26 Maret 2012

UPDATE BROWSER PALEMOON 64 BIT VERSI 11

Setelah lama ditunggu, akhirnya Palemoon merilis browser terbarunya versi 11 untuk keseluruhan variannya 32 bit, 64 bit, maupun portabel. Dibandingkan dengan varian Firefox 64 bit lainnya seperti Waterfox maupun Nightly, Palemoon cenderung lebih lambat dalam menyesuaikan pengembangannya dengan Firefox. Kali ini terjadi lompatan versi dari versi 9.2 menjadi versi 11, sesuai dengan platform aslinya.

Saya tidak bisa mengatakan apakah Palemoon lebih baik kinerjanya ketimbang varian browser 64 bit Firefox lain seperti Waterfox ataupun Nightly. Satu-satunya alasan menggunakan Palemoon karena dapat digunakan secara pararel dengan Firefox (32 bit).




Palemoon tidak menggunakan profile database milik Firefox, melainkan memiliki sendiri profile database. Jika menggunakan Waterfox, maka Anda harus mengatur ulang profile secara terpisah dengan cara yang rumit dan belum tentu bisa berhasil. Pengecualian jika memang tidak menghendaki menggunakan Firefox versi 32 bit. Mengenai performa teknis menurut saya kurang lebih saja dengan varian lainnya. Tidak begitu terasa jika cuma digunakan untuk pemakaian standar seperti browsing.

Dibandingkan dengan varian 64 bit Firefox lainnya, Palemoon dirancang dan dikembangkan berbeda dengan Firefox, sekalipun masih menggunakan platform yang sama. Waterfox dan Nightly dikembangkan persis dari platform asalnya Firefox, kecuali bekerja pada platform 64 bit. Beberapa fitur standar pada Firefox (32 bit) sengaja tidak disematkan ke dalam Palemoon. Menurut pihak pengembang, fitur tersebut dianggap akan mempengaruhi kinerja teknis dan tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna. Namun, Palemoon menambahkan fitur-fitur standar yang tidak dimodifikasikan dari platform aslinya menjadi fitur yang berbeda.

Secara keseluruhan, tambahan fitur pada versi 11 sama dengan platform aslinya Firefox v11 (32 bit). Palemoon telah disempurnakan kompatibilitasnyanya untuk add-ons maupun extension dari Firefox yang sama dengan platform aslinya. Salah satu fitur yang berbeda dari platform aslinya adalah fitur Status Bar yang telah diintegrasikan atu disatukan ke dalam Palemoon. Tidak seperti Firefox dan varian lainnya yang harus menambahkan add-on khusus untuk Status Bar. Pengguna dapat mengatur tampilan Status bar melalui [Options], lalu pilih [Status Bar Options…]. Tampilan Status Bar ini pun dapat dinonaktifkan dengan menghilangkan tanda centang pada [Options].

Cara untuk meng-upgrade versi Pale Moon dapat dilakukan melalui update langsung melalui browser atau melalui upgrade online. Klik tombol [Options], kemudian pilih [Help], lalu pilih [About Pale Moon]. Pada kotak dialog About Pale Moon, klik tombol bertuliskan [Check for Updates]. Tunggulah beberapa saaat, Pale Moon akan melakukan pengecekan versi, kemudian secara otomatis akan meng-upgrade dan men-setting secara otomatis pula.

Cara lain dengan mengunduh (download) file instalasinya dari situs Pale Moon. Masuklah ke halaman utama Pale Moon (klik di sini) untuk versi 64 bit. Ada dua jenis file yang disediakan, yaitu dalam bentuk EXE (klik di sini) dan dalam bentuk kompresi ZIP (klik di sini). Ukuran file dalam bentuk EXE sebesar 14,3 Mb. Hanya berselisih sedikit dengan ukuran dalam bentuk kompresi ZIP. Perbedaannya dalam bentuk ZIP akan lebih aman dari infeksi virus. Setelah selesai mengunduh, kemudian jalankan file instalasi tersebut (dalam bentuk EXE). Jika masih dalam bentuk kompresi ZIP, maka lakukan ekstrak terlebih dulu. File instalasi akan secara otomatis mendeteksi apabila telah terdapat Pale Moon yang terinstalasi. Ikuti pentunjuk instalasinya hingga selesai.

Informasi lebih lanjut mengenai fitur Pale Moon untuk keseluruhan versi dapat dilihat pada halaman berikut ini.

http://www.palemoon.org/releasenotes-ng.shtml
http://www.palemoon.org/knownissues.shtml#Pale_Moon_status_bar_add-on

0 comments:

Poskan Komentar