17 Maret 2012

AVAST 7 FREE EDITION SEDIAKAN UPDATE OFFLINE

Sekitar beberapa hari yang lalu, pengembang antivirus Avast menyediakan fitur update virus database dengan cara offline. Pada tulisan terdahulu mengenai Avast 7 FE disebutkan jika Avast tidak menyediakan update virus database secara offline, karena mulai menggunakan layanan online. Tentu saja update semacam ini tidak praktis dilakukan apabila di dalam satu terdapat lebih dari 1 komputer di dalam satu jaringan. Update online tentunya akan memakan memakan banyak bandwidth. Cara update virus database untuk versi 7 sama dengan versi sebelumnya.

Langkah pertama tentunya harus masuk ke halaman update virus definition pada Avast dengan alamat tautan (link) sebagai berikut:
http://www.avast.com/download-update

Setelah itu klik tombol [Update] untuk pilihan versi. Pada halaman update tersebut, update dabatase untuk versi 7 dijadikan satu dengan versi 5 dan 6. Selanjutnya akan dibawah ke halaman notifikasi proses pengunduhan (download) untuk menyimpan file virus database Avast bernama (VPSUPD). Biarkan hingga proses download selesai. Besarnya ukuran file update virus database dapat mencapai sekitar 49-50 Mb.



Langkah berikutnya, copy file VPSUPD yang telah diunduh tadi ke dalam media penyimpanan pada komputer yang telah diinstal Avast 7 FE. Jalankan file tersebut dengan dobel klik. Pada Windows 7 akan dimintakan konfirmasi administrator policy, klik [Yes]. Berikutnya, tunggu proses update secara manual selesai. Nanti akan muncul kotak jendela (window) yang mengkonfirmasikan proses update database secara manual telah selesai. Di dalamnya dicantumkan keterangan kode virus database yang telah atau baru saja di-update.

Update manual Avast virus database dibutuhkan pada komputer atau perangkat komputer yang tidak terhubung internet. Demi menjaga keamanan, sebaiknya update manual dilakukan setidaknya seminggu sekali. Dalam beberapa kasus, Avast masih cukup efektif menangkal virus-virus lokal di Indonesia. Saya di rumah biasanya digandengkan dengan antivirus lokal seperti Smadav. Semula digandengkan dengan PCMAV, tetapi PCMAV dideteksi malware ketika sedang melakukan update.

6 comments:

Anonim mengatakan...

thx kawan,,,
kalo updatenya sendiri keluar berpa hari sekali ato mungkin typ hri ada ato bgaimana???

Leo Kusuma mengatakan...

Avast seperti standar antivirus kelasnya mereka senantiasa mengupdate setiap saat, setiap beberapa jam, bahkan hitungan menit. Tergantung lab mereka merilis database virus. Buat sekedar amannya saja, sebaiknya setiap 24 jam. Boleh juga setiap 3 hari sekali, minimal seminggu sekali.

Anonim mengatakan...

terimakasih atas infonya.
saya menggunakan avast 7 yg free, apakah msh ampuh jika mengadapi virus dari internet ?

Meliana Wijaya SE mengatakan...

Pengalaman saya. Avast-7 itu banyak kelemahan. Terlalu Slow untuk update pengenalan virus dan kecepatan Scan. Avast-7 juga kurang nyaman jika digunakan pada Komputer dengan spesifikasi RAM < 1 GB.

TheDeleteVirus mengatakan...

update avast nya membantu..
thanks admin...

hiloninside mengatakan...

Namanya juga free edition, kan tidak mungkin seperti fitur yang premium. Dan saya rasa juga avast 7 tidak terlalu buruk, cukuplah untuk pengguna addicted internet untuk melindungi pc nya dari virus.

Poskan Komentar