29 November 2012

MENGOPTIMALKAN VARIETY WALLPAPER CHANGER PADA UBUNTU DAN MINT

Variety Wallpaper Changer atau disebut Variety merupakan aplikasi untuk mengaktifkan penggantian sejumlah wallpaper yang akan ditampilkan ke layar desktop. Dibandingkan dengan Wallch, Variety lebih disukai oleh pengguna OS Linux, karena fitur-fiturnya yang cukup lengkap dan bervariasi. Namun, Variety akan tampil lebih menarik apabila dapat mengetahui teknik untuk mengoptimalkan fitur-fiturnya.

Apabila belum memiliki aplikasi Variety Wallpaper Changer, sebaiknya instalasikan terlebih dulu melalui PPA. Masukkan baris-baris perintah ke terminal applet seperti di bawah ini.

sudo add-apt-repository ppa:peterlevi/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install variety

Setelah selesai, selanjutnya jalankan Variety melalui Unity Lens (Ubuntu) atau pada Mint Menu. Aplikasi Variety ditempatkan pada Menu Accessories Ubuntu maupun Mint. Nanti akan dibawa masuk ke kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini.



Pada kondisi default, Variety menambahkan seluruh opsi pilihan gambar pada kotak [Images] yang berasal dari sumber internet (wallpaper online) maupun yang terdapat pada komputer. Jika koneksi internet cukup terbatas, sebaiknya menonaktifkan layanan wallpaper online dengan menghapus centang pada daftar wallpaper online. Jangan lupa hilangkan pula tanda centang pada tulisan [Download a wallpaper every].

Kumpulkan seluruh koleksi wallpaper ke dalam folder tersendiri. Aturlah sedemikian rupa dengan memisahkan atau mengelompokkan ke dalam beberapa folder. Selanjutnya, pada kotak dialog Variety Preferences, klik tombol [Add...], kemudian pilih folder,lalu pilih folder yang hendak dijadikan tampilan wallpaper. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada [Start Variety when the computer starts]. Klik tombol [Close]. Wallpaer baru akan berganti setelah habis pada waktu yang telah ditentukan.

Gambar di atas memperlihatkan fitur Wallpaper Clock yang disediakan oleh Variety. Untuk mengaktifkannya, buka kotak dialog [Variety Preferences], kemudian masuk ke tab [Effects]. Perhatikan pengaturannya di bawah ini.


Berikan tanda centang pada opsi [Clock]. Pengaturan wallpaper clock masih bisa dilakukan untuk merubah jenis huruf dan ukuran huruf. Seketika diberikan tanda centang, seketika itu pula wallpaper clock langsung aktif di layar desktop. Format waktu menyesuaikan format sistem. Letak wallpaper clock ditempatkan di kanan bawah. Untuk sementara ini, Variety belum menyediakan opsi untuk mengatur warna huruf maupun mengatur letak wallpaper clock.

Selain fitur wallpaper clock, Variety menyediakan pula fitur Quotes yang menampilkan ungkapan/nasehat terkenal yang dipublikasikan oleh ImageMagick. Untuk mengaktifkan membutuhkan koneksi internet agar dapat mengakses aneka Quotes dari ImageMagick secara random.

Setiap kali diaktifkan, Variety akan menampilkan indikatornya melalui panel applet pada Ubuntu (sebelah atas) maupun pada Mint. Tray icon tersebut masih bisa diubah dengan melakukan pengaturan pada [Preferences] -> [Customize]. Pada opsi [Indicator icon] terdapat pilihan light (default), dark, use current wallpaper, custome image (menggunakan pilihan logo icon sendiri), atau none (tidak menampilkan di panel bar). Disarankan untuk tetap menampilkan di panel bar agar dapat dilakukan pengaturan secara instan.

Pada tab [General], ketika folder wallpaper disoroti, nanti di bagian bahwa layar desktop akan muncul deretan wallpaper yang tersimpan pada folder wallpaper tersebut. Tampilannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Arahkan kursor mouse pada tray picture. Geser ke arah kiri ataupun kanan untuk melihat koleksi wallpaper yang tersimpan pada folder wallpaper tersebut. Jika hendak memilih salah satu di antara wallpaper yang akan ditampilkan langsung, klik salah satu wallpaper yang dikehendaki. Tutup kotak dialog. Di sini terlihat, wallpaper tray masih muncul pada layar desktop. Untuk menghilangkannya, arahkan kursor mouse pada icon Variety (terdapat pada menu bar maupun launcher/dock). Kemudian, klik tombol kanan mouse, pilih exit/quit/close.

0 comments:

Poskan Komentar