13 Juni 2012

USBDEVIEW: SAFELY REMOVE USB DRIVE YANG SERBAGUNA

USB safely remove bisa dikatakan aplikasi yang tidak banyak dibutuhkan. Windows sudah menyediakan sendiri fitur tersebut, bahkan mengalami perbaikan pada Windows Vista/7. Sekalipun demikian, OS Windows tidak menyediakan fitur untuk melakukan ‘force’ safely remove USB. Biasanya ditemukan apabila terdapat gangguan pada USB yang kemudian menyebabkan fitur safely remove USB tidak bisa berjalan normal. Dibutuhkan aplikasi khusus yang dapat menjalankan fungsi force safely remove USB. Salah satu yang ditawarkan oleh Nir Sofer, yaitu USBDeview.

Keunggulan USBDeview tidak perlu melakukan instalasi atau bekerja secara standalone. Hanya aktif apabila dibutuhkan atau dipanggil melalui eksekusi aplikasi, sehingga tidak memakan kuota memori (RAM). Tidak hanya sekedar menyediakan fitur safely remove USB, melainkan menjadi aplikasi yang serbaguna, bahkan memiliki fitur pengukur kecepatan (speed test) baca/tulis media memori (flash disk/memory card). Berikut ini tampilan USBDeview versi 2.10 yang dijalankan pada Windows 7 Ultimate x64.



USBDeview merupakan aplikasi standalone yang dapat diaktifkan tanpa harus menginstalasi. Jika dijalankan akan ditampilkan kotak Windows seperti gambar di atas. Informasi yang disajikan meliputi nomor port USB, nama vendor USB yang pernah diaktifkan dan dideteksi oleh sistem operasi, jenis perangkat, status koneksi, dan informasi lainnya. Jika perangkat yang dideteksi termasuk jenis [Mass Storage], nanti akan diaktifkan fitur [Speed Test]. Klik kanan pada perangkat yang dimaksud, kemudian cari fitur yang bertuliskan [Speed Test]. Disediakan pula fitur untuk meng-uninstall perangkat USB yang pernah tersambung dan dideteksi oleh sistem operasi Windows.

Penulis menyarankan agar membuat folder sendiri jika hendak mengaktifkan aplikasi USBDeview. Hal ini dikarenakan USBDeview akan membuat file sendiri, yaitu USBDeview.cfg untuk setiap kali diaktifkan. Berikanlah nama sendiri, terutama apabila pembaca memiliki dan bekerja dengan lebih dari satu sistem operasi. Buatlah [Shortcut icon] agar langsung dapat diakses ke layar dekstop. Klik kanan pada file aplikasi [USBDeview.exe], kemudian pilih [Create shortcut]. Selanjutnya, shortcut icon tersebut dapat dipindahkan ke layar desktop ataupun ke bagian Start Menu. Jika menggunakan Windows Vista/7, sebaiknya mengaktifkan fungsi [Run this program as an administrator]. Klik kanan pada file aplikasi USBDeview.exe, kemudian pilih tab [Compatibility], dan beri centang pada opsi [Previlage Level] di bawahnya.

Jika berminat, pembaca bisa langsung masuk ke halaman Nirsoft yang menyediakan aplikasi USBDeview. Versi terakhir hingga tulisan ini diturunkan adalah versi 2.11. Terdapat dua versi, yaitu versi untuk sistem operasi 32 bit dan versi untuk sistem operasi 64 bit. Atau pembaca dapat langsung mengunduh (download) pada tautan di bawah ini.

USBDeview x86 (Windows 32 bit)
USBDeview x64 (Windows 64 bit)

1 comments:

khemiri wassim mengatakan...

USBDeview 2.61

Poskan Komentar