07 Februari 2013

INSTAL HURUF STANDAR MICROSOFT DI UBUNTU/MINT

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Microsof Office tentu akan sangat familiar dengan huruf Times New Roman. Huruf tersebut digunakan sebagai huruf standar pengetikan dokumen di sekolah, perguruan tinggi, maupun perkantoran. Sayangnya, huruf tersebut tidak tersedia sebagai standar huruf pada Ubuntu maupun Linux Mint. Sekalipun Linux telah mengembangkan jenis huruf yang mirip dengan Times New Roman, tetapi tetap saja akan berdampak pada aspek kompatibilitas. Pada posting kali ini akan disajikan prosedur instalasi font/huruf standar Microsoft pada sistem operasi Ubuntu dan Linux Mint.

Beberapa jenis huruf keluara Microsoft Fonts atau disebut Microsoft TrueType Font terdiri atas:
1. Comic Sans MS
2. Courier New
3. Georgia
4. Times New Roman
5. Trebuchet
6. Verdana
7. Webdings
8. dan varian lainnya.

Beberapa cara instal Microsoft Font disebutkan dapat dilakukan via Ubuntu Software Center atau Software Manager (Mint). Tetapi setelah instalasi ternyata jenis huruf yang dikehendaki tetap tidak muncul pada daftar font standar yang terinstal, termasuk pula pada LibreOffice. Jika menemukan masalah seperti ini, itu berarti terdapat prosedur yang belum lengkap pada proses instalasinya yang tidak dapat ditampilkan melalui software manager. Ada 3 prosedur yang dibutuhkan untuk menginstalasikan Microsoft Font melalui file ttf, yaitu:
1. Instalasi paket (installing package)
2. Konfirmasi persetujuan EULA
3. Proses instalasi.
Anggap saja di komputer saat ini belum terinstal Microsoft Font, kemudian bisa diikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buka terminal applet, lalu ketikkan perintah untuk menginstalasi paket:

sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer

Apapun pesan yang ditampilkan, abaikan saja. Bisa jadi berisikan pesan sudah terinstalasi mscorefonts atau sebaliknya. Selanjutnya, ketikkan perintah di bawah ini:

sudo apt-get purge ttf-mscorefonts-installer
sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer


Nantinya akan diarahkan di layar terminal applet berupa tampilan EULA untuk meminta konfirmasi persetujuan. Geser terus ke bawah tombol kursor, sampai nantinya akan menandai tulisan OK. Selanjutnya akan masuk ke tampilan konfirmasi untuk menyetujui instalasi Microsoft Core Fonts ke sistem operasi. Arahkan kursor mouse dengan tombol panah ke kotak OK, kemudian tekan tombol [Enter]. Prosedur selanjutnya melakukan instalasi ttf-mscorefonts yang akan ditampilkan pada layar terminal applet. Tunggulah hingga proses instalasinya selesai.

0 comments:

Poskan Komentar