07 Februari 2013

BEBERAPA INDIKATOR APPLET UNTUK UBUNTU 12.04/12.10

Gnome mendesain panel bar yang difungsikan untuk menempatkan sejumlah informasi tertentu dalam bentuk indikator applet. Pada kondisi default paska instalasi, panel applet yang disediakan berupa connection manager, sound indicator, dan user indicator. Masih sangat terbatas applet yang disediakan. Posting kali ini akan mengulas beberapa indikator applet versi Gnome yang mungkin perlu dan dibutuhkan untuk dipasangkan pada panel bar OS Ubuntu di komputer Anda. Indikator ini bisa pula diinstalasikan ke Linux Mint 13/14.

Indikator Cuaca (Weather Indicator)
Fungsinya untuk menampilkan update informasi cuaca di lokasi tertentu. Ada 3 macam weather indicator yang bisa dipasangkan pada Gnome panel bar Ubuntu. Di antaranya seperti Weather indicator, AWeather, dan My-weather Indicator. Hanya dua di antaranya yang dimasukkan ke dalam Ubuntu Software Center (USC), yaitu Weather Indicator dan AWeather. Dari pengalaman penulis yang pernah mencoba ketiganya, penulis lebih merekomendasikan pada My-Weather Indicator (Attaero). Selain fitur-fiturnya yang lebih lengkap, My-Weather memiliki 3 pilihan sumber pelayanan cuaca. Disamping itu, My-Weather lebih stabil dan lebih kompatibel dengan Gnome panel ketimbang dua indikator cuaca lainnya. My-Weather tidak disediakan di dalam USC, tetapi telah tersedia di Package Manager. Untuk menginstalasikan bisa dengan menuliskan baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt-get update
sudo apt-get install my-weather-indicator


Untuk menelusuri fitur-fiturnya bisa dibaca pada posting mengenai My-Weahter Indicator (klik di sini)




System Load/Performance (Multi Load Indicator)
System load indicator atau multi-load indicator menampilkan informasi grafis mengenai kondisi sistem komputer. Indikator tersebut meliputi informasi mengenai CPU load, RAM, Network, Swap Memory, dan Memory internal.



Indicator applet tersebut telah tersedia di USC. Untuk menginstalasikan dapat pula dengan memasukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/indicators
sudo apt-get update
sudo apt-get install indicator-multiload



Classic Menu
Sejak dirilis versi 11.04, Ubuntu tidak lagi menempatkan fitur [Application Menu] pada panel bar. Bagi sebagian pengguna yang sudah terbiasa dengan fitur App Menu tentu akan merasa sulit untuk membiasakan. Tetapi masih bisa diaktifkan kembali dengan menginstal Classic Menu ke panel bar.



Sayangnya, penempatan Classic Menu yang tidak lain adalah Application Menu ditempatkan pada bidang indicator panel di sebelah kanan. Untuk menginstalasikan via PPA, masukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo apt-add-repository ppa:diesch/testing
sudo apt-get update
sudo apt-get install classicmenu-indicator



Recent Notifications
Fitur ini seperti Notifications Indicator pada Linux Mint yang kebetulan tidak disematkan di Ubuntu. Fungsinya untuk menampilkan kembali notifikasi yang pernah aktif. Cukup bermanfaat bagi mereka yang mengaktifkan fitur-fitur dengan banyak pesan atau notifikasi.


Untuk menginstalasikan dapat dengan memasukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:jconti/recent-notifications
sudo apt-get update
sudo apt-get install indicator-notifications



Touchpad Indicator
Panel indikator ini cukup bermanfaat bagi pemilik laptop/notebook yang ingin menonaktifkan atau mengaktifkan fitur touchpad. Lebih cepat diakses melalui panel indicator. Disertai pula beberapa pengaturan applet.


sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt-get update
sudo apt-get install touchpad-indicator



Hardware Sensor Monitor
Indikator applet ini berfungsi untuk menampilkan informasi yang diperoleh dari sensor CPU, termasuk pula sensor kecepatan kipas (fan). Untuk menginstalasikan, masukkan baris-baris perintah di bawah ini ke dalam konsol terminal.

(Noobslab)

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/indicators
sudo apt-get update
sudo apt-get install indicator-sensors lm-sensors



Caffein
Indikator applet ini berfungsi untuk mencegah desktop masuk ke mode screensaver atau mode sleep. Terutama ketika tampilan desktop digunakan memutar video.

(Noobslab)

Instalasinya dapat dilakukan via PPA dengan memasukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/indicators
sudo apt-get update
sudo apt-get install caffeine



Brightness Indicator
Panel applet ini cukup bermanfaat untuk pengguna laptop/notebook yang tidak memiliki fitur cepat untuk mengakses kecerahan tampilan layar monitor.


Untuk menginstalnya, masukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/indicators
sudo apt-get update
sudo apt-get install indicator-brightness



Ubuntu One
Apabila Anda meregistrasikan dan memanfaatkan layanan Ubuntu One, Anda akan membutuhkan indikator applet yang satu ini. Fungsinya untuk menampilkan status Ubuntu One, termasuk fitur untuk mengaksesnya.


Untuk menginstalnya, masukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:rye/ubuntuone-extras
sudo apt-get update
sudo apt-get install indicator-ubuntuone



CPU Freq. Indicator
Indikator applet ini memiliki fungsi untuk mengatur frekuensi (kecepatan) CPU. Sangat cocok bagi pengguna netbook/notebook untuk mengatur konsumsi daya CPU.


Untuk menginstalnya, masukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:artfwo/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install indicator-cpufreq



Workspace Indicator
Fungsi indikator applet ini untuk mengetahui lokasi desktop (workspace) aktif saat ini, serta dapat berpindah workspace dengan cepat. Ini terutama bagi mereka yang menggunakan lebih dari 1-2 workspace.


Untuk menginstalnya, masukkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:geod/ppa-geod
sudo apt-get update
sudo apt-get install indicator-workspaces



Catatan
Keseluruhan indikator applet yang telah diuraikan di atas bisa dipasangkan (install) ke dalam OS Linux Mint 13/14. Hanya saja, untuk indikator cuaca seperti My-weather (Attaero) tidak akan ditampilkan optimal berserta informasi suhu pada panel bar. Saya sudah pernah mencobanya ke Mint edisi Mate maupun Cinnamon. Perlu diketahui pula, seluruh opsi di atas hanya berlaku untuk Gnome panel bar. Ketika menggunakan desktop environment yang berbeda, seperti Gnome-shell, keseluruhan indikator tersebut tidak akan ditampilkan pada panel bar.

Sumber:
Noobslab
How to Geek
MakeTechEasier

0 comments:

Poskan Komentar