04 Agustus 2012

CARA INSTAN MEMATIKAN MONITOR MELALUI DESKTOP

Sistem operasi Microsoft Windows memiliki fitur energy management di mana salah satunya fitur mematikan (turn off) monitor. Fitur tersebut mengakses langsung mengaktifkan fitur sleep mode yang menjadi fitur standar monitor merek manapun. Dalam kondisi sleep mode, tampilan layar monitor akan dimatikan, tetapi tidak mematikan power monitor. Cukup untuk bisa menghemat energi bagi pengguna monitor LCD maupun CRT. Sayangnya, Windows tidak menyediakan akses khusus untuk mengaktifkan fitur sleep mode pada monitor. Butuh software yang berukuran kecil untuk mengaktifkan sleep mode secara instan pada tampilan dekstop. Berikut ulasannya.

Ada dua cara yang akan dibahas pada posting di sini di mana keduanya membutuhkan software yang berbeda. Penulis memilih software yang dapat dijalankan tanpa harus melakukan uninstall (standalone). Cara pertama menggunakan software Monitor Off Utility, kemudian cara kedua menggunakan NirsoftCmd. Kedua cara tersebut bisa diaplikasikan untuk sistem operasi Windows XP, Vista, maupun Seven.

Monitor Off Utility (MOU)
Monitor Off Utility dibuat oleh Dekisoft sebagai program non berbayar (freeware). Fungsinya untuk mengakses fitur energy saving pada Windows secara instan, seperti mematikan monitor (turn off monitor) dan mengaktifkan screensaver. Dekisoft menyediakan dua versi, yaitu versi instalasi (membutuhkan .NET Framework 2.0 atau lebih tinggi) dan versi standalone. Tidak ada perbedaan fitur di mana keduanya dapat pula dijalankan otomatis pada Start Up Windows. Jika hendak menjalankan melalui aplikasi standalone, sebaiknya buatlah folder yang terpisah untuk menyimpan data pengaturan konfigurasi. Aplikasi MOU bisa diunduh (download) pada tautan di bawah ini.
MOU Versi Instalasi
MOU Versi Standalone
(Sebaiknya dibaca dulu ulasan ini hingga selesai)

Sebelumnya, buatlah shortcut untuk file Monoff.exe agar bisa dieksekusi atau dijalankan melalui tampilan desktop. Caranya, klik kanan file Monoff.exe, kemudian pilih [Create shortcut]. Kemudian copy shortcut tadi ke tampilan desktop. Cara lain bisa dengan menggunakan pilihan [Send To], kemudian pilih [Desktop (create shortcut)]. Dengan shortcut tersebut bisa diaktifkan program Monitor Off Utility yang akan masuk ke layar tampilan pengaturan konfirgurasi. Adapun tampilan configurasi untuk pengaturannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Tampilan pengaturan konfigurasi di atas adalah pengaturan standar (default) untuk versi standalone. Shortcut diberikan untuk pengaktifan fitur mematikan monitor (turn off monitor) dan screensaver. Perlu diketahui, screensaver sebelumnya harus sudah diaktifkan pada pengaturan screensaver Windows. Shortcut tersebut hanya untuk melakukan aktivasi secara instan dengan konfigurasi terpisah dari Windows. Ketika tampilan pengaturan konfigurasi tersebut muncul, program akan berjalan pula dalam sistem tray (di bagian kanan bawah pada taksbar). Bisa pula diaktifkan bersamaan melalui startup. Pada tampilan konfigurasi tersebut, penulis menggunakan shortcut [Ctrl+Alt+L]. Ketika kombinasi kunci tersebut diaktifkan, monitor akan masuk ke sleep mode setelah waktu yang ditentukan. Hitungan mundur pada gambar di atas adalah 10 detik setelah aktivasi. Penulis sudah mencoba pula, butuh ruang di memori sebesar 9 MB untuk versi standalone.

NirCMD v2.65
Software utility serbaguna ini dibuat oleh Nirsoft untuk mengakses perintah-perintah sistem operasi yang tidak ditampilkan melalui tampilan dekstop maupun Start Menu. Salah satu di antaranya untuk mengakses perintah sleep mode pada layar monitor. Sebelumnya, pengguna harus mengunduh (download) program NirCMD pada situs Nirsoft (klik di sini). Atau dapat pula langsung mengunduh sesuai dengan platform sistem operasi Windows pada tautan (link) berikut ini.
NirCMD x86 (OS Windows 32 bit)
NirCMD x64 (OS Windows 64 bit)

Ekstrak file kompresi yang telah diunduh tadi ke dalam folder sendiri. Pengguna Windows XP bisa langsung mengeksekusi file [nircmd.exe]. Untuk pengguna Windows Vista/Seven, klik tombol kanan mouse pada file [nircmd.exe], kemudian pilih [Run as administrator]. Jika dijalankan akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.



Klik tombol [Copy to Windows Directory], kemudian akan muncul kotak dialog untuk meminta konfirmasi. Klik tombol [Yes] untuk mengijinkan Nircmd menduplikasikan diri ke direktori [C:\Windows]. Langkah berikutnya membuat shortcut icon yang akan ditampilkan pada layar dekstop.

Arahkan pointer mouse pada layar desktop, kemudian klik tombol kanan mouse untuk membuka context menu. Pilih [New], lalu pilih [Shortcut]. Kita akan membuat perintah agar [Nircmd] mengeksekusi fitur mematikan monitor (turn off monitor) dalam waktu 1 detik dengan perintah sebagai berikut:

“C:\Windows\nircmd.exe” cmdwait 1000 monitor off

Selanjutnya, berikanlah nama shortcut tadi dengan [Turn Off Monitor]. Klik tombol [Finish] untuk mengakhiri proses pembuatan shortcut. Gantilah icon shortcut dengan icon koleksi Windows atau dapat pula dengan menggunakan file icon [*.ico] lainnya. Perlu pula menambahkan tombol kombinasi shortcut untuk mengeksekusi melalui tombol keyboard. Caranya, arahkan pointer mouse pada icon [Turn Off Monitor] yang baru saja dibuat, kemudian klik kanan untuk menampilkan context menu, lalu pilih [Properties]. Jika ingin mengganti icon shortcut, pilih [Change icon…]. Jika hendak menambahkan tombol kombinasi shortcut, arahkan pointer mouse pada kotak [Shortcut key], kemudian masukkan kombinasi tombol yang dikehendaki. Di sini penulis menggunakan kombinasi [Ctrl+Alt+L].

Jika hendak merubah pengaturan, misalnya layar monitor dimatikan setelah waktu tertentu seperti 5 menit, bisa dirubah melalui [Properties]. Bukalah kotak dialog [Properties], kemudian masuklah ke kotak [Target]. Gantilah angka 1000 yang mewakili metrik 1 detik dengan notasi numerik lain yang menyatakan waktu yang dikehendaki. Jika hendak mengaturnya menjadi 1 menit, maka nilainya adalah 60000, dan begitu seterusnya. Dengan NirCMD tidak perlu harus menginstall ke Windows, serta tidak perlu pula untuk melakukan pengaturan melalui kotak dialog.

2 comments:

Alfonsus Maria mengatakan...

om saya punya file batch yang bisa berbicara dengan nircmd. pas saya mau pasang di start up yang keluar cuman file batchnya doang nircmdnya g kebaca jadi file batchnya gabisa ngomong , ak harus gimana om?

Agen Wisata Karimunjawa mengatakan...

OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

Poskan Komentar