14 Februari 2013

APLIKASI CUACA (WEATHER INDICATOR) UNTUK GNOME-SHELL

Aplikasi indikator cuaca yang ditampilkan pada layar desktop bukan semata untuk menambah estetika, melainkan menjadi informasi cuaca yang sangat bermanfaat. Aplikasi My-weather indicator cukup populer dan cukup bervariatif pengaturan maupun fiturnya. Sayangnya, aplikasi tersebut kurang mendukung untuk desktop GNOME-shell yang hanya ditampilkan pada taskbar (bukan layar desktop utama). Belum lama ini, telah muncul aplikasi indikator cuaca yang didesain khusus untuk GNOME-shell. Ikuti ulasan pada posting ini mengenai fitur, pengaturan, dan cara instalasinya.

Ulasan mengenai GNOME-shell bisa dibaca pada posting di sini. Tidak seluruh indicator applets akan cocok dengan GNOME-shell. Salah satunya adalah yang termasuk paling banyak digunakan seperti My-weather indicators. Icon My-weather indicators tidak ditampilkan pada layar desktop utama, melainkan pada layar menu background yang baru muncul apabila diakses dengan tombol super key (Windows key). Tampilan pop-up yang menandakan update cuaca itu pun tidak muncul di layar desktop utama.

Sebagai alternatif, bisa diinstal ekstensi khusus untuk penanda cuaca Gnome shell extension weather by Neroth. Ekstensi ini belum tersedia di halaman extensions.gnome.org, sehingga untuk menginstalasikan harus dilakukan melalui PPA. Bukalah terminal applet, kemudian masukkan baris perintah di bawah ini.

sudo add-apt-repository ppa:gnome-shell-extensions
sudo apt-get update
sudo apt-get install gnome-shell-extension-weather

Setelah selesai, lakukan akses [Alt + F2], kemudian ketik [r] untuk me-reload tema. Untuk mengaktifkan Gnome-extension-weather, buka Tweak-Tools, kemudian pada bagian [Shell Extensions], aktifkan [Gnome shell extension weather by neroth]. Pastikan koneksi internet telah terhubung. Tampilannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Tampilan icon pada panel bar terlihat cukup sederhana. Indikator suhu diperlihatkan bersama satuannya (derajat Celcius). Apabila icon Weather diakses, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Tampilannya cukup informatif dengan menampilkan informasi cuaca secara umum di wilayah yang diidentifikasikan. Kondisi cuaca langsung dinyatakan dalam teks, seperti dituliskan “Mostly Cloudly” yang berarti “Sebagian besar berawan” di Yogyakarta dengan suhu udara rata-rata mencapai 26 derajat Celcius. Ditampilkan pula di dalamnya informasi mengenai kadar kelembaban (humidity) dan tekanan udara (pressure), serta rata-rata kecepatan angin (wind). Di bawah tulisan teks informasi cuaca terdapat tiga penanda waktu, yaitu waktu terbit matahari, waktu terbenam matahari, dan waktu terakhir melakukan update cuaca. Disamping itu, ditampilkan informasi cuaca dalam 2 hari yang berbeda, yaitu pada hari ini (today) dan esok hari (tomorrow).

Agar bisa menampilkan informasi seperti di atas harus dilakukan pengaturan. Caranya, buka tampilan Weather pada icon yang ditampilkan pada panel bar, kemudian pilih [Weather settings]. Kemudian ikutin petunjuk pada gambar di bawah ini.


Setelah opsi dipilih untuk pengaturan esktensi Weather, nantinya akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.


Pada kondisi default, informasi cuaca yang ditampilkan adalah informasi cuaca di Cambridge (Inggris). Klik tombol plus seperti pada gambar di atas untuk menambahkan lokasi yang dikehendaki. Ketikkan dengan format [nama kota, nama negara] sampai nanti muncul pilihan kota yang dimaksudkan. Setelah itu klik tombol [OK]. Lakukan pula pengaturan untuk mengubah satuan metrik untuk penanda informasi cuaca, termasuk pula pengaturan pada panel bar. Tutuplah kotak dialog tersebut. Pastikan internet telah terkoneksi, kemudian tunggu beberapa saat. Jika belum pula muncul, buka kembali tampilan icon Weather, kemudian klik tombol [Reload Weather Information]. Apabila belum muncul, pastikan koneksi internet tidak terganggu.

Komentar dari Penulis
Dibandingkan dengan My-weather indicator, Gnome Weather relatif kurang responsif seketika koneksi internet telah tersambung. Seringkali saya harus menekan tombol [Reload...] agar bisa menampilkan informasi cuaca dengan segera. Pengaturannya relatif terbatas, karena tidak bisa diatur frekuensi untuk melakukan update cuaca. Tetapi saya memperkirakan update cuaca dilakukan setiap 30 menit. Notifikasinya pun tidak ada, terutama setiap kali update cuaca. Logo cuaca pada ikon bisa dikatakan cukup representatif untuk menandakan informasi cuaca terkini.

Menurut keterangan sumbernya, layanan cuaca yang dipergunakan berasal dari Yahoo! Tidak opsi lain untuk memilih layanan cuaca. Tetapi Yahoo! Weather menjadi referensi informasi cuaca di banyak negara. Keakuratannya untuk kawasan Yogyakarta sangat relatif. Untuk temperatur bisa dikatakan mendekati akurat ketimbang layanan cuaca lain.

0 comments:

Poskan Komentar