07 Februari 2013

WALLPAPER CHANGER PADA OS UBUNTU/LINUX MINT

Wallpaper changer atau aplikasi wallpaper dinamis akan menampilkan secara bergantian dari sejumlah koleksi wallpaper yang tersedia. Tampilan desktop akan menjadi semakin dinamis dan tidak membosankan. Ada dua macam wallpaper changer yang diulas dalam tulisan ini, yaitu Variety Wallpaper Changer dan Wallch untuk OS Ubuntu 12.04/12.10 dan Linux Mint v13/14. Selain diulas cara instalasinya, akan diulas pula perbedaan di antara keduanya.

Fitur wallpaper changer sebenarnya telah tersemat ke dalam OS Ubuntu sejak versi 11.04 maupun pada Linux Mint 13. Pembaca bisa mengetahui melalui kotak dialog [Dekstop Wallpaper]. Nantinya terdapat koleksi ikon wallpaper yang diberi penanda waktu. Sayangnya, fitur wallpaper changer tersebut tidak memiliki fungsi pengaturan. Padahal Windows 7 pun menyediakan fitur wallpaper changer yang masih dapat dilakukan pengaturan.

Secara umum, aplikasi wallpaper changer seperti Variety maupun Wallch memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh fitur standar dari OS Linux. Berikut ini secara umum yang menjadi kesamaan di antara Variety maupun Wallch.
1. Terdapat pengaturan waktu untuk penggantian wallpaper
2. Opsi untuk memilih lokasi wallpaper (folder, files, maupun internet source).
3. Diberikan sumber alternatif yang bisa diunduh secara otomatis dari internet
4. Mendukung untuk jenis file JPG, PNG, GIF, maupun BMP
5. Ringan dan cukup mudah untuk digunakan.

Variety Wallpaper Changer
Inilah aplikasi wallpaper changer yang mendapatkan pilihan paling banyak dari pengguna OS Ubuntu maupun OS Linux Mint. Fitur pengaturannya cukup bervariasi, tetapi tetap mudah untuk dioperasikan. Di dalamnya disematkan pula sejumlah fitur tambahan yang berguna untuk mempercantik tampilan dekstop. Variety menambahkan fitur wallpaper clock yang berfungsi untuk menampilkan informasi waktu pada layar desktop. Variety wallpaper changer tidak tersedia di Ubuntu Software Center. Oleh karenanya instalasi hanya bisa dilakukan via PPA dengan memasukkan perintah pada terminal applet.

sudo add-apt-repository ppa:peterlevi/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install variety

Untuk distro OS Linux lainnya bisa diinstalasikan dengan mengunduhnya melalui launchpad.

Mengenai optimalisasi dan pengaturan Variety dapat dilihat pada tulisan di sini.


Wallch Wallpaper Changer
Wallch bisa dikatakan lebih sederhana fitur-fiturnya ketimbang Variety. Tetapi kesederhanaan tersebut tidak mengurangi fitur utamanya sebagai wallpaper changer. Sejumlah pengaturan masih diberikan dengan keleluasaan bagi penggunanya. Wallch menambahkan pula fitur Live Earth Wallpaper maupun Picture of The Day yang diakses melalui internet. Instalasi Wallch yang diulas berikut ini menggunakan PPA atau diakses melalui terminal applet. Adapun perintah untuk mengaksesnya adalah:

Instalasi untuk OS Ubuntu v12.04/12.10 atau OS Mint 13/14:
sudo add-apt-repository ppa:wallch/version-3-ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wallch

Instalasi untuk OS Ubuntu v11.04/11.10 atau OS Linux Mint 11/12:
sudo add-apt-repository ppa:wallch/version-ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wallch

Shotwell
Shotwell adalah aplikasi photo manager seperti halnya ACDSee pada OS Windows. Sudah tersedia sebagai aplikasi standar pada OS Ubuntu 12.04/12.10. Selain berfungsi sebagai pengelolaan foto, Shotwell memiliki fitur [Desktop Slideshow] yang bisa dimanfaatkan sebagai wallpaper changer.



Folder wallpaper yang diimpor sebaiknya disimpan di direktori [Home] agar nantinya bisa diupload tanpa harus melalui prosedur mounted partition. Setelah sejumlah wallpaper dipilih, kemudian disetel untuk dijadikan desktop slideshow, kemudian dilakukan pengaturan waktu pergantian wallpaper dari durasi 5 detik hingga 24 jam (one day).


Fitur desktop slideshow dari Shotwell tidaklah permanen. Seketika akan nonaktif, ketika dilakukan restart. Cukup efektif bagi Anda yang mungkin tidak menginginkan menginstal banyak aplikasi ke dalam OS Linux.

0 comments:

Poskan Komentar