03 Maret 2013

MENGENAL MASKOT UBUNTU, DARI WARTHOG HINGGA RARING RINGTAIL

Ubuntu adalah nama dari salah satu distro OS Linux yang cukup populer di kalangan pengguna Linux. Rilis setiap versinya dikelompokkan menjadi dua versi yang berbeda, yaitu versi long-term support (LTS) dan versi non-LTS. Versi LTS akan mendahulu versi non-LTS di mana masing-masing dirilis dengan nama sandi yang berbeda. Sejak pertama dirilis pada tahun 2004, yaitu versi 4.10, Ubuntu selalu menggunakan nama sandi (code name) yang unik, yaitu nama sandi yang diambil dari nama satwa-satwa liar dan unik di dunia. Apa saja satwa-satwa liar yang pernah menjadi maskot Ubuntu?

Pemberian Nama Sandi
OS Ubuntu dibuat oleh Mark Shuttleworth, warga negara Afrika Selatan keturunan Inggris yang juga menjadi pendiri Ubuntu Foundation dan Canonical Ltd. Nuansa Afrika yang alami nampaknya memberikan inspirasi penting bagi Shuttleworth, termasuk bagi dunia. Sejak Ubuntu dirilis pertama kalinya di tahun 2004, Shuttleworth memberikan ciri khas berupa nama satwa liar sebagai maskot (code name) produk teknologinya. Tidak hanya satwa unik di Afrika, melainkan satwa-satwa unik berbagai penjuru dunia.

Nama sandi (code name) dari setiap versi Ubuntu selalu terdiri atas 2 kata. Satwa yang menjadi maskot ditunjukkan pada kata kedua dari nama sandi. Kata pertama menyatakan nama yang diberikan oleh pihak tim pengembang Ubuntu. Kedua kata tersebut harus memiliki huruf awal yang sama, seperti Warty Warthog, Karmic Koala, dan lain sebagainya. Sejak rilis pada versi ketiga (v5.10), nama sandi dituliskan dengan abjad awal yang berurutan ke versi berikutnya. Pada versi ketiga tersebut telah dimulai dengan abjad “B” dengan nama sandi “Breezy Badger”. Tetapi urutan abjad tersebut tidak mutlak, tergantung dari strategi branding yang mereka pergunakan.

Dari Warthog hingga Ringtail, nampaknya pihak Ubuntu memilih maskot dengan beberapa pertimbangan. Maskot yang dipilih biasanya merupakan sosok satwa yang dikenal luas oleh masyarakat dunia. Misalnya dikenal melalui legenda cerita rakyat, tokoh maupun karakter kartun, dan menjadi maskot (brand logo) di sejumlah tempat maupun benda. Pada beberapa maskot dipilih pula berdasarkan pertimbangan sasaran pengguna yang dikehendaki oleh Ubuntu (Canonical Ltd.). Misalnya, Gusty Gibbons yang dipergunakan untuk mempropagandakan distribusi Ubuntu di Asia Tenggara.

Ubuntu 4.10 Warty Warthog
Inilah versi pertama yang sekaligus menjadi debut Ubuntu yang nantinya akan menjadi pemimpin distributor Linux di seluruh dunia. Dirilis pada tanggal 20 Oktober 2004, kode 4.10 menggunakan nama sandi (code name) Warty Warthog. Maskot tersebut merupakan sejenis keluarga (familia) babi hutan yang hidup di padang rumput (savana) di Afrika. Sahabat mungkin pernah mendengar film animasi produksi Walt Disney yang sempat populer di pertengahan dekade 1990an, yaitu The Lion King. Di dalamnya terdapat tokoh binatang babi hutan padang savana yang bernama Pumbaa. Nama latinnya (spesies) adalah Phacochoerus africanus yang hidup pada sub saharan Afrika, sehingga seringkali diberi julukan babi gurun (desert warthog), terutama di sebelah Utara Kenya, Somalia, dan di bagian Timur Ethiopia. Ciri khasnya terdapat pada bagian tarinya yang tongos ke atas dan agak melengkung ke belakang.



Dalam debutnya di versi 4.10, tim pengembang distro Ubuntu sepertinya terinspirasi dari kisah kemunculan Warthog yang membawa harapan baru bagi kelestarian alam di Afrika. Harapan baru atas kemunculan babi sahara ini pula yang nampaknya menginspirasikan debut versi 4.10 sebagai harapan baru sistem operasi berbasis sumber terbuka di tahun 2004. Babi sahara ini memiliki keunikannya yang agresif dalam pertarungan, bahkan untuk menghadapi musuh-musuh alaminya. Ini pula yang menginspirasi tim pengembang OS Ubuntu dalam debut 4.10 sebagai versi petarung dalam menghadapi kerasnya persaingan menghadapi sistem operasi yang terlebih dulu populer di masa itu. Sesuai dengan karakter babi sahara yang memiliki daya adaptasi tinggi, itu pula karakter yang tersemat pada Ubuntu v4.10 yang mengadopsi teknologi Debian. Nama Warty ditambahkan dari tokoh kartun binatang yang menggambarkan sosok babi sahara.


Ubuntu 5.04 Hoary Hedgehog
Setelah hampir 5 bulan sejak dirilisnya versi 4.10, pada tanggal 8 April 2005 dirilis Ubuntu v5.04 dengan nama sandi Hoary Hedgehog. Maskot binatang yang dimaksudkan tidak lain adalah Landak. Ada beberapa jenis landak yang tersebar ke dalam 5 genera di sebagian Eropa, Asia, Afrika, dan Selandia Baru. Mamalia ini memiliki keunikan berupa jubah yang ditumbuhi rambut yang berduri yang menyelemuti sebagian besar tubuhnya. Dalam keadaan ancaman esktrim, duri tersebut dapat terlepas atau semacam ditembakkan dari jubah tersebut. Durinya itu sendiri mengandung racun yang akan meniciptakan infeksi apabila mengenainya. Landak sendiri memiliki imun terhadap racunnya sendiri.



Ubuntu v5.04 merilis sejumlah fitur terbaru yang sekaligus menjadi terobosan di dalam pengembangan distribusi Linux. Di antara fitur terbaru tersebut seperti update manager, upgrade notifier, grepmap, hibernate, standby, dan masih banyak lainnya. Seri Ubuntu kali ini pun telah membolehkan melakukan instalasi via USB. Keseluruhan fitur-fitur baru tersebut merupakan dedikasi pihak distributor Ubuntu untuk menambahkan kenyamanan dan keamanan. Paradigma yang mungkin agaknya menginspirasikan Landak yang memberikan perlindungan bagi dirinya sendiri. Duri-duri yang menyelimuti tubuh bagian punggung yang jumlahnya begitu banyak menggambarkan betapa banyak fitur-fitur baru yang ditambahkan ke dalam versi 5.04. Masih seperti pemberian nama sandi sebelumnya, istilah “Hoary” nampaknya dicomot dari tokoh kartun binatang yang menggambarkan sosok binatang Landak.


Ubuntu 5.10 Breezy Badger
Pada tanggal 12 Oktober 2005, Mark Shuttleworth (pendiri Ubuntu) memperkenalkan maskot baru untuk versi 5.10 yang diberi nama sandi Breezy Badger. Termasuk ke dalam keluarga Musang (Weasel) yang seluruhnya terdapat 11 spesies di dunia. Seluruhnya hampir memiliki kesamaan berupa garis putih tebal (marking) yang membelah wajah dari moncong sampai bagian belakang kepala (lihat gambar di bawah). Nampaknya lebih tepat menggambarkan sosok Badger Eropa atau disebut sub familia European Badger. Secara fisik, Badger memiliki tubuh yang gemuk dan pendek, serta tungkai yang pendek pula. Panjang tubuhnya sekitar 90 centimeter (termasuk ekor) dengan berat sekitar 9,1 sampai 11 kg. Jenis European Badger adalah badger yang paling besar, diikuti oleh jenis badger dari Amerika.



Badger tergolong jenis satwa nokturnal yang melakukan aktivitasnya di malam hari. Hidup di atas tanah, Badger sering menggali-gali tanah untuk mencari makanan, seperti mamalia kecil, cacing, serangga, buah-buahan, umbi, dan akar. Seringkali lubang-lubang bekas galian Badger tersebut akan dimanfaatkan oleh hewan-hewan lain. Badger termasuk satwa yang paling sering menjadi tokoh dalam mitologi, komik, karya sastra, maupun tokoh dalam layar lebar ataupun televisi. Tidak diketahui mengapa Mark memilih tokoh Badger yang kemudian menjadi Breezy Badger sebagai kode sandi 5.10. Dari beberapa sumber menyebutkan, Mark nampaknya hendak mengganti urutan abjad dari Warty Warthog, Hoary Hedghog, lalu menjadi abjad B yang nantinya akan berurutan pada versi berikutnya.


Ubuntu 6.06 (LTS) Drapper Drake
Sejak pertama dirilis, Ubuntu memberikan pelayanan baru yang disebut “Long-term Support” untuk versi awal pengembangan. Tidak seperti biasanya yang selalu diakhiri dengan angka 04, maka pada versi LTS pertama ini diberi kode 06 atau 6.06. Maskot yang digunakan diberi nama sandi “Drapper Drake”. Nama “Drake” merupakan julukan bagi itik jantan. Jenis itik yang dimaksudkan di sini adalah jenis itik yang dijumpai di kawasan sub tropis. Bulu di bagian tubuh berwarna kecoklatan, bervariasi dengan corak warna gelap. Di bagian kepala biasanya berwarna agak gelap, tetapi terkadang bervariasi dengan garis (marking) berwarna terang. Jadi bagi pembaca di Indonesia, itik semacam ini tidak dijumpai di kawasan tropis yang tidak bisa terbang. Bagi masyarakat di Eropa, itik memiliki legenda dari sejak masa Romawi kuno.


Itik terbang seperti yang dikenal hidup di bagian sub tropis merupakan hewan yang berpindah-pindah. Perpindahan tersebut bertujuan untuk mencari makanan, tempat peristirahatan yang lebih hangat, musim kawin, dan musim bertelur. Ada suatu hubungan yang unik di antara masyarakat di Eropa atau Amerika dan itik terbang. Di musim berburu, itik terbang menjadi salah satu sasaran perburuan. Tetapi para pemburu tidak pernah menembak sampai habis. Jika mereka terbang bergerombol, maka yang ditembak hanya rombongan di bagian belakang. Para pemburu pula biasanya jarang yang menembak, ketika hanya ada sepasang itik terbang. Atas filosofi kultural tersebut, maka untuk memahami kebutuhan penggunanya, untuk pertama kalinya Ubuntu menyediakan pelayanan jangka panjang (LTS) dengan dukungan selama 5 tahun.


Ubuntu 6.10 Edgy Eft
Menjelang akhir bulan Oktober 2006, tepatnya tanggal 26 Oktober 2006, Mark Shuttleworth memperkenalkan secara resmi nama sandi untuk versi 6.10, yaitu Edgy Eft. Binatang apakah itu? Ternyata, Eft adalah julukan bagi binatang melata sejenis kadal liar (Newt) yang hidup di wilayah kering. Ada beberapa jenis familia untuk kadal beracun semacam ini, terutama jenis yang hidup di wilayah tropis dataran rendah. Tetapi untuk nama sandi Edgy Eft adalah jenis kadal liar yang hidup di Ontario Selatan hingga Novia Scotia dan Selatan dan Florida di bagian Selatan. Eft memiliki kemampuan amfibi, daya adaptasi lingkungan yang cukup kuat, dan umurnya yang bisa mencapai 20 tahun.


Kadal liar yang berwarna merah menyala ini memiliki nama spesies Notophthalmus viridescens. Di bagian tubuhnya terdapat bercak-bercak (spot) berwarna agak kegelapan. Warnanya bisa berubah ketika berada di atas permukaan tanah di mana tubuhnya berubah menjadi kuning keemasan dengan spot berwarna gelap. Eft memiliki kemampuan beradaptasi di air yang sangat luar biasa, bahkan mampu beradaptasi di air yang sudah tercemar oleh limbah beracun dari pabrik sekalipun. Lebih menyukai tempat yang teduh, seperti dibalik bebatuan maupun karang. Entah bagaimana Mark bisa terinspirasi dari kadal merah yang beracun ini, tetapi untuk pertama kalinya pada versi 6.10 telah dipasangkan fitur automated crash report dan F-Spot Photo Manager.



Ubuntu 7.04 Feisty Fawn
Sahabat mungkin pernah mendengar tokoh fabel yang bernama Bambi yang dikisahkan dengan berbagai versi. Itulah yang menjadi maskot Ubuntu 7.04 dengan nama sandi Feisty Fawn. Sejenis rusa (deer) yang usianya masih tergolong muda atau kadang disebut bayi rusa. Penyebaran binatang ini tergolong cukup luas, terutama di wilayah hutan sub tropis maupun hutan tropis pada dataran rendah dan sedang. Sering pula digunakan sebagai tokoh cerita fabel (cerita binatang), bahkan menjadi tokoh utama dalam animasi dan kartun. Sekalipun usianya masih tergolong muda, seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini, tetapi rusa muda tersebut sudah cukup lincah untuk berlari, melompat, dan berenang.



Mark Shuttleworth nampaknya berupaya untuk merebut pangsa pengguna open source software (OSS) yang berasal dari kalangan muda. Tokoh bambi adalah tokoh fabel yang menjadi idola kalangan muda. Dengan diperkenalkan maskot dan nama sandi Feisty Fawn diharapkan akan mempermudah proses penerimaan dari calon pengguna Ubuntu. Apalagi pada versi 7.04 telah disematkan fitur 'Migration Assistant' untuk memandu pengguna OS Windows, ketika melakukan transisi ke OS Linux. Ubuntu 7.04 Feisty Fawn diperkenalkan ke publik secara resmi pada bulan April 2007.


Ubuntu 7.10 Gusty Gibbon
Ubuntu (Canonical) kali ini mengusung maskot yang sangat dilindungi oleh organisasi perlindungan satwa internasional. Gibbon atau orang Indonesia menyebutnya 'Siamang' menjadi nama sandi untuk Ubuntu 7.10 yang dirilis pada bulan Oktober 2007. Siamang memiliki kawasan penyebaran yang didominasi di hutan tropis Asia Tenggara. Pulau Kalimantan adalah satu-satunya rumah alami Siamang yang terbesar di Asia Tenggara. Keberadaannya di Pulau Sumatera dan Jawa diduga telah mengalami kepunahan di alam liar. Primata yang status konservasinya berada dalam ancaman kepunahan (vulnerable) tersebut memiliki keunikan yang mampu bergerak cepat di antara pepohonan dengan kecepatan sekitar 35 km/jam. Satu-satunya rumah berupa hutan tropis yang diharapkan masih tersisa terdapat di Pulau Kalimantan.



Gibbon atau Siamang memiliki beragam varian yang berbed corak maupun warna bulunya. Di Indonesia biasanya didominasi oleh kelompok berwarna terang dan keabu-abuan. Sekalipun tergolong satwa liar, Siamang relatif mudah hidup di tengah sistem sosial manusia. Tetapi pemerintah Indonesia telah memasukkannya ke dalam daftr fauna yang dilindungi. Dengan menggunakan maskot tersebut, Mark nampaknya mencoba melakukan pendekatan ke pengguna OSS di Asia Tenggara untuk memperkenalkan Ubuntu. Pada versi 7.10, Gusty Gibbon telah diperlengkapi dengan fitur AppArmor sebagai fitur keamanan aplikasi. Ini dimaksudkan untuk mencegah penyusupan program yang tidak diinginkan (semacam virus) melalui aplikasi. Di Asia Tenggara pula, nama Gusty Gibbon pun mulai ramai diperbincangkan di kalangan pengguna OS Linux, termasuk pula di Indonesia. 


Ubuntu 8.04 (LTS) Hardy Heron
Heron atau dalam bahasa Indonesia disebut burung bangau adalah aves pertama yang digunakan sebagai maskot Ubuntu 8.04 (LTS) dengan nama sandi 'Hardy Heron'. Maskot tersebut secara resmi diperkenalkan pada peluncuran di bulan April 2008. Pada umumnya, burung bangau singgah di lokasi yang terdapat ikan, seperti di pesisir, di bagian teluk, atau di sungai. Paruhnya yang sangat panjang berguna untuk menangkap ikan. Kakinya yang panjang memudahkannya untuk mencari ikan di sungai dangkal. Terkadang, burung bangau menangkap ikan sambil sambil melayang di atas air. Ketika terbang, lehernya ditekuk hingga terlihat menyatu dengan badannya untuk mencapai aerodinamika yang ideal ketika terbang jauh.



Burung bangau ditemukan di hampir seluruh wilayah yang memiliki iklim tropis. Film-film barat biasanya menggambarkan burung bangau tidak jauh berada di pesisir, pelabuhan kecil, ataupun sungai-sungai yang tidak jauh pula dari teluk. Tokoh burung bangau pula muncul dalam film animasi Pixar Studio berjudul 'Finding Nemo'. Heron adalah nama julukan yang diberikan kepada burung bangau, karena keindahannya. Melalui karakter tersebut, Ubuntu untuk pertama kalinya memperkenalkan fitur instalasi yang menyertakan Wubi ke dalam Live CD. Versi 8.04 (LTS) adalah LTS yang kedua.


Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex
Ibex adalah nama lain dari sebutan kambing gunung (mountain goat) yang memiliki tanduk berbentuk melengkung ke belakang. Nama sandi Intrepid Ibex diperkenalkan oleh Mark Shuttleworth pada peluncuran Ubuntu 8.10 pada bulan Oktober 2008. Kambing gunung termasuk satwa unik yang sering dijadikan simbol, obyek artefak kuno, karena ketangguhannya. Hidup di pegunungan, terkadang pula di antara bebatuan yang terjal. Ibex dapat naik ataupun turun pegunungan dengan cukup lincah untuk menghindari atau lari dari pemangsanya. Tanduknya dipergunakan untuk berkelahi memperebutkan pimpinan kelompok ataupun betina. Dalam pertarungan tersebut biasanya dilakukan sampai mati.



Sesuai dengan namanya, Ibex hanya ditemukan pada dataran tinggi di sepanjang kawasan sub tropis. Ada yang memberikan sebutan Alpine Ibex, karena kambing gunung ini sering terlihat di pegunungan Alpen (Swiss). Variannya tidak banyak, kecuali hanya memiliki pola tanduk yang bervariasi. Para fotografer biasanya mengabadikan momen Ibex, ketika tengah berada di bagian sisi tebing. Dari karakter Ibex tadi, Mark memperkenalkan kemampuan Ubuntu yang sudah bisa digunakan untuk keperluan mobile computing.


Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope
Nama Jackalope adalah nama mitos fabel dari legenda rakyat di Amerika Utara yang menceritakan sosok Jackrabbit. Sosok yang tubuhnya mirip kelinci, tetapi di bagian kepalanya memiliki tanduk seperti tanduk rusa (deer). Pada bulan April 2009, Mark Shuttleworth memperkenalkan Ubuntu 9.04 dengan nama sandi 'Jaunty Jackalope'. Legenda tentang kelinci bertanduk tersebut tumbuh di cerita rakyat di negara-negara Eropa yang menjadi rumah (habitat) alami. Di Amerika Serikat pun tumbuh legenda serupa yang dibawa dari Eropa. Warna bulu di sekujur tubuhnya bervariasi, seperti berwarna cokelat dengan gradasi kuning keemasan dan ada pula yang berwarna putih (di bagian yang bersalju). Perilakunya tidak ubahnya seperti kebanyakan kelinci hutan, seperti melompat dan berlari dengan menggunakan sepasang tungkainya. Mereka hidup secara solitare atau jarang terlihat dalam sebuah kawanan, kecuali induk dan anak-anaknya. Tanduk pada Jackalope tumbuh setelah menjelang dewasa.


Sejak pertama kali ditemukan dalam ekspedisi sains di tahun 1920, kemunculan Jackalope sempat menjadi perdebatan. Jackalope sangat sulit ditemukan, karena perilakuanya yang jarang menampakkan diri di alam terbuka. Baru setelah beberapa tahun kemudian diketahui apabila tanduk pada Jackalope diduga merupakan efek dari sebuah virus yang menggerogoti tubuh di bagian kepala. Jenis virus yang dimaksudkan adalah virus papillomavirus yang efeknya bisa menumbuhkan bagian tubuh seperti akar pepohonan. Hal ini diperkuat pula dengan tidak adanya pola yang seragam di antara tanduk-tanduk yang tumbuh di tubuh mereka. Tetapi di sinilah keunikannya, Jackalope menjadi bagian dari legenda cerita rakyat yang masih dibawakan dalam dongeng 1001 malam. Seiring dengan diperkenalkan karaktera Jaunty Jackalope, Ubuntu 9.04 telah disematkan keunggulan boot yang lebih cepat dan mengintegrasikan web applications and services dengan desktop interface.


Ubuntu 9.10 Karmic Koala
Inilah Ubuntu yang pertama kali saya pergunakan dan sekaligus pertama kali saya mengenal Linux di tahun 2010. Sobat tentu lebih familir dengan nama Koala yang menjadi maskot wisata Australia. Mark Shuttleworth memperkenalkan Ubuntu 9.10 dengan nama sandi 'Karmic Koala' pada bulan Oktober 2009. Cukup unik, karena Koala bukan tergolong ke dalam familia beruang. Koala memiliki kuku dan cengkeraman yang sangat kuat, sehingga tidak mengherankan sepanjang hidupnya dihabiskan di pepohonan. Jarang sekali terlihat berada di atas tanah, kecuali hanya berpindah dari satu pohon ke pohon yang lain. Sumber makanannya pun tumbuh-tumbuhan di pepohonan, mirip dengan Panda. Koala betina biasanya akan menggendong anaknya sambil mencengkeram pepohonan. Koala pula termasuk jenis binatang yang memiliki kantung seperti halnya Kangguru.


Di antara nama-nama maskot yang pernah digunakan Ubuntu, mungkin hanya Koala yang paling populer. Koala hanya bisa dijumpai di Australia bagian Selatan, serta menjadi salah satu binatang yang sangat dilindungi oleh pemerintah Australia. Mereka membuatkan sebuah taman khusus yang diperuntukkan bagi ruang konservasi Koala. Mark sendiri nampaknya memiliki kesan dengan menggambarkan keunikan pada Koala yang kemudian dihubungkan dengan kemampuan terbaru pada Ubuntu 9.10. Adapun kemampuan dan fitur terbaru yang disematkan berupa Cloud Computing (Eucalyptus), kemudian mengganti Pidgin dengan multi messenger Empathy, serta diperkenalkan debut aplikasi Ubuntu Software Center.


Ubuntu 10.04 (LTS) Lucid Lynx
Mungkin hanya sedikit sahabat yang pernah mendengar kucing liar yang mendapat julukan Lynx. Mark Shuttleworth menggunakannya sebagai maskot Ubuntu 10.04 yang diperkenalkan dengan nama sandi 'Lucid Lynx' pada bulan April 2010. Ada 4 jenis (genus) kucing liar berukuran sedang yang merujuk pada nama Lynx, yaitu Eurasian lynx, Canada lynx, Iberian lynx, dan Bobcat. Penyebaran mereka hanya bisa ditemukan di wilayah dataran tinggi di kawasan pegunungan sub tropis atau di daerah dingin (bersalju). Mereka memiliki ciri berupa telinganya yang runcing ke atas. Sebenarnya tidak demikian, bagian yang runcing tadi merupakan semacam bulu kaku yang meruncing ke atas, sehingga terkesan menyatu dengan telinganya. Kemudian di bagian bawah rahang terdapat bulu yang tumbuh menyerupai jambang seperti pada manusia. Warna ataupun corak tubuhnya pun bervariasi di antar 4 genus Lynx. Seperti Bobcat malah terdapat corak totol (marking) yang penyebarannya tidak berpola di sekujur tubuhnya. Lynx di Kanada dapat dijumpai di kawasan bersalju.


Lucid Lynx seperti pada maskot Ubuntu 10.04 mirip dengan kucing liar Persia atau kucing liar Afrika. Kebetulan mereka pun memiliki tanda yang serupa pada bulu di bagian ujung telinga yang meruncing ke atas. Kebetulan pula genusnya pun sama, kecuali hanya berbeda pada kawasan dan iklim yang menjadi tempat mereka bertahan hidup di alam liar. Bila sahabat pernah mendengar film kartu 'The Thunder Cat', maka di situlah kucing liar ini dijadikan sebagai salah satu tokoh utamanya. Lynx termasuk satwa yang eksotis, serta memiliki kemampuan beradaptasi yang cukup tinggi. Itu sebabnya, pihak IUCN (Red List) masih menganggap satwa ini tergolong masik eksis atau lestari (least concern). Hal tersebut dimungkinkan, karena kucing liar ini mungkin sudah mulai bisa dikembangbiakkan secara terbatas. Maskot Lucid Lynx ini pula yang menjadi penanda ditambahkan pelayanan LTS untuk yang ketiga kalinya, serta penambahan fitur 'Light New Theme' dan penambahan dukungan driver. Layanan Ubuntu berkode 10.04 ini akan berakhir pada bulan Maret 2013 mendatang.


Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat
Sahabat mungkin jarang mendengar nama satwa yang dikenal memiliki sistem sosial paling kuat di dunia. Mark Shuttleworth menjadikannya sebagai maskot Ubuntu 10.10 dengan nama sandi 'Maverick Meerkat' pada bulan Oktober 2010. Meerkat selalu ditemukan dalam kelompok besar yang bisa dijumpai pada alam liar di Afrika Selatan. Sesuai dengan habitatnya, mereka memiliki julukan 'Kalahari Meerkat'. Meerkat memiliki kebiasaan menggunakan tungkai belakangnya untuk menyangga tubuhnya, seolah seperti sedang berdiri di atas kedua kakinya. Satu kelompok kecil Meerkat bisa terdiri atas 20 ekor. Sedangkan pada kelompok besar bisa ditemukan sampai sebanyak 50 ekor. Meerkat merupakan tokoh dari legenda cerita rakyat di Afrika yang dikenal sebagai titisan 'Sun Angle' yang melindungi perkampungan dari 'moon devil' ataupun serigala jadi-jadian. Kebanyakan laporan sains menyebutkan, Meerkat tidak takut didekati oleh manusia.


Dalam film animasi garapan Walt Disney, Meerkat dimasukkan menjadi tokoh yang bernama Timon (sahabat Pumbaa). Apabila sahabat pernah mendengar atau menonton film 'Life of Pi', di situ Meerkat dimunculkan kembali sebagai tema latar cerita. The BBC Films mengangkatnya ke dalam film semi dokumenter berjudul 'The Meerkat'. Berdasarkan karakter tersebut, Ubuntu 10.10 telah disematkan desktop environment Unity Interface untuk yang pertama kalinya dan opsi instalasi pada netbook. Ubuntu kali ini harus bisa melihat lebih jauh sasarannya berupa pengguna dari kalangan Windows yang hendak bermigrasi ke Linux.


Ubuntu 11.04 (LTS) Natty Narwhal
Inilah untuk pertama kalinya Mark Shuttleworth menggunakan satwa air (aquatic animal) sebagai maskot Ubuntu. Dirilis pada bulan April 2011, Ubuntu 11.04 (LTS) menggunakan nama sandi 'Natty Narwhal'. Mungkin tidak banyak di antara pembaca yang mengetahui binatang apakah itu Narwhal. Nama tersebut dipendekkan dari Narwhale, yaitu sejenis keluarga (familia) ikan paus (whale) yang hidup di perairan Artik (kutub Utara) di antara Canadian Arctic hingga perairan Greenland. Mereka memiliki keunikan berupa tombak yang sesungguhnya merupakan taringnya yang menjorok ke keluar menyerupai pedang. Sangat langka sekali ciri khas demikian dimiliki oleh satwa-satwa akuatik. Narwhale termasuk ke dalam keluarga beluga, seperti halnya dengan pesut Mahakam. Ukuran tubuhnya pun sedikti lebih besar ketimbang pesut di Kalimantan.


Sekalipun berada di habitat yang relatif jarang dijangkau oleh manusia, tetapi IUCN melaporkan populasinya yang terus merosot sejak 2005. Status konservasinya saat ini adalah mendekati ancaman kepunahan di alam liar atau 'Near Threatened' (NT). Paus Narwhal memiliki ancaman alami seperti Orca atau disebut juga paus pembunuh, tetapi ancaman alami tersebut bukan menjadi penyebab merosotnya populasi Narwhal dalam beberapa tahun belakangan ini. Narwhal memiliki pula legenda dari cerita rakyat Eropa yang mengisahkan tentang jelmaan dari Unicorn. Sebagian masyarakat di Eropa meyakini pula, bentuk tanduk tersebut memiliki khasiat penyembuh. Para pelaut Viking pernah memperdagangkan tanduk Narwhal dengan seharga emas. Seorang penulis legendaris, Jules Verne pun pernah memasukkannya ke dalam tokoh pada bukunya “Twenty Thousands Leagues Under The Sea”. Untuk yang pertama kalinya pula, dengan menggunakan maskot 'Natty Narwhal', Ubuntu 11.04 (LTS) menjadikan Unity sebagai antarmuka (interface) standar yang masih dibawa hingga versi 12.10. Salah satu di antara antarmuka Unity yang diperkenalkan adalah Unity Launcher dan Unity Lens yang sekaligus menjadi ciri khas Ubuntu versi 11.04 dan sesudahnya, bahkan kemungkinan besar hingga dikeluarkannya versi 13.04 pada bulan April mendatang.


Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot
Jika dilihat dari penampakannya, Ocelot yang digambarkan sebagai maskot Ubuntu 11.10 adalah sejenis kucing hutan yang hidup di sepanjang Amerika Selatan, Tengah, hingga ke Meksiko, serta terkadang terlihat pula di Texas dan Arizona. Mark Shuttleworth menjadikannya sebagai maskot Ubuntu dengan nama sandi 'Oneiric Ocelot'. Ocelot adalah sebutan dari Dwarf Leopard atau Leopard Kerdil. Ukurannya memang kecil, hanya lebih besar sedikit dari kebanyakan kucing domestik (kucing piaraan manusia). Ocelot bahkan lebih kecil daripada macan dahan (cloud leopard) yang hidup di belantara Kalimantan. Secara visual, corak loreng (marking) pada Ocelot mirip sekali dengan macan dahan, kecuali yang bisa membedakan hanya ukuran tubuh dan kebiasaan hidup. IUCN melaporkan status konservasinya adalah lestari (least concern) pada tahun 2008, setelah sempat dinyatakan berstatus 'endangered spesies' di tahun 1996.


Ocelot nampaknya cukup dekat dengan kultur atau budaya masyarakat Amerika Latin. Salvador Dali sering membawanya di setiap perjalanan ataupun persinggahannya. Masyarakat Moche kuno di Peru mengabadikan Ocelot ke dalam artefak ataupun menjadi simbol keagamaan. Penampakannya memang cukup eksotik, sehingga mendorong banyak orang di Amerika Latin untuk menjadikannya sebagai hewan piaraan. Nampaknya Mark mencoba untuk merilis versi terbaru dengan melakukan pendekatan ke calon pengguna OS Linux di Amerika Latin. Pada versi 11.10 telah disematkan fitur DVD Imaging, dukungan kompatibilitas 32 bit, GNOME 3, dan lain-lain.


Ubuntu 12.04 (LTS) Precise Pangolin
Nama Indonesianya adalah trenggiling, yaitu sejenis mamalia yang sekujur tubuhnya dilapisi oleh sejenis keratin atau sisik keras yang berfungsi sebagai perlindungan. Ubuntu 12.04 menggunakan maskot yang diberi nama sandi 'Precise Pangolin' pada rilis resminya di bulan April 2012. Penyebarannya cukup besar, tetapi jenisnya berbeda-beda, sesuai dengan lokasi dan kebiasaannya. Salah satu yang cukup dikenal di Indonesia seperti 'Sunda Pangolin' (Manis javanica). Ketika direntangkan, panjang tubuhnya mencapai 30 sampai 100 cm. Binatang ini memiliki moncong yang agak runcing dan lidahnya yang dapat menjulur sepanjang 40 cm. Fungsi lidah tersebut untuk mengambil makanan kesukaannya berupa serangga di dalam pepohonan. Sekalipun banyak dijumpai di beberapa tempat, tetapi trenggiling atau Pangolin termasuk satwa yang cukup populer, karena keunikannya.


Disematkan kata 'Precise' sebenarnya merujuk pada ketepatan atau akurasi sisik-sisiknya, ketika mereka melengkungkan tubuhnya membentuk bulatan. Cengkeraman sisik-sisiknya sangat menentukan kekuatan lengkungan, sekaligus menentukan pula ketika merenggangkan kembali. Inilah bentuk perlindungan alami yang dimiliki oleh trenggiling, ketika menghadapi bahaya dari pemangsa-pemangsanya. Inilah yang menginspirasi tim pengembang Ubuntu untuk menjadikannya sebagai maskot pada versi 12.04 (LTS).


Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal
Quetzal adalah sebangsa burung dengan familia Trogonidae yang hidup di Meksiko bagian Barat dan Guatemala. Cukup terbatas penyebaraannya, bahkan IUCN telah melaporkan status konservasinya mendekati ancaman kepunahan atau 'Near Threatened' (NT) pada tahun 2010. Mark Shuttleworth memperkenalkannya pada rilis Ubuntu 12.10 di bulan Oktober 2010 dengan nama sandi 'Quantal Quetzal'. Burung eksotik ini hidup di hutan belantara tropis. Keunikannya terletak pada warna bulu dan jambul di atas kepalanya. Warna bulunya didominasi oleh warna hijau dan merah di bagian dada hingga ke pangkal ekor. Cukup kontras apabila disaksikan di siang hari, sehingga dikenal sebagai burung yang eksotik. Panjang tubuh keseluruhan bisa mencapai 32 cm. Quetzal adalah binatang solitare yang tidak ditemukan dalam sebuah kelompok.


Sosok Quetzal sesungguhnya cukup akrab di kalangan penggemar game Angry Birds. Seluruh tokoh aves yang digunakan dalam Angry Birds adalah sejenis burung-burung dengan pesona eksotik, seperti halnya dengan Quetzal. Dalam rilisnya pada peluncuran Ubuntu 12.10, Mark Shuttleworth menggambarkan sosok Quetzal ke dalam fitur-fitur Ubuntu yang telah mengadopsi 'tessalted technicolour', serta telah membuka akses untuk toolchains, kernels, dan berbagai paket preparatori.


Ubuntu 13.04 (LTS) Raring Ringtail
Ringtail yang memiliki nama latin Bassariscus astutus adalah sejenis mamalia dalam keluarga (familia) raccoon atau binatang yang menyerupai kucing. Julukan lainnya berupa ringtail cat, ring-tailed cat atau marv cat. Terkadang pula ada yang menyebutkan dengan sejenis musang (civet cat). Pada bulan April 2013 mendatang, Mark Shuttleworth akan memperkenalkan secara resmi Ubuntu 13.04 (LTS) dengan nama sandi yang hampir bisa dipastikan adalah 'Raring Ringtail'. Ringtail yang menjadi maskot Ubuntu 13.04 tersebut adalah sejenis Rintail yang memiliki penyebaran di sepanjang Amerika bagian Tengah. Ciri khas pada Ringtail terletak pada bulu ekornya yang memanjang, bahkan bisa lebih panjang daripada badannya sendiri. Corak warna pada bulunya pun unik, berupa belang putih dan hitam. Mata Ringtail yang cukup lebar menandakan Ringtail lebih banyak menghabiskan waktunay di malam hari. Keunikan lain terletak pada engsel kakinya yang dapat berputar hingga 180 derajat, sehingga cukup memungkinkan untuk menopang kemampuan memanjat pada pepohonan.


Ringtail termasuk hewan yang cukup dikenal dalam sejumlah film layar lebar maupun serial televisi. Ciri khas ekornya yang membuat perbedaan dengan kebanyakan tokoh maupun karakter kartun binatang lainnya. Di sejumlah tempat menjadi simbol, ikon, ataupun brand pada tempat maupun produk-produk tertentu. Hingga tulisan ini diposting, kabarnya Ubuntu 13.04 akan memberikan kesan yang berbeda, terutama pada Unity Launcher yang didesain menjadi lebih menarik dan multifungsi. Kita tunggu saja.

Sumber gambar:
1. Wikipedia
2. Wep Upd8

3 comments:

Anonim mengatakan...

ubuntu memang keren...

Anonim mengatakan...

Wow keren.

septiyo uchsun mengatakan...

Makasih Penjelasannya,
mas mau Ralat Dikit, versi 13.04 Raring Ringtail itu bukan LTS , Trusty Tahr yg LTS. :) Saya juga penggemar Linux terutama Turunan Debian ubuntu sampe Linux Mint.


HIdup Open Source

Poskan Komentar