01 Juni 2012

RILIS UPDATE BROWSER PALE MOON v12.2

Setelah versi program induknya, yaitu Mozilla Firefox (32 bit) merilis versi 13 final, pihak pengembang Pale Moon segera mengikuti peningkatan versinya, tetapi bukan versi 13, melainkan versi 12.2 untuk versi 32 bit maupun 64 bit. Pihak pengembang browser berbasis Firefox 64 bit lainnya sudah merilis versi yang sama dengan versi induknya, kecuali Pale Moon. Sebenarnya bukan pertama kalinya pihak pengembang memberikan perencanaan versi yang berbeda dengan versi induknya. Inilah yang termasuk salah satu yang membedakan browser Pale Moon dengan browser lainnya yang berbasis Firefox 64 bit.

Dalam catatan rilisnya (lihat di sini) untuk versi 12.2 tidak disebutkan alasan pihak pengembang tidak mengikuti versi induknya Firefox. Hal ini sebenarnya dikarenakan browser Pale Moon dirancang berbeda karakteristiknya, sekalipun masih berbasis pada versi Firefox. Misalnya saja dengan menyematkan fitur-fitur unik dan mengurangi fitur-fitur orisinil dari versi induknya. Tentunya dengan memberikan karakteristik fitur yang berbeda akan menyebabkan kompatibilitasnya akan menjadi lebih rendah, terutama kompatibilitas pada plugins maupun addons. Menurut pihak pengembang, dengan mengurangi fitur-fitur orisinil dari program induknya akan semakin meningkatkan kinerja browser yang berbasis 32 bit maupun 64 bit. Fakta tersebut yang menjadikan alasan apabila browser Pale Moon tidak selalu memiliki versi yang sama dengan versi program induknya, yaitu Firefox.



Dalam waktu yang relatif berdekatan, browser Pale Moon merilis dua versi untuk versi yang berbasis 12, yaitu versi 12.1 dan versi 12.2. Bisa jadi kedua pengembangan versi itulah yang dianggap paling mendekati kompatibilitas dengan versi program induknya, yaitu Firefox 12. Pengembangan pada versi 12.1 dilakukan dengan semakin meningkatkan kompatibilitasnya dengan versi 12. Sementara pada versi 12.2 dilakukan sejumlah perbaikan seperti:
1. Privacy issue: menghapus isi [Quick Dial] ketika catatan history dibersihkan
2. Tampilan latar belakang yang lebih netral
3. Perbaikan pada fitur [Smooth scrolling], termasuk pilihan menonaktifkan
4. Menambahkan pengaturan pada fitur [Smooth scrolling]
5. Perbaikan lainnya yang secara khusus meningkatkan kinerja browser 64 bit.

Palemoon menyediakan 3 versi browser, yaitu versi 32 bit, versi 64 bit, dan versi portabel (32 bit). Adapun tautan pengunduhan (download link) untuk masing-masing versi pada versi 12.2 dapat dilihat di bawah ini.
Palemoon v12.2 32 bit (direct download) atau (download page)
Palemoon v12.2 64 bit (direct download) atau (download page)
Palemoon v12.2 portable (download page)
Ukurannya sekitar 14,3 Mb untuk non kompresi dan sekitar 14 Mb untuk kompresi ZIP.

Jangan lupa, jika hendak menginstalasi versi 64 bit harus pula menginstalasi aplikasi pendukungnya seperti Java Runtime maupun Adobe Flash Player.

Adobe Flash
Download versi 11 64 bit IE (klik di sini)
Download versi 11 64 bit Non IE (klik di sini)

Download versi 11 32 bit IE (klik di sini)
Download versi 11 32 bit Non IE (klik di sini)

Sun Java Runtime
Download versi 11 64 bit (klik di sini)

Microsoft Silverlight
Download versi 5 64 bit (klik di sini)

Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package (x64)
Download dari situs Microsoft (klik di sini) - 5,5 Mb.

0 comments:

Poskan Komentar