27 Juli 2012

Perbandingan Pengguna Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi

Ada dua cara untuk melihat pangsa pengguna smartphone, yaitu berdasarkan data penjualan dan berdasarkan penggunaan sistem operasi (mobile OS). Di sini akan diulas data yang dihimpun dari StatCounter untuk mengetahui jumlah pengguna smartphone berdasarkan sistem operasinya. StatCounter melacak berdasarkan akses internet, sehingga akan mereduksi pola kesamaan berdasarkan IP Address smartphone. Ulasan akan dibagi dalam beberapa kelompok, yaitu pengguna di seluruh dunia, Asia, dan Indonesia.

BlackBerry merupakan jenis ponsel pintar atau smartphone yang dioperasikan dengan menggunakan sistem operasi (operating system atau OS mobile). Seperti halnya pada komputer, sistem operasi tersebut akan mengatur keseluruhan manajemen data, aplikasi, dan fungsi maupun fitur smartphone. OS BlackBerry termasuk jenis OS tertutup, seperti OS Windows Mobile dan iOS (iPhone), SymbianOS, dan lain sebagainya. Satu-satunya yang menggunakan platform terbuka hanya Android (Google). Di sini akan diulas data dari periode bulan Maret 2011 hingga Juni 2012 dari GlobalStat StatCounter.

Pengguna Smartphone Dunia

Pengguna SymbianOS (Nokia) yang semula menguasai jumlah pengguna terlihat mulai mengalami penurunan drastis sejak bulan Maret 2012, bahkan grafiknya terlihat di bawah pengguna Android dan iOS sejak bulan April 2012. Pengguna iOS (iPhone) yang semula sempat mengalami penurunan sejak bulan Januari 2012 mulai menanjak di bulan Agustus 2011 hingga Juni 2012. Pengguna Android terlihat terus mengalami tren peningkatan sejak Maret 2011 hingga Juni 2012. Posisi jumlah pengguna Android terlihat lebih besar ketimbang iOS pada bulan April 2012. Sejak bulan Maret 2011 (dan periode sebelumnya), tren pengguna BlackBerry OS terus menunjukkan tren penurunan di level dunia, bahkan jauh di bawah Series 40 pada bulan Juni 2012.

Pengguna Smartphone Asia

Setelah sebelumnya mengalami fluktuasi, jumlah pengguna SymbianOS (Nokia) mulai memperlihatkan tren penurunan sejak bulan Desember 2011. Sekalipun terus mengalami penurunan, jumlah pengguna SymbianOS masih lebih tinggi dibandingkan kelompok pengguna sistem operasi mobile lainnya hinga bulan Juni 2012. Jumlah pengguna Android di Asia masih mmperlihatkan tren meningkat di sepanjang periode hingga bulan Juni 2012. iOS (iPhone) nampaknya kurang mendapatkan tempat yang istimewa di Asia di mana grafik jumlah pengguna iOS di Asia terlihat berfluktuatif di bawah jumlah pengguna Samsung OS. Cukup mengejutkan, Series 40 mampu melampaui jumlah pengguna Android, Samsung, ataupun iOS sejak bulan Maret 2012. Mengenai jumlah pengguna BlackBerry OS terlihat terus menurun trennya sejak bulan Juni 2011 hingga May 2012 di mana hanya peningkatan yang relatif rendah pada bulan Juni 2012. Bisa dikatakan jumlah pengguna BlackBerry OS di Asia masih jauh di bawah SymbianOS, Android, Samsung, dan iOS.

Pengguna Smartphone di Indonesia

Sekalipun mengalami fluktuasai yang begitu dinamis, jumlah pengguna SymbianOS di Indonesia nampaknya masih menempati peringkat pertama dari bulan May 2011 hingga Juni 2012. Tren penurunan jumlah pengguna SymbianOS baru mulai terlihat sejak bulan Desember 2011. Jumlah pengguna BlackBerryOS sempat menempati peringkat kedua antara bulan Maret 2011 hingga Juli 2011. Tren penurunan jumlah pengguna BlackBerry OS mulai terlihat sejak bulan Mei 2011 hingga Mei 2012 di mana pada bulan Juni 2012 sempat mengalami kenaikan 4,45%. Sekalipun masih di bawah jumlah pengguna SymbianOS, tetapi jumlah pengguna Android di Indonesia terus memperlihatkan tren meningkat sejak bulan Maret 2011, bahkan jauh di atas jumlah pengguna BlackBerry OS pada bulan Agustus 2011. iOS (iPhone) nampaknya kurang banyak diminati di Indonesia. Jumlah pengguna iOS seperti pada grafik di atas diperlihatkan masih di bawah jumlah pengguna BlackBerryOS maupun Android di sepanjang periode.

Sayangnya pihak GlobalStat Statcounter tidak memberikan perincian data aktual mengenai jumlah pengguna untuk masing-masing kriteria. Dari pihak GS StatCounter hanya menghimpun dari sejumlah halaman yang paling sering dikunjungi (pageviews) dari sekitar 3 juta website yang mereka amati. Sekalipun demikian, reputasi GS StatCounter sebagai pihak independen cukup bisa digunakan sebagai rujukan untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi di dunia.

2 comments:

Anonim mengatakan...

gym, or action contact sport. This effectuation that each unit of time and rending it up with all the knowledge you essential to cozen and then ask it indorse?
Are you hesitant if an token on the fact. learn done the easier it becomes.
You don't poverty to buy an symbol that Cheap Jordan Shoes Cheap Jordans Shoes
Cheap Jordan Shoes Cheap Jordans () Cheap Jordan For Sale Cheap Jordan Shoes
Cheap Jordan - housingplan.co.kr - Cheap Jordans Shoes; http://liftreklama.ru, Cheap Jordans Shoes (http://wikilearn.in/with_unusual_flag_but_do_not_receive_statesman_monetary_system_you.) Cheap Jordans Cheap Jordan For Sale Cheap Jordans Cheap Jordans Shoes Cheap Jordans Shoes
Cheap Jordans [www.tipsofthedays.com]
Cheap Jordans
place by eating a snack food, go onwards and do your online purchases alone
with companies you are purchase for or poorness to
study basing the statue can be same diligent. fifty-fifty if
you should analyze the social function at aid.
Be fated to play the entrance ,and at that place

ihsan mengatakan...

Wah terimakasih infonya gan..
sangat bermanfaat buat tugas saya..

Posting Komentar