07 Februari 2013

FITUR BARU MY-WEATHER INDICATOR ATTAERO (UPDATED v0.6.1.2)

My-Weather Indicator adalah aplikasi untuk menampilkan informasi cuaca dan prakiraannya di sejumlah kawasan di dunia. Cukup bermanfaat bagi yang menginginkan untuk mengetahui informasi cuaca pada layar desktop. Didukung oleh 4 sumber informasi cuaca yang cukup kredibel seperti Yahoo, Open Weather Map, World Weather Online, dan Wunderground.Com. Update terbaru menambahkan fitur berupa widget yang ditampilkan dalam berbagai pilihan desain. Bagaimana melihat fitur terbaru tersebut, ikuti ulasan berikut ini. Ada perubahan pada layanan informasi cuaca di mana World Weather Online dan Wunderground.com membutuhkan registrasi untuk mendapatkan layanan informasi cuaca.

Penulis termasuk yang paling sering menggunakan aplikasi informasi cuaca seperti my-weather indicators. Tampilannya cukup ringkas, tidak memakan ruang, dan visibilitasnya yang cukup baik, disertai dengan popup yang informatif. My-weather juga menyediakan informasi prakiraan cuaca yang cukup informatif pula untuk beberapa jam/hari ke depan. Disamping itu, My-weather indicators bisa menampilkan informasi cuaca di dua lokasi yang berbeda.



Update terbaru my-weather indicators menyajikan sejumlah perbaikan (bug fixed), seperti update cuaca yang seringkali error ketika pertama kali dijalankan (mode auto start), dan tulisan/logo ikon yang terkadang tidak muncul. Adapun beberapa pembaharuan pada versi 0.6.1.2 adalah:
1. Pemetaan lokasi yang lebih akurat dan ditambahkan sejumlah lokasi-lokasi baru
2. Penambahan fitur widget
3. Durasi update cuaca diperpendek hingga 15 menit
4. Sejumlah perbaikan atas bug pada versi sebelumnya
5. Perubahan permintaan informasi layanan cuaca.

Instalasi Ke Ubuntu 12.04/12.10 dan Mint 13/14
My-weather indicator yang dibuat oleh Atareao termasuk indikator applet yang paling banyak digunakan dan direkomendasikan oleh pengguna Linux. Untuk menginstalasikan ke ke Ubuntu dan Mint dapat dengan memasukkan perintah-perintah berikut ini pada terminal applet.

sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt-get update
sudo apt-get install my-weather-indicator

Untuk melakukan upgrade tidak bisa dilakukan melalui perintah 'upgrade', karena PPA Atareao tidak didukung oleh Canonical. Jika hendak melakukan upgrade ke versi terkini harus menghapus (remove) aplikasi my-weather indicator. Langkah pertama, nonaktifkan (exit) aplikasi my-weather indicator yang berjalan (running) saat ini. Kemudian ketikkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo apt-get remove my-weather-indicator
sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt-get update
sudo apt-get install my-weather-indicator

Setelah selesai proses instalasinya, selanjutnya jalankan my-weather pada menu di Ubuntu ataupun Mint. Lokasinya ditempatkan pada menu [Acessories]. Setelah dijalankan, nanti akan muncul kotak dialog [Preferences] seperti di bawah ini.



Gantilah [locality] sesuai dengan kota/wilayah di mana bertempat tinggal atau lokasi lain yang dikehendaki. Klik [Enter] atau klik tombol [Search Location] untuk mendapati lokasi yang dikehendaki melalui peta online. Setelah muncul peta online, carilah kata kunci pada wilayah yang dikehendaki, seperti nama kota atau kabupaten. Jika tidak ditemukan, itu berarti harus menggunakan nama wilayah yang terdekat. Selanjutnya, berikan tanda centang pada [Show temperature] agar nanti dimunculkan angka temperatur pada panel bar. Berikan pula tanda centang pada [Show notifications] agar nanti memunculkan notifikasi berupa pop-up mengenai update cuaca terkini. Pengguna masih diberikan satu lokasi lagi yang dikehendaki untuk ditampilkan informasi cuacanya.

Pada tab [Weather Services] akan diberikan pilihan sumber update informasi cuaca. Tersedia 4 layanan informasi cuaca, yaitu:
1. Open Weather Map
2. Yahoo! Weather Services
3. World Weather Online
4. Wunderground.com
Layanan nomor 3 dan 4 mengharuskan untuk melakukan registrasi bebas (free registration). Kotak kosong disampingnya adalah kode API yang nantinya diperoleh setelah melakukan registrasi bebas. Untuk mengetahui cara registrasi dan penggunaan kode API bisa dibaca pada posting di sini.

Pengaturan metriks informasi cuaca dapat dilakukan pada tab [Units]. Di dalamnya terdapat pengaturan metrik untuk:
Temperatur [Celcius]
Pressure [Milibar]
Visibility [kilometer]
Wind velocity [km/h]
Rain Gauge [milimeters]
Snow Gauge [Centimeters]
Time Format [24 h]
Anda masih bisa melakukan pengaturan sendiri dengan mengubah satuan metriks atau unit yang terdapat di dalam opsi pengaturan.

Jika dikehendaki agar My-weather indicators senantiasa aktif ketika komputer dijalankan, maka opsi tersebut diatur melalui tab [General options]. Berikan tanda centang pada [Autostart]. Kemudian berikan pengaturan frekuensi update informasi cuaca (paling rendah 15 menit). Kemudian bisa dipilih logo ikon pada systray atau panel bar (white atau dark).



Setiap kali update cuaca akan ditampilkan pop-up selama beberapa detik seperti yang diperlihatkan pada gambar di atas. Jika ingin melihat prakiraan cuaca bisa dengan membuka menu my-weather pada panel bar, kemudian klik [Forecast]. Prakiraan cuaca ditampilkan untuk beberapa hari ke depan, tergantung layanan cuaca yang dipergunakan. Yahoo! hanya menyediakan prakiraan cuaca hingga dua hari ke depan. World Weather Online bisa menyediakan hingga 5 hari ke depan. Gambar di bawah ini adalah contoh kotak dialog prakiraan cuaca yang dihasilkan dari World Weather Online.



Selain fitur-fitur di atas, Atareao menambahkan pula widget yang berisikan informasi cuaca pada layar desktop. Ada beberapa macam ukuran, tetapi hanya untuk ukuran penuh (full) yang bisa menyajikan lengkap dengan prakiraan cuaca. Gambar di bawah ini merupakan widget berukuran penuh (full) yang bentuknya mirip dengan HTC Clock Widget.


Widget di atas menggunakan layanan cuaca dari Yahoo, sehingga hanya dapat menampilkan dua hari prakiraan cuaca. Tersedia pula widget yang lebih ringkas berukuran kecil (small) yang hanya menampilkan informasi cuaca terkini yang lebih informatif ketimbang yang ditampilkan pada panel bar.

Tampilan Tanpa Indikator Suhu Pada Systray (Temperature Indicator)
Icon My-Weather Indicator pada Systray tidak menampilkan angka indikator suhu atau temperatur. Padahal opsi untuk menampilkan indikator suhu (show temperature) telah diberikan tanda centang atau diaktifkan. Pada Systray hanya ditampilkan logo cuaca terkini, tanpa angka indikator suhu seperti pada gambar di bawah ini.


Tampilan tersebut sebenarnya hanya terjadi pada beberapa desktop environment. Beberapa yang sudah dicoba oleh penulis adalah Cinnamon, KDE plasma desktop, dan Gnome-shell. Bagi yang menggunakan Gnome-shell, penulis menyarankan untuk tidak menggunakan My-Weather Indicator atau sebaiknya dinonaktifkan dari Start Menu. Gnome-shell memiliki sendiri ekstensi indikator cuaca. Penyebab hilangnya angka indikator suhu, dikarenakan untuk desktop environment Cinnamon dan KDE sama sekali tidak menggunakan platform Unity. Tampialn ikon My-Weather Indicator didesain kompatibel untuk Unity, tetapi tidak 100% kompatibel pada desktop environment yang tidak menggunakan desktop panel dengan platform Unity. Sekalipun demikian, My-Weather Indicator masih bisa berjalan normal pada desktop environment KDE maupun Cinnamon.

Mengenai Akurasi Cuaca
Akurasi cuaca dari masing-masing layanan cuaca yang tersedia di My-Weather Indicator relatif berbeda. Dengan menggunakan lokasi di Yogyakarta, penulis merasa lebih cocok menggunakan layanan cuaca dari Yahoo. Misalnya, ketika malam hari, Yahoo Weather Service menampilkan suhu rata-rata yang relatif lebih masuk akal, yaitu antara 25-26 derajat Celcius. Jika tingkat kelembaban tinggi, indikator suhu bisa mencapai 27 derajat Celcius. World Weather Online yang banyak direkomendasikan menampilkan suhu rata-rata di malam hari (tanpa hujan) sebesar 22-23 derajat Celcius. Begitu pula dengan layanan cuaca dari Open Weather Map dan Wunderground.Com. Kebetulan penulis tinggal di Kota Yogyakarta yang terletak di dataran rendah. Mungkin bagi mereka yang tinggal di lokasi lebih tinggi lebih cocok menggunakan World Weather Online.

Akurasi cuaca bisa dilihat dari respon penyedia layanan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Misalnya dari kondisi mendung (mostly cloudly) menjadi hujan (gerimis ataupun hujan lebat). Untuk akurasi semacam ini terkadang hanya berselisih sekitar 30-40 menit, terkadang pula tidak menampilkan respon perubahan cuaca. Terkadang pula, responnya bisa kurang dari 10 menit. Ini semua tergantung dari database layanan cuaca yang disediakan oleh pihak lokal. Sekalipun demikian, penulis lebih memilih menggunakan layanan cuaca dari Yahoo untuk lokasi di Kota Yogyakarta.

0 comments:

Poskan Komentar