08 Februari 2013

MEMBUAT BOOTABLE USB FLASH DISK (STICK)

Disebut juga boot disk adalah perangkat yang nantinya digunakan untuk melakukan boot. Bisa untuk keperluan instal sistem operasi, recovery disk, ataupun untuk keperluan lainnya. Bootable USB atau USB boot disk menggunakan media flash disk atau memory stik untuk menjadi media boot sistem operasi. Posting di sini akan mengulas cara membuat USB boot disk dengan aplikasi under OS Windows maupun under OS Ubuntu/Mint. Tujuan boot disk tersebut untuk membuat installer bagi keperluan install OS Ubuntu.

OS Windows
OS Windows yang dipergunakan bisa apa saja, asalkan seri mulai OS Windows XP SP2. Aplikasi ini semacam portable utility/application yang bertujuan untuk membuat disk boot pada media USB. Ada dua aplikasi yang direkomendasikan, yaitu Universal USB Installer (UUI) keluaran pendrivelinux.com dan UnetBootin. Sebenarnya sama saja, hanya berbeda pengembang. UUI dapat pula digunakan untuk membuat boot disk untuk keperluan install OS Mint, OS Fedora, dan lain sebagainya. Tetapi di sini hanya dibahas dengan menggunakan UUI, karena selain lebih mudah, UUI memang universal, bahkan OS Windows pun termasuk di dalamnya. Download terlebih dulu aplikasi tersebut (klik di sini), kemudian instal aplikasi tersebut. Setelah selesai, jalankan aplikasi tersebut hingga muncul kotak dialog seperti di bawah ini.



[Step 1] untuk memilih jenis sistem operasi yang dikehendaki menjadi OS boot disk. Daftar sistem operasiyang didukung oleh UUI bisa dilihat di sini. Pada tahap ini, akan diminta untuk menentukan jenis sistem operasi yang dikehendaki untuk menjadi boot disk. Setelah menemukan sistem operasi untuk boot, kemudian akan menguplaod image disk dari sistem operasi tersebut. Perhatikan pada gambar untuk langkah kedua berikut ini.


[Step 2] memuatkan image disk berupa file .ISO untuk membuat USB boot disk. Klik tombol [Browser] untuk memasukkan image disk yang hendak dimuatkan. Carilah (browse) image file dengan ekstensi .ISO untuk dijadikan sumber bootable disk, terutama untuk keperluan install OS Ubuntu 12.10.

[Step 3] menentukan drive letter atau posisi drive pada USB yang nantinya akan diinstalasikan boot disk. Pada ilustrasi di atas digunakan drive letter [H], karena USB flash disk pada komputer saya terletak pada drive H. Selanjutnya, menentukan ukuran ruang pada USB flash disk yang akan dialokasikan untuk boot disk OS Ubuntu 12.10. Aturlah sekitar 2 Gb untuk kebanyakan disk boot dari install OS Linux. Selanjutnya, klik tombol [Create] untuk langsung masuk ke tampilan instlasi disk boot OS Linux. Klik tombol [Close], apabila sudah selesai.

OS Ubuntu
OS Ubuntu menyediakan pula fitur untuk membuat boot disk dengan menggunakan aplikasi Startup Disk Creator. Aplikasi tersebut sudah tersemat sebagai salah satu default application pada OS Ubuntu. Lokasinya bisa ditemukan pada sub menu [System Tools, Administration]. Atau bisa pula dijalankan langsung via Unity Dash dengan mengetikkan kata kunci [Startup Disk Creator]. Nanti akan muncul tampilan Disk Creator seperti pada gambar di bawah ini.


Langkah pertama, muatkan file image atau image disk berupa file .ISO pada baris [Source disk image]. Klik tombol [Other...] untuk mendapatkan image file yang dikehendaki. Selanjutnya, memilih USB device yang nantinya akan digunakan untuk boot disk pada baris [Disk to use:]. Pastikan USB flash disk sudah terdeteksi (mounted) pada OS Linux. Soroti hanya pada USB Flash Disk yang dikehendaki. Klik tombol [Erase] apabila menghendaki untuk menghapus keseluruhan isi pada USB flash disk tersebut.

Langkah selanjutnya menentukan ukuran ruang pada flash disk yang dialokasikan untuk keperluan USB boot disk. Aturlah kira-kira sebesar 2 Gb untuk instalasi OS Linux. Kemudian, klik tombol [Make Startup Disk]. Sekarang Anda sudah memiliki USB boot disk yang siap digunakan untuk keperluan install OS Ubuntu ataupun OS Linux lainnya via USB.

Sumber tulisan dan gambar: Ubuntu Support (1) dan (2)

0 comments:

Poskan Komentar