31 Desember 2011

WINDOWS 7 AKHIRNYA MELAMPAUI XP

Tepat tanggal 1 November 2011 lalu, Windows 7 akhirnya mampu melampaui Windows XP. Hal ini dilansir oleh situs StatCounter untuk kategori 5 besar sistem operasi (operating system). StatCounter mendapati sebanyak 4 OS populer, yaitu XP, Seven, Vista, MacOSX, dan Linux. Berikut ulasannya, khusus untuk OS Windows.

Windows XP dinilai sebagai sistem operasi yang paling sukses yang pernah ada dan dibuat oleh Microsoft. Sejak pertama dirilis pada tahun 2001, XP mendominasi pengguna komputer di seluruh dunia. Disamping itu, Windows XP pula dinilai paling lama bertahan hingga dikeluarkan tiga pengembangan Service Pack (SP). Pihak Microsoft pula merilis dua varian untuk XP, yaitu varian 32 bit dan 64 bit (hanya sampai SP2). Nampaknya, pihak Microsoft mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan suksesi sistem operasi.



Pada grafik StatCounter di atas terlihat untuk trend pengguna OS 7 diperlihatkan pada garis berwarna kuning, sedangkan trend pengguna OS XP diperlihatkan dengan garis berwarna biru. Pengguna OS Vista diperlihatkan dengan garis berwarna hijau. Peningkatan trend garis OS 7 bisa dijelaskan sebagai akibat trend penurunan OS XP dan OS Vista. Terlihat pula di atas apabila trend garis pengguna OS Mac relatif tidak banyak mengalami perubahan.

Windows 7 dirilis resmi pertama tanggal 22 Juli 2009. Membutuhkan lebih dari 2 tahun lamanya untuk bisa menandingi XP. Tahun 2010 lalu, pihak Microsoft secara resmi telah menghentikan layanannya (pengembangan service pack) untuk Windows XP. Berbagai cara dilakukan, termasuk dengan menurunkan harga paket untuk Seven Home hingga Ultimate Edition. Trend pengguna XP memang mulai menurun sejak Microsoft merilis Vista tahun 2006 lalu. Namun, trend penurunan pengguna XP semakin tajam setelah dirilis OS Windows 7. Ini berarti, Microsoft harus mengandalkan dua produk sistem operasi untuk dapat mengalihkan pengguna XP.

Sekalipun terus mengalami penurunan, akan tetapi diperkirakan pengguna XP masih akan terus eksis hingga beberapa tahun mendatang. Setidaknya masih di atas pengguna Vista, MacOSX maupun Linux. Faktor reliabilitas sistem hingga pada XP SP3 yang membuatnya tetap masih dipercaya untuk menangani sistem operasi.

0 comments:

Poskan Komentar