27 Februari 2013

MENGGUNAKAN KODE API PADA MY-WEATHER INDICATOR (UBUNTU/MINT)

My-Weather Indicator merupakan aplikasi yang menampilkan informasi cuaca pada sistem operasi GNU/Linux. Didukung dengan 4 layanan cuaca, seperti Open Weather Map, Yahoo, World Weather Online, dan WunderGround.Com, memberikan lebih banyak pilihan bagi penggunanya. Sejak rilis update versi 1.6.1.1, hanya terdapat dua layanan cuaca yang bisa diakses langsung, yaitu Yahoo dan Open Weather Map. Dua layanan cuaca lainnya mengharuskan melakukan registrasi bebas untuk mendapatkan kode API.

World Weather Online merupakan layanan cuaca yang paling banyak direkomendasikan dan digunakan oleh pengguna aplikasi My-Weather Indicator. Keunggulannya dibandingkan dengan layanan informasi cuaca lain terletak pada layanan peramalan cuaca (weather forecast) yang mampu memberikan informasi hingga 5 hari ke depan. Layanan cuaca dari Yahoo menyediakan informasi prakiraan cuaca hanya sebanyak 2 hari ke depan. Pada beberapa lokasi, WunderGround.Com pun dianggap lebih akurat daripada tiga layanan cuaca lainnya. Layanan cuaca dari World Weather Online (WWO) dan WunderGround.Com masih bisa diakses gratis (free akses), tetapi mengharuskan penggunanya untuk melakukan prosedur registrasi untuk mendapaktan kode API.

Langkah pertama, masuklah ke halaman registrasi untuk masing-masing layanan cuaca WWO dan WunderGround.Com di bawah ini.
World Weather Online
WunderGround.Com
Lengkapilah data pada form registrasi bebas. Nanti akan diberikan konfirmasi registrasi melalui email. Bukalah email yang telah dimasukkan pada prosedur registrasi.



Pada contoh gambar di atas, dilakukan registrasi bebas ke World Weather Online. Pada email tersebut telah dicantumkan kode API dengan tulisan “Your API key to access our weather forecast is...”. Kode yang diberikan arsiran warna kuning adalah kode API dari World Weather Online. Sebelum mengakses kode API tersebut, terlebih dulu melakukan verifikasi akun melalui alamat verifikasi yang diberikan tanda panah. Klik saja alamat tersebut, nanti akan masuk halaman baru yang akan memberikan konfirmasi apabial verifikasi akun telah diterima.

Langkah berikutnya, lakukan copy-paste pada kode API tersebut, kemudian dimasukkan ke kotak isian kode API pada pengaturan My-Weather Indicator seperti di bawah ini.



Berikan tanda centang pada salah satu layanan cuaca yang telah diregistrasikan, kemudian masukkan kode API pada kotak isian yang tersedia. Klik tombol [Activate], lalu tunggu beberapa saat sampai tombol [Activate] kembali normal seperti semula. Setelah itu, klik tombol [OK]. Tidak perlu lagi mengatur pemilihan lokasi, karena telah dideteksi ketika melakukan registrasi.

Kode API tersebut berisikan informasi mengenai lokasi yang dikehendaki untuk diberikan layanan informasi cuaca. Jika suatu saat hendak merubah lokasi, maka diperlukan kode API yang berbeda. Untuk layanan free member, WWO hanya memberikan sebanyak 3 kode API yang berbeda. Begitu pula dengan WunderGround.Com yang membatasi kode API untuk free member. Kode API tersebut tidak bisa pula digunakan pada komputer yang berbeda, sekalipun berada pada lokasi yang sama. Hal ini dikarenakan kode API mencatat pula nomor IP Addres dari setiap komputer yang telah diregistrasikan.

Bagi pembaca yang belum memiliki aplikasi My-Weather Indicator dapat menginstal atau meng-upgrade bagi yang sudah memiliki dengan cara memasukkan perintah-perintah berikut ini pada terminal applet (untuk Ubuntu 12.04/12.10 dan Mint 13/14).

sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt-get update
sudo apt-get install my-weather-indicator


Untuk melakukan upgrade tidak bisa dilakukan melalui perintah 'upgrade', karena PPA Atareao tidak didukung oleh Canonical. Jika hendak melakukan upgrade ke versi terkini harus menghapus (remove) aplikasi my-weather indicator. Langkah pertama, nonaktifkan (exit) aplikasi my-weather indicator yang berjalan (running) saat ini. Kemudian ketikkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo apt-get remove my-weather-indicator
sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt-get update
sudo apt-get install my-weather-indicator


Informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur pada versi terkini dan pengaturannya dapat dibaca pada posting di sini.

1 comments:

Pak Aswar mengatakan...

SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG
PALING MISKIN
DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .SUAMI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN
DAN 10 TAHUN ITU
KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN
TULANG BERSAMA,SUAMI SAYA
UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP
KELUARGA SAYA..AKHIRNYA
AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU
SEMUA TIDAK PERNAH
MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
MEMBERIKAN NOMOR,
(MBAH JOYO RATMO) ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,
(MBAH JOYO RATMO). DAN
AKHIRNYA,(MBAH JOYO RATMO , MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D... DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI
SAYA SANGAT
BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA
TERIMAH KASIH SAYA KEPADA
MBAH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.(MBAH JOYO RATMO) BAGI ANDA YANG
INGIN MERUBA NASIB
SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI (MBAH JOYO RATMO) DI NO 085-242-474-478-
DEMI ALLAH LANGIT DAN BUMI PASTI TEMBUS 100% ATAU ATAU {>>>>>KLIK DISINI<<<<<}





Poskan Komentar