14 Maret 2013

INSTALL TEMA IKON (ICON THEMES) NON PPA UNTUK UBUNTU/MINT

Penggantian tema ikon (icon themes) bertujuan agar tampilan desktop tidak membosankan. Tema ikon default yang disediakan belum tentu pula cocok dengan karakter Anda. Ada dua cara untuk mengganti atau memasangkan tema ikon pada Ubuntu/Mint, yaitu melalui PPA (konsol terminal) dan cara manual. Keuntungan cara manual bisa dipasangkan ke lebih banyak sistem operasi Linux yang berbeda ataupun dapat dipasangkan apabila suatu saat melakukan upgrade maupun fresh install sistem operasi Linux. Berikut ini diulas mengenai cara instalasi manual tema ikon pada Ubuntu dan Mint.

Petunjuk Instalasi Non PPA
Tanpa melalui PPA berarti memasangkan tema ikon atau icon pack secara manual. Ada dua metode, yaitu melalui instalasi file berekstensi .DEB dan instalasi dengan menggunakan folder ~/home/.icons. Sayangnya tidak semua desainer icon pack mengembangkan versi instalasi dengan file .DEB. Padahal cara ini paling simpel, tanpa risiko kekeliruan dalam penempatan folder. Oleh karenanya, perlu diperhatikan untuk cara kedua terdapat pada folder /home/.icons. Pada prinsipnya, keseluruhan tema ikon atau icon pack bisa ditempatkan pada ~/home/.icons atau pada /usr/share/icons. Perbedaannya, penempatan tema ikon pada folder ~/home/icons hanya bisa diakses oleh username yang aktif. Sedangkan untuk pemasangan pada /usr/share/icons ditujukan untuk seluruh user (all users). Untuk cara manual tidak diperkenankan masuk ke /usr/share/icons, karena folder tersebut hanya bisa diakses dan dikelola melalui perintah root.

Pada setiap perintah pertama instalasi tema ikon terdapat perintah untuk membuat sub direktori (folder) yang dituliskan pada konsol terminal:

mkdir ~/.icons

Perintah di atas bermakna untuk membuat folder .icons pada direktori [Home] yang nantinya disebut /home/username/.icons atau /home/.icons. Notasi titik (dot) di depan tulisan icons bermakna folder tersebut merupakan folder tersembunyi atau hidden folder. Untuk menampilkan folder tersembunyi bisa diaktifkan melalui perintah [Ctrl] + [H]. Cobalah masuk ke direktori [Home], kemudian aktifkan hidden folder melalui [Ctrl] + [H]. Carilah folder dengan nama .icons. Jika sudah memiliki folder .icons, maka perintah [mkdir ~/.icons] tidak perlu lagi dieksekusi. Jika belum memiliki folder .icons, maka perintah [mkdir ~/.icons] harus dieksekusi. Cukup satu kali perintah tersebut dieksekusi.

Prosedur selanjutnya akan mengunduh (download) file icon pack yang dituliskan dengan perintah pada konsol terminal sebagai berikut:

wget -O [nama url download]

Icon pack yang diunduh biasanya merupakan file yang dikompresi, sehingga nanti akan membutuhkan prosedur untuk mengekstrak. Prosedur ekstrak bisa dilakukan dengan dua cara yang dituliskan pada konsol terminal, yaitu:

tar xfz [nama icon pack]
unzip [nama icon pack] -d ~/icons

Pada perintah pertama biasanya perintah yang terdapat pada Ubuntu dan turunannya. Perintah tersebut hanya mengekstrak file icon pack pada direktori [Home]. Sedangkan pada perintah kedua biasanya digunakan untuk Linux Mint sudah disertakan prosedur untuk mengekstrak ke folder .icons. Pada prinsipnya, folder hasil ekstrasi tadi harus dipindahkan ke folder .icons. Oleh karena itu, jika menggunakan cara pertama, perlu dipastikan folder hasil ekstrasi dipidahkan (secara manual dengan copy paste) ke folder .icons.

Langkah berikutnya, untuk mengaktifkan tema ikon yang telah dipasangkan membutuhkan utility seperti Ubuntu Tweak ataupun Gnome Tweak Tools. Pada akhir tulisan nanti akan diulas mengenai cara pemasangannya melalui kedua utility tadi.

Azenis Blue Icons
Seri icon pack Azenis memiliki tiga varian, yaitu Azenis Blue Icons, Azenis Orange Icons, dan Azenis Red Icons. Tampilan untuk Azenis Blue Icon bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Untuk meng-install seri Azenis icon packs secara manual, bukalah konsol terminal, kemudian masukkan baris-baris perintah di bawah ini.

  • mkdir ~/.icons 
  • wget -O azenis-blue-icons.zip http://dl.dropbox.com/u/53319850/NoobsLab.com/azenis-blue-icons.zip 
  • unzip azenis-blue-icons.zip -d ~/.icons

Azenis Orange Icons
Ketikkan perintah di bawah ini pada terminal applet.

  • mkdir ~/.icons 
  • wget -O azenis-orange-icons.zip http://dl.dropbox.com/u/53319850/NoobsLab.com/azenis-orange-icons.zip 
  • unzip azenis-orange-icons.zip -d ~/.icons

Azenis Red Icons
Ketikkan perintah di bawah ini pada terminal applet.

  • mkdir ~/.icons 
  • wget -O azenis-red-icons.zip http://dl.dropbox.com/u/53319850/NoobsLab.com/azenis-red-icons.zip 
  • unzip azenis-red-icons.zip -d ~/.icons

Azenis Purple Icons
Ketikkan perintah di bawah ini pada terminal applet.

  • mkdir ~/.icons 
  • wget -O azenis-purple-icons.zip http://dl.dropbox.com/u/53319850/NoobsLab.com/azenis-purple-icons.zip 
  • unzip azenis-purple-icons.zip -d ~/.icons


Potensa Icon Theme
Icon pack Potenza dibuat oleh Mystras Team untuk desktop environment OS Linux Ubuntu, Unity, Gnome Shell, serta banyak desktop environment lainnya. Potenza icon theme bisa diinstalasikan untuk Ubuntu 13.04/12.04/12.10 dan Mint 13/14. Penampakannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Untuk menginstalasikannya, bukalah terminal applet, kemudian masukkan baris perintah di bawah ini.

  • mkdir ~/.icons
  • wget -O potenza.tar.gz http://goo.gl/7ToLI
  • tar -xzvf potenza.tar.gz -C ~/.icons && sudo rm potenza.tar.gz

Tema ikon Potenza di atas adalah jenis Potenza icon theme blue. Jika menghendaki varian tema lain yang diinstalasikan dengan cara non PPA, masuklah ke halaman Potenza di Gnome-look.org maupun KDE-look.org. Tersedia instalasi via .DEB yang bisa langsung dieksekusi tanpa melalui proses instalasi di atas.


Awoken Icon Pack
Awoken icon pack memiliki desain yang termasuk paling diminati oleh sejumlah distro Linux. Menurut sumbernya pula, tergolong yang paling sering pula diunduh dan diinstal pada Ubuntu 12.04/12.10 maupun varian desktop environment dari Linux Mint. Tampilan Awoken icon pack bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Untuk menginstalasikannya, masukkan baris perintah di bawah ini pada terminal applet (khusus untuk Ubuntu 11.10/12.04/12.10 dan Mint 13/14).

Unduh (download) Awoken icon pack di sini, kemudian esktrak file tersebut. Nanti akan muncul tiga folder, yaitu AwOken, AwOkenDark, dan AwOkenWhite. Pastikan ketiga folder tadi diekstrak ke [Home]. Kemudian bukalah opsi Hidden File dengan [Ctrl] + [H] untuk menampilkan folder-folder yang disembunyikan. Carilah forlder dengan nama .icons. Jika belum memiliki, buatlah folder tersebut dengan mengetikkan '.icons' pada [Create new folder]. Kemudian, pindahkan tiga folder AwOken tadi ke folder /home/.icons. Setelah itu, bukalah konsol terminal, kemudian masukkan baris-baris perintah di bawah ini.

cd ~/.icon
sudo cp -p AwOken/awoken-icon-theme-customization /usr/bin
sudo cp -p AwOken/awoken-icon-theme-customization-clear /usr/bin
sudo cp -p AwOkenDark/awoken-icon-theme-customization-dark /usr/bin
sudo cp -p AwOkenWhite/awoken-icon-theme-customization-white /usr/bin
awoken-icon-theme-customization


Sumber: UbuntuBuzz


My-Humanity Icon Theme v0.9
Sekalipun tidak sepopuler icon pack sebelumnya, My-Humanity memiliki desain yang cukup elegan untuk sebuah tampilan desktop. My-Humanity pula menjadi icon pack favorit saya pada Ubuntu 12.10 maupun Mint 14.1. Berikut ini adalah penampakan format tampilan icon pack My-Humanity.


Untuk menginstalasikan My-Humanity, masukkan baris perintah di bawah ini pada terminal applet (khusus untuk Ubuntu 11.04/11.10/12.04/12.10 dan Mint 13/14).

wget -O myhumanity.deb http://goo.gl/NYRif
sudo dpkg -i myhumanity.deb && sudo rm myhumanity.deb


Untuk mengaktifkannya, ketikkan perintah:

gsettings set org.gnome.desktop.interface icon-theme 'my-humanity'

Cara di atas akan mengunduh file icon pack berekstensi .Deb, kemudian langsung menjalankan, serta menghapus setelah proses instalasi selesai. Jika hendak mempertahankan file instalasinya, abaikan perintah [sudo rm myhumanity.deb].

Sumber: Ubuntumisr


Pengaturan Via Ubuntu Tweak
Aktifkan aplikasi Ubuntu Tweak. Masuklah ke tab [Tweak], kemudian pilih [Theme]. Nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Jika belum memiliki Ubuntu Twek bisa dipasangkan (install) dengan mengetikkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak


Selanjutnya, Klik pada opsi [Icon theme] untuk memilih icon pack yang dikehendaki. Apabila instalasi icon pack di atas berhasil, nantinya akan ditampilkan seluruhnya pada opsi [Icon theme]. Di sebelah kanan terdapat tombol [Reset] untuk mengembalikan ke icon pack default.

Pengaturan Via Gnome Tweak Tool atau Tweak Tool
Aktifkan aplikasi Tweak tool, kemudian pilih ke opsi [Theme]. Perhatikan pada opsi [Icon Theme] seperti pada gambar di bawah ini.


Jika belum memiliki Gnome Tweak Tools atau disebut Tweak Tools bisa diinstalasikan dengan mengetikkan baris-baris perintah di bawahi ini pada konsol terminal.

sudo apt-get autoclean && sudo apt-get update
sudo apt-get install gnome-tweak-tool


Pada gambar di atas, tekan kotak pilihan, nanti akan muncul daftar icon pack yang terinstall. Pilih icon pack yang dikehendaki, maka akan segera aktif.

Catatan
Jika dengan memasangkan tema ikon atau icon pack pada direktori /home/username/.icons tidak dideteksi oleh Ubuntu Tweak maupun Tweak Tool, coba pindahkan ke direktori /usr/share/icons. Caranya, buka konsol terminal, kemudian ketikkan baris perintah di bawah ini.

gksudo nautilus (untuk Ubuntu)

gksudo nemo (untuk Mint)

Duplikasikan (copy) folder icon pack yang telah diekstrak tadi untuk ditimpakan (paste) ke direktori /usr/share/icons.

Panduan Ringkas
Mungkin di antara pembaca masih belum paham untuk menavigasikan ke folder dengan kode /usr/share/icons. Bukalah file explorer, Nautilus (Ubuntu) atau Nemo (Mint), kemudian perhatikan pada panel bar sebelah kiri. Carilah tulisan [File System], lalu pada panel di sebelah kanan, temukan folder usr.


Klik dua kali tombol kiri mouse (dobel klik) untuk membuka folder /usr. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Carilah tulisan 'share' atau disebut /usr/share, kemudian buka folder tadi. Nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Kemudian carilah tulisan 'icons' atau disebut /usr/share/icons, lalu buka folder tadi. Anda sudah berada pada sub direktori folder /usr/share/icons.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Amin!

4 comments:

microlite mengatakan...

bagus nih pasti ikonnya hehehe

timbangan mengatakan...

ikon ubuntu keren juga ya

gear khk mengatakan...

mau coba yang ubuntu nih heheheh

Leo Kusuma mengatakan...

tema ikon di atas bisa diterapkan di Ubuntu dan turunannya, termasuk Mint. kebetulan sudah pernah dicobakan ke Ubuntu, Kubuntu, dan Mint. Alhamdulillah sukses... terima kasih.

Poskan Komentar