19 April 2013

INSTALL COVERGLOOBUS (NOW PLAYING) DI UBUNTU 11.10, 12.04/12.10, 13.04 DAN LINUX MINT 13/14

Now Playing adalah fitur desktop yang berfungsi sebagai indikator atau penanda untuk mengetahui lagu (song) yang aktif diputar oleh pemutar musik (music player). Setelah mencari melalui Google, akhirnya penulis mendapati aplikasi desktop yang memiliki fitur Now Playing lebih baik ketimbang Screenlets. Cara instalasinya pun cukup mudah, bahkan bisa pula di-install pada Linux Mint 13/14. Simak ulasannya pada posting di sini.


Screenlets sebenarnya sudah menyediakan koleksi widget yang memiliki fitur Now Playing. Tetapi widget tersebut memiliki dukungan yang terbatas ke beberapa media/music player. Sayangnya, Clementine tidak masuk ke dalam daftar music player yang di-support oleh Screenlets Now Playing. Padahal, Clementine termasuk salah satu music player yang cukup banyak digunakan oleh kalangan pengguna Ubuntu. Fitur-fiturnya pun masih terbatas, sehingga tidak cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan widget Now Playing.

Setelah mencari di seluruh kanal Google, akhirnya menemukan CoverGloobus. Widget yang secara khusus didesain untuk memberikan fungsi Now Playing, bahkan menyajikan fungsi yang lebih banyak ketimbang hanya menampilkan indikator music player. Inilah tampilan CoverGloobus pada desktop Ubuntu 13.04.



CoverGloobus di atas adalah versi 1.7. Saya agak kesulitan mencari teknik atau cara yang mudah untuk menginstal CoverGloobus. Pada beberapa sumber mengharuskan untuk menggunakan teknik compile tarbal. Agak merepotkan, karena belum tentu pula akan terpasang atau berjalan seperti yang diinginkan. Ada pula satu sumber yang menawarkan teknik instalasi standalone. Tetapi teknik standalone ini pun agak merepotkan, karena harus lebih banyak melakukan pengaturan pada konsol terminal. Sampai akhirnya saya menemukan artikel berbahasa Spanyol di sini. Sekalipun tidak dimengerti, tetapi petunjuknya cukup jelas. Bagian yang menarik, teknik yang diuraikan hanya menggunakan instalasi file berekstensi .deb atau jenis file install yang bisa digunakan pada Ubuntu dan Linux Mint. Inilah tautan file instalasi CoverGloobus untuk Ubuntu 11.10 sampai 13.04 dan Linux Mint 13/14.

Covergloobus v1.7.3 32 bit (3.0 Mb): covergloobus_1.7.3_i386.deb
Covergloobus v1.7.3 64 bit (3.1 Mb): covergloobus_1.7.3_amd64.deb

Update terbaru telah masuk ke versi 1.7.6:

Covergloobus v1.7.3 32 bit (3.0 Mb): covergloobus_1.7-6_i386.deb
Covergloobus v1.7.3 64 bit (3.1 Mb): covergloobus_1.7-6_amd64.deb



Cukup klik salah satu tautan (link) di atas, nanti browser secara otomatis akan mengarahkan pada opsi penyimpanan file. Pilihlah salah satu di antaranya yang sesuai dengan platform sistem operasi saat ini. Jalankan file tersebut melalui dobel klik. Jika saat ini menggunakan Ubuntu, nanti secara otomatis akan diarahkan ke Ubuntu Software Center. Pada artikel tersebut telah dicobakan untuk Ubuntu versi 11.10, 12/04, dan 12.10. Saya sudah mencobanya pada Ubuntu 13.04 Raring Ringtail (daily build). Ubuntu ternyata tidak bermasalah dengan repositori dari CoverGloobus. Setelah selesai proses instalasinya, aplikasinya bisa ditemukan pada menu [Accessories] atau ketik pada Dash Menu dengan nama CoverGloobus. Cukup mudah bukan? Tampilan CoverGloobus ketika pertama kali dijalankan akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.



Posisinya pertama kali akan ditampilkan pada area kiri atas di layar desktop. Langkah pertama adalah melakukan pengaturan untuk memilih music player dan mengatur fitur-fiturnya, termasuk tema. Arahkan kursor mouse pada area CoverGloobus, kemudian klik tombol kanan mouse untuk menampilkan context menu (lihat gambar di atas). Pilih opsi [Configure] untuk masuk ke jendela CoverGloobus Configuration.



Untuk memilih media/music player hendak dijadikan sebagai base player, masuklah ke sub bagian [Plugin] pada tab [General]. Klik tombol drop down menu, nanti akan muncul tampilan berupa pilihan media/music player yang tersedia. Seperti pada gambar di atas, terdapat sebanyak 25 media/music player yang didukung oleh CoverGloobus, bahkan seperti VLC media player. Jangan lupa, VLC memiliki fungsi pula sebagai music player dengan fitur yang tidak kalah dengan music player lainnya. Opsi pengaturan lain pada tab [General]:


[Show cover on docks], menampilkan cover album atau album art dari masing-masing lagu yang aktif diputar.
[Show time on docks], menampilkan informasi waktu berupa progress lagu yang aktif putar.
[Lyrics/tablatures], pengaturan untuk tampilan song lyric maupun tablatur (kunci nada) untuk setiap lagu yang aktif diputar. Jika tidak menghendaki untuk menampilkan song lyric maupun tablatures, kosongkan saja kedua opsi pengaturannya.
[Refresh lyrics/tab when song change], melakukan refresh ketika lagu berganti diputar
[Cache lyrics/tab] menyimpan sementara lyrics/tab yang pernah ditampilkan

Di bagian bawah terdapat pengaturan [Miscellaneous] yang berisikan opsi sebagai berikut:
[Start at login], mengaktifkan CoverGloobus setiap kali restart ataupun login
[Hide when player is closed], menyembunyikan widget ketika media/music player tidak diaktifkan.
[Show status icon in system tray], menampilkan status aktif pada system tray (panel bar)
Kemudian pada tab [Interface] terdapat opsi pengaturan seperti di bawah ini.



[Always on top], selalu ditampilkan di atas tampilan desktop lainnya
[Stick on desktop], selalu ditampilkan pada desktop
[Start position], mengatur letak CoverGloobus pada layar desktop. Lokasi CoverGloobus bisa pula dipindahkan secara manual melalui desktop.
[Resize window], mengatur ukuran CoverGloobus
[Show background], menampilkan warna latar belakang CoverGloobus
[Open lyrics/tab in], memberikan pilihan untuk menampilkan lyrics/tab pada jendela baru (new window), jendela yang terpisah (separate window), atau pada jendela yang sama (same window).
[Long text], dukungan untuk teks panjang, seperti judul lagu yang ditentukan berdasarkan masing-masing tema (defined by theme), menampilkan tampilan scroll (scroll), menampilkan teks yang terpotong (cut), ditampilkan secara elips berdasarkan kata (ellipsize by word), dan ditampilkan secara elips berdasarkan karakter (ellipsize by character).

Pengaturan lokasi atau penempatannya pada bidang layar desktop sebenarnya lebih direkomendasikan dilakukan melalui layar desktop. Cukup hanya dengan meng-click and hold pada CoverGloobus widget, kemudian dipindahkan secara bebas pada bidang layar desktop. Tetapi untuk mengatur ukuran widget harus dilakukan melalui pengaturan pada tab [Interface]. Sekarang akan ditampilkan pengaturan tema dan tema yang tersedia dari CoverGloobus seperti pada gambar di bawah ini.



Secara default, CoverGloobus menyediakan sebanyak 18 tema seperti yang diperlihatkan pada gambar di atas. Menurut saya, koleksi default-nya sudah cukup bagus dan cukup beragam. Tetapi jika hendak menambahkan koleksi tema, masuklah ke halaman tema CoverGloobus. Kemudian unduh (download) tema (theme) yang dikehendaki, simpan pada folder tertentu. Pada opsi pengaturan tab [Theme], klik tombol [Install New Theme], lalu pilihlah tema yang tadi sudah diunduh.

CoverGloobus menampilkan cover-art berdasarkan informasi music-tag yang terdapat di masing-masing file .mp3. CoverGloobus bisa pula mencarikan cover-art dair folder tertentu yang telah tersimpan arsip cover-art ataupun mencarikan dari sumber lain di internet. Tetapi untuk song lyrics maupun tablatures harus dilacak atau dicari dari sumber lain di internet.



Setelah selesai melakukan mengaturan, simpan hasilnya dengan tombol [Save]. Jalankan media/music player favorit Anda. Lakukan pengaturan ulang untuk mengkonfigurasi tampilannya agar sesuai dengan yang Anda diinginkan. Gambar di bawah ini tampilan CoverGloobus yang ditampilkan bersamaan dengan opsi Song Lyrics.



Selamat mencoba, semoga sukses. Amin.

1 comments:

imam ciprut mengatakan...

Keren sob

www.kiostiket.com

Poskan Komentar