24 Maret 2013

INSTALL EQUALIZER PULSEAUDIO DI UBUNTU

Inilah tips yang sejak lama saya cari semenjak menggunakan Linux. Jika pada Windows, dengan menggunakan aplikasi Realtek dan driver dari sound card sudah bisa mengaktifkan fitur equalizer. Ternyata hal serupa untuk mengaktifkan fitur equalizer bisa pula dilakukan pada sistem operasi Linux. Kebetulan cara yang saya dapatkan di sini khusus untuk Ubuntu dan Mint. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, kualitas suara pada setiap aplikasi multimedia akan menjadi lebih baik.

Paket Pulseaudio sesungguhnya sudah tersedia pada repositori Ubuntu 12.04/12.10 (official packages). Untuk Ubuntu 12.04 tersemat Pulseaudio v1.1, sedangkan untuk Ubuntu 12.10 tersemat Pulseaudio v2.1. Tetapi sayangnya, paket repositori tersebut tidak tersemat (built-in) fitur equalizer. Tentunya akan sedikit mengecewakan bagi pecinta media player yang sering bereksperimen dengan suara. Praktis untuk pengaturan equlizer mesti mengandalkan ketersediaannya di masing-mesing media player maupun music player. Itu pun belum bisa mencapai kualitas suara yang optimal. Saya sudah membandingkan dengan kualitas suara dari OS Windows yang dibantu dengan aplikasi Realtek. Tetapi dengan instalasi dan aktivasi Pulseaudio with Built-in System-wide Equalizer akan sangat banyak mendongkrak kualitas suara pada Ubuntu.

Terima kasih banyak ke tim Web Upd8 yang telah berkreasi membuatkan PPA untuk aplikasi Pulseaudio with Built-in System-wide Equalizer. Ubuntu v13.04 Raring Ringtail sesungguhnya telah menambahkan repositori resmi untuk Pulseaudio v3.0 yang kabarnya telah tersemat fitur System-wide Equalizer. Tetapi tidak diketahui, fitur tersebut sering tidak stabil atau seringkali tidak muncul. Oleh karenanya, tim Web Upd8 membuatkan sendiri repositori untuk fitur System-wide Equalizer yang dapat diakses oleh Pulseaudio pada Ubuntu 12.04/12.10 maupun 13.04.

Buka konsol terminal untuk persiapan melakukan tahap demi tahap instalasi Pulseaudio with Built-in System-wide Equalizer. Baca baik-baik keterangan untuk setiap langkah instalasi. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Menambahkan Ke PPA Ubuntu
sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/pulseaudio-eq
sudo apt-get update


Jalankan [Software Updater] untuk meng-upgrade paket yang telah dipasangkan. Jika automatic update pada [Software Source] diaktifkan, nanti akan muncul otomatis notifikasi update dari [Software Updater]. Perbarui (update) seluruhnya, serta pastikan proses update berjalan sukses. Jika tidak, bisa dilakukan dengan mengetikkan baris perintah upgrade di bawah ini.

sudo apt-get dist-upgrade.

Install Dependencies
sudo apt-get install python-dbus python-qt4 python-qt4-dbus pulseaudio-utils

Restart Pulseaudio
pulseaudio -k
pulseaudio &


Install Modules
pactl load-module module-equalizer-sink
pactl load-module module-dbus-protocol


Proses instalasi telah selesai. Anda dapat langsung menjalankan melalui konsol terminal dengan mengetikkan baris perintah di bawah ini.

qpaeq

Atau dapat pula dijalankan via [Run Command] dengan tombol [Alt] + [F2], kemudian ketikkan 'qpaeq' (tanpa tanda kutip). Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.



Gambar di atas adalah Pulseaudio yang terinstal pada komputer saya. Kebetulan di situ terdapat sebanyak 12 kanal (channel) equalizer. Mungkin akan berbeda tampilannya pada komputer dengan spesifikasi sound card yang berbeda pula. Menurut sumbernya, jika muncul tampilan seperti gambar di atas, maka pengaturan presetting equalizer telah diaktifkan. Sayangnya di situ tidak tersedia preset standar yang berarti Anda harus membuat preset sesuai dengan kebutuhan dan selera. Perhatikan pula, untuk mengatur sensitifitas slider, cukup dengan menarik ukuran kotak jendela seperti gambar di atas.

Sekarang akan dilakukan pengecekan, apabila Pulseaudio yang baru telah terpasang pada sistem operasi. Untuk mengetahui instalasinya telah terpasang, bukalah [System Settings], kemudian klik [Sound]. Perhatikan gambar di bawah ini.


Jika instalasi Pulseaudio with Built-in System-wide Equalizer telah terpasang, nanti akan muncul device bertuliskan [FFT based equalizer on Built-in Audio Analog Stereo]. Soroti device tersebut, kemudian lakukan uji suara dengan [Test Speakers]. Jika muncul suara hasil pengujian, itu berarti instalasinya sukses, tanpa mengalami konflik.

Module yang dipasangkan pada instalasi di atas tidak secara otomatis akan dimuatkan (loaded) pada [System Start]. Oleh karenanya, perlu dipasangkan secara manual dengan mengetikkan baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo gksu gedit /etc/pulse/default.pa

Setelah muncul jendela penyuntingan, masukkan baris di bawah ini pada bagian akhir penyuntingan.

### Load the integrated pulseaudio equalizer and dbus modules
load-module module-equalizer-sink
load-module module-dbus-protocol


Supaya lebih meyakinkan, sebaiknya lakukan restart untuk melihat efek perubahan dari pemasangan aplikasi Pulseaudio di atas. Cobalah untuk menggunakan aplikasi multimedia, seperti media player ataupun music player.

Kembali Ke Pengaturan Semula (Reverting)
Untuk kembali ke pengaturan semula tanpa fitur System-wide Equalizer, bukalah konsol terminal, kemudian ketikkan baris perintah di bawah ini.

sudo gksu gedit /etc/pulse/default.pa

Hapuslah baris-baris penyuntingan di bawah ini.

### Load the integrated pulseaudio equalizer and dbus modules
load-module module-equalizer-sink
load-module module-dbus-protocol


Atau mungkin karena alasan tertentu, Anda tidak hanya ingin kembali ke pengaturan semula, tetapi hendak menghapus pula PPA yang sudah terpasang. Untuk keperluan tersebut, ketikkan baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo ppa-purge ppa:webupd8team/pulseaudio-eq

Bagaimana pun juga, nampaknya perlu dilakukan eksplorasi lebih lanjut untuk mendapati pengaturan suara yang bisa mengimbangi kualitas pengaturan suara pada aplikasi berbasis OS Windows. Sebagai perbandingan, Realtek HD Audio Manager yang biasanya terinstal pada OS Windows hanya memiliki 10 kanal equalizer. Sekalipun demikian, mereka sudah didukung dengan ketersediaan DSP Manager. Mungkin tidak lama lagi akan tersedia untuk OS Linux.

Sumber: WEB UPD8

1 comments:

Spms Banjarmasin mengatakan...

mana up datenya.....?

luncher kok sering bermasalah, itu apanya yang kurang benar mohon ppencerahan Gan

thanks before

Poskan Komentar