20 Februari 2012

UPDATE BROWSER PALEMOON 64 BIT VERSI 9.2

Dibandingkan dengan browser sejenis seperti Waterfox maupun Aurora, browser Palemoon menggunakan pengkodean versi yang lebih rendah dari versi keluaran terbaru Firefox. Pada tulisan terdahulu, Palemoon merupakan satu-satunya browser berbasis Firefox 64 bit yang dapat digunakan secara berdampingan (pararel) dengan Firefox 32 bit, tanpa harus melakukan pengaturan profile. Hanya itu alasan saya merekomendasikan bagi pengguna yang ingin memanfaatkan fitur-fitur browser 64 bit.

Palemoon diklaim sebagai browser Firefox 64 bit yang paling impresif dibandingkan varian browser 64 bit berbasis Firefox lainnya. Mengenai kinerja (performance) mungkin kurang lebih saja, tetapi Palemoon dianggap lebih stabil dan cukup kompatibel dengan addons maupun plugin Firefox. Kelebihan lain dari Palemoon yang tidak dijumpai pada browser 64 bit lain, yaitu kemampuannya untuk diaktifkan atau dijalankan secara pararel dengan Firefox (32 bit), tanpa harus melakukan pengaturan profile. Hal ini dikarenakan Palemoon menggunakan profile yang terpisah dengan Firefox, sehingga terkesan sebagai independence browser. Palemoon menyediakan pula browser khusus untuk sistem operasi 32 bit. Fitur-fitur standar yang disematkan pada Palemoon adalah:
1. Kemampuan untuk mengoptimisasi prosesor (64 bit).
2. Stabilitas tinggi dengan lebih sedikit kegagalan.
3. Mendukung optimisasi fitur kartu grafis berupa Scalable Vector Graphics (SVG).
4. Mendukung ekstensi pada Firefox, termasuk addons dan tema (themes)
5. Mendukung fitur Personas
6. CSS Downloadable Font Support (termasuk WOFF)
7. HTML 5, CSS3, dan mendukung advanced DOM
8. Berbasis penuh (100%) pada pengkodean Firefox.
9. Lebih sedikit mengkonsumsi memori (resources)
Jika dikatakan lebih cepat dibandingkan Firefox, pihak pengembang Palemoon menerangkan apabila kinerja tersebut dikarenakan dihilangkannya sejumlah fitur standar pada Firefox. Adapun fitur standar Firefox yang tidak disematkan pada Palemoon adalah:
1. Accessibility features
2. Parental controls
3. Crashreporter
Selain tiga fitur di atas, keseluruhan fitur Firefox disematkan di dalam Palemoon (32 bit maupun 64 bit).

Persyaratan minimum untuk Palemoon v9.x adalah:
1. Windows XP SP2, Vista, dan Seven (32 bit ataupun 64 bit)
2. Minimal prosesor dengan teknologi SSE2 (lihat daftar prosesor)
3. Memori (RAM) 256 Mb
4. Ruang hard disk sebesar minimal 50 Mb.
http://www.palemoon.org/technical.shtml#CPUsupport

Pembaharuan pada versi 9.2 disesuaikan pembaharuan pada Firefox 10.02 untuk aspek keamanan dan stabilitas. Adapun pembaharuan tersebut adalah:
1. Perbaikan kerawanan keamanan pada libpng graphics library
2. Update pada add-ons blocklist dan penanganannya
3. Tampilan icon baru untuk versi 64 bit
4. Beberapa pembaharuan untuk penanganan cache browser.

Dibandingkan dengan varian Firefox 64 bit, Palemoon memiliki tampilan antarmuka yang sedikit berbeda. Perhatikan gambar di bawah ini.



Pada bagian kanan atas di bawah tombol minimize/maximize dan exit terdapat dua buah tombol pengaturan, yaitu [Grouping Tabs] dan [Listing All Tabs]. Panel serupa pada Firefox, Aurora, Waterfox, ataupun Nightly hanya menampilkan tombol [Grouping Tabs]. Tombol [Listing Tabs] akan menampilkan tampilan keseluruhan tab yang aktif dalam bentuk thumbnail. Mirip dengan Thumbnail Aero pada Windows 7.



Di bagian paling bawah terdapat status bar yang menampilkan plugin ataupun akses koneksi aktif. Tampilan seperti ini tidak terdapat pada Firefox, Waterfox, Aurora, maupun Nightly. Status koneksi aktif hanya akan ditampilkan di lokasi yang sama yang menutup bagian tampilan. Tampilan status bar pada Palemoon tersebut dapat dinonaktifkan.

Halaman Download Palemoon v9.2 x64
Release note untuk versi 9.2

0 comments:

Poskan Komentar