenalkan dapat mengunduhnya langsung di bawah ini.

Download Avast 7 Free Edition Beta

0 comments:

Poskan Komentar