07 Februari 2013

INSTAL NAUTILUS 3.6 (PATCHED 3.4) DI UBUNTU 12.10

Nautilus merupakan aplikasi file manager yang menjadi standar file manager OS Ubuntu. Sejak dirilis versi 12.04/12.10, OS Ubuntu menggunakan Nautilus versi 3.4.2 atau versi 3.4. Versi terkini adalah 3.6, tetapi untuk meng-upgrade dibutuhkan 'patched' agar dapat dinaikkan angka versinya dengan prosedur yang berbeda.

Fitur terbaru yang disematkan pada Nautilus 3.6 di antaranya:
1. Metode baru pada opsi pencarian (search)
2. Toolbar dan pathbar terbaru, Gnome-shell appmenu, simbol icon pada sidebar, dan new recent section pada sidebar.
3. Perubahan pada fitur list view

Cara patched atau install Nautilus 3.6 bisa dilakukan dengan mengikuti petunjuk di bawah ini melalui terminal applet.
Menambahkan Gnome 3 PPA, masukkan perintah di bawah ini (Ubuntu 12.04/12.10).

sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3

Selanjutnya, jalankan aplikasi [Software Updater] untuk meng-upgrade sejumlah paket. Tunggulah hingga proses update selesai. Tutuplah Nautilus yang masih aktif pada desktop, kemudian jalankan kembali (restart Nautilus). Nantinya akan muncul Nautilus yang telah di-upgrade. Ada sekitar 100 Mb lebih untuk melakukan proses upgrade di atas. Cara di atas sama saja dengan menuliskannya berikut ini (Ubuntu 12.04/12.10).

sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3
sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade
killall nautilus

Perintah [kilall nautilus] adalah untuk menutup (close) Nautilus yang masih aktif. Perbedaan dengan cara sebelumnya, prosedur update dan upgrade hanya untuk Nautilus. Adapun instalasi (patched) untuk Linux Mint adalah:

sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3
sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade
sudo apt-get install nautilus



Apabila kurang menyukai perubahan terbaru dari Nautilus 3.6 dan ingin kembali ke versi sebelumnya. Ikuti langkah berikut ini yang diketikkan dalam terminal applet.

sudo apt-get install ppa-purge
sudo ppa-purge ppa:gnome3-team/gnome3

Catatan
Saya sudah mencoba cara di atas, dan berhasil meng-upgrade versi Nautilus. Kemudian saya kembalikan ke semula pun berhasil dengan cara di atas. Perlu diketahui, terdapat beberapa sumber yang menggunakan cara berbeda untuk meng-upgrade (patched) versi Nautilus. Usahakan menggunakan sumber referensi yang sama ketika install (patched) ataupun mengembalikan ke kondisi semula.


Sumber: Web Upd8

0 comments:

Poskan Komentar