05 Maret 2013

INSTALL LIBREOFFICE 4 (PPA) UBUNTU/MINT (UPDATED)

Sekitar malam tadi, pukul 02.30 muncul notifikasi update pada panel bar. Setelah saya buka, ternyata ada sejumlah pembaharuan (update) yang ukurannya mencapai 118 Mb. Menariknya, pada item update list terdapat paket LibreOffice. Total update untuk LibreOffice sekitar hampir 90 Mb. Awalnya saya mengira PPA tersebut untuk LibreOffice 3.6.5. Ternyata setelah update rampung, saya cek LibreOffice Writer tertulis angka versinya 4.0.1.2. Syukurlah, setelah menunggu 2 bulanan, akhirnya PPA untuk LibreOffice 4.0 telah tersedia.

Hingga awal Maret 2013, PPA Ubuntu maupun Mint masih memasangkan aplikasi LibreOffice pada versi 3.6.4. Upgrade manual ke 4.0 masih bisa dilakukan dengan menghapus LibreOffice versi 3.6.4. Tetapi risikonya, LibreOffice yang baru tersebut belum diterima sepenuhnya. Misalnya, icon theme tidak menyesuaikan dengan icon theme standar yang tersedia pada sistem operasi. Sekalipun dilakukan pergantian icon theme, tetap saja tidak akan merubah icon theme standar dari LibreOffice 4.0. Ketika diinstalasikan dengan KDE, LibreOffice 4.0 akan dihapus dan diganti dengan versi terdahulu. Tetapi sekarang sudah tidak lagi, karena Ubuntu telah menyiapkan PPA untuk LibreOffice 4.0.

Automatic Update: Upgrade LibreOffice 4.0
Cara ini tidak merepotkan. Cukup buka update manager. Nanti akan muncul tampilan daftar item yang perlu di-update atau upgrade. Kebetulan saya menggunakan server master dari Ubuntu, jadi malam tadi tanggal 5 Maret 2013 telah muncul notifikasi untuk upgrade LibreOffice 4.0. Ukuran total item (files) untuk LibreOffice seluruhnya bisa mencapai di atas 80 Mb. Itu menandakan terdapat upgrade versi Libreoffice.

Update via PPA
Jika belum muncul notifikasi update untuk LibreOffice, cobalah dengan upgrade secara manual melalui konsol terminal. Bukalah konsol terminal, kemudian masukkan perintah-perintah di bawah ini.

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade


Perintah di atas secara otomatis akan menggantikan versi LibreOffice menjadi 4.0.x. Tidak perlu harus meng-uninstall LibreOffice versi sebelumnya melalui 'sudo apt-get purge...'.
Semoga berhasil.


Install LibreOffice (New) di Ubuntu/Mint
Install baru berarti sebelumnya tidak terdapat LibreOffice atau bisa jadi karena LibreOffice versi sebelumnya gagal untuk di-upgrade. Gagal upgrade bisa berupa angka versi LibreOffice tidak berada pada angka versi 4.0.x setelah dilakukan proses upgrade. Atau bisa pula sistem operasi tidak mengoptimalkan tampilan antarmuka maupun tampilan pada desktop. Icon LibreOffice tetap muncul, tetapi tidak menyesuaikan dengan tema ikon yang digunakan, seperti tema ikon 'My-humanity', 'Potenza', dan lain sebagainya. Instalasi via Deb Package seperti yang pernah dibahas sebelumnya bisa menyebabkan kondisi gagal upgrade. Aplikasi apapun akan berjalan dengan baik apabila telah didukung dengan PPA.

Instalasi baru LibreOffice 4.0.x sebaiknya akan dilakukan dengan memanfaatkan konsol terminal. Di sini akan ada dua prosedur yang digunakan, yaitu prosedur untuk menghapus total seluruh paket yang terinstal pada versi sebelumnya, kemudian prosedur menginstal LibreOffice versi terbaru. Langkah pertama memastikan tidak ada lagi LibreOffice yang terpasang dalam sistem operasi. Ketikkan perintah di bawah ini pada konsol monitor untuk menghapus LibreOffice versi sebelumnya.

sudo apt-get purge libreoffice*

Langkah berikutnya melakukan prosedur install LibreOffice versi 4.0.x. LibreOffice yang terinstal saat ini berada pada angka versi 4.0.1.2 (11 Maret 2013). Angka versinya bisa jadi akan lebih tinggi ketika Anda menginstalasikan. Kemudian, ketikkan baris-baris perintah di bawah ini pada konsol terminal.

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install libreoffice

Perbedaannya dengan prosedur upgrade terletak pada baris ketiga. Repositori yang dipasangkan pada baris pertama akan digunakan untuk memperbaharui (update) versi LibreOffice tidak hanya pada versi 4.0.x, melainkan pada versi yang terkini. Tetapi apabila hanya menghendaki pada versi 4.0.x, maka perintah pada baris pertama dituliskan sebagai berikut.

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/libreoffice-4-0

Penulis menyarankan sebaiknya menggunakan PPA yang pertama, tanpa menggunakan kode 4-0. Hal ini dikarenakan bisa jadi ketika Anda menginstalasikan dengan membaca petunjuk artikel di sini sudah tersedia PPA untuk versi yang lebih tinggi.


LibreOffice Firefox Personas
Ini adalah fitur antarmuka terkini yang diperkenalkan oleh Document Foundation. LibreOffice Personas mengadopsi antarmuka yang digunakan oleh Mozilla Firefox berupa Firefox Personas. Tampilan latar belakang untuk menu bar dan Toolbar bisa diganti-ganti sesuai dengan tema yang tersedia di halaman Firefox Personas. Untuk melakukan penggantian tema personas, bukalah menu [Tools], pilih [Option]. Kemudian masuk ke opsi [Personalization].


Pilih opsi [Own Persona], kemudian masuk ke halaman Firefox Personas. Pilihlah tema persona yang hendak dijadikan sebagai tema persona LibreOffice. Catat tautan (link) halaman persona yang dipilih tadi, kemudian pindahkan (paste) ke kotak dialog LibreOffice [Persona address]. Klik tombol [OK] pada opsi [Personalization], kemudian klik tombol [OK] pada Option. LibreOffice Persona hanyalah untuk menambahkan estetika tampilan agar tidak terkesan membosankan.

2 comments:

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Saya tidak pernah melihat nama Leo Anda di mana pun di komunitas Linux di dunia ini. Namun anehnya, saya merasa ada yang cemerlang di setiap posting bapak. Bahasa. Ini titik berat perhatian saya. Bagaimana bapak bisa begitu perhatian dengannya?

Satu lagi, memang saya sering main ke komunitas open source yang daring. Namun saya tidak pernah melihat bapak. Bagaimana bapak demikian kukuh menggunakan open source? Sampai bapak jadikan beberapa produknya jadi nama halaman blog ini.

Terima kasih, Pak.

Leo Kusuma mengatakan...

Saya baru sekitar setahun belakangan ini aktif gunakan Linux. Sebenarnya sudah sejak 2010, tetapi karena susahnya proses penyesuaian, akhirnya baru bisa yakin setahun ini. Kalo di komunitas ini cuma mampir. Di dalam negeri malah belum banyak nemu, kecuali komunitas Linux Mint di Facebook yang lebih ramai (aktif). Terus terang lebih nyaman dgn Linux, karena lebih aman dan tidak merepotkan.
Terima kasih.

Poskan Komentar