07 Februari 2013

UPGRADE LIBREOFFICE TANPA INSTAL ULANG

Istilah upgrade berarti menaikkan angka versinya ke lebih tinggi. Misalnya dari LibreOffice v3.4 menjadi v3.6. Sekalipun sudah menjadi aplikasi perkantoran standar di sejumlah distro seperti Ubuntu, Mint, dan sebagainya, tetapi pihak pengembang Distro tidak menambahkan fitur untuk melakukan upgrade versi. Cara konvensional biasanya harus dilakukan dengan diawali prosedur uninstal versi sebelumnya, sebelum nantinya masuk ke prosedur instalasi versi terbaru. Berikut ini akan diuraikan prosedur upgrade versi LibreOffice tanpa harus melakukan prosedur instal ulang.

Persyaratannya upgrade, sebelumnya telah terinstal LibreOffice pada Ubuntu, Mint, maupun distro lainnya. Untuk melakukan upgrade membutuhkan koneksi internet, karena prosedurnya dilakukan secara online. Keuntungannya, ukuran data/file yang diunduh nanti tidak sebesar ketika harus melakukan instalasi ulang online maupun offline. Versi LibreOffice langsung diupgrade dengan versi terkini yang berlaku untuk sistem operasi 32 bit maupun 64 bit.

Buka konsol terminal, kemudian masukkan perintah-perintah di bawah ini.

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade


Seluruh aplikasi perkantoran dari LibreOffice akan secara otomatis di-upgrade versinya ke versi terkini. Tunggulah hingga prosesnya selesai. Dari versi 3.5.2 hingga 3.6.4 setidaknya membutuhkan sekitar hampir 180 Mb. Cara di atas berlaku untuk OS Linux Ubuntu dan Mint dengan platform 32 bit maupun 64 bit.

Catatan
Agar diketahui oleh pengguna OS Linux, update versi LibreOffice oleh pihak Open Documen Foundation (ODF) tidak akan segera langsung bisa diterapkan pada distro OS Linux manapun. Misalnya, pada tanggal 1 Februari 2013, pihak ODF merilis LibreOffice v3.6.5. Seketika itu pula belum bisa dilakukan update/upgrade versi LibreOffice yang terinstal pada OS Linux. Saya sudah pernah mencoba dua metode instalasi, yaitu melalui PPA seperti cara di atas dan melalui install paket deb. Tetapi tidak ada satupun di antaranya yang menghasilkan upgrade LibreOffice. Saya pun telah mencoba untuk menghapus LibreOffice versi sebelumnya, tetapi cara ini pun tidak berhasil.

Setelah saya telusuri, ternyata OS Linux tidak akan langsung begitu saja mengadopsi upgrade dari pihak manapun yang menyediakan paket repositorinya. Hal ini dikarenakan terdapat prosedur yang berhubungan dengan stabilitas dan reliabilitas. Itu sebabnya, setiap update versi dari perangkat aplikasi manapun tidak langsung segera diadopsi oleh pengembang OS Linux. Apabila respositorinya telah ada dan tersimpan di Software Source, Anda hanya cukup menunggu pemberitahuan dan notifikasi update dari OS Linux.

Sumber: www.ossdoc.com

2 comments:

borescope mengatakan...

makasih banget gan buat caranyaaa

Restu Adi Akbar mengatakan...

bagaimana cara menjalankan file flash (.swf) di linux mint?

Poskan Komentar