09 Januari 2009

INFO TENTANG YOGYAKARTA

Seperti yang sudah pernah penulis utarakan jika blog ini punya komitmen untuk berpartisipasi dalam pengembangan wilayah/lokal. Suatu tindakan yang cukup sederhana, yaitu membantu promosi daerah dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata. Untuk sementara ini, saya baru bisa menyajikan informasi mengenai jalur bis kota (termasuk bis Trans Jogja), info taksi, nomor telepon penting, peta digital, peta interaktif, dan kode pos untuk wilayah Yogyakarta. Dalam waktu dekat pula, akan ditambahkan informasi-informasi lain yang diperlukan sebagai bagian dari keperluan akomodasi perjalanan. Saya akan menyajikan informasi-informasi dengan pembaharuan yang diperlukan. Tidak seperti kebanyakan kota-kota besar lainnya, Yogyakarta masih termasuk nyaman untuk dikunjungi. Selamat datang di Yogyakarta.

Berawal dari pengalaman penulis ketika hendak berkunjung ke Kota Bandung. Penulis bukanlah seorang yang suka melancong atau sering berpindah-pindah kota tempat tinggal. Bagi penulis, Kota Bandung masih terasa asing. Oleh karenanya, penulis berusaha mencari informasi seaktual mungkin mengenai peta wilayah, jalur angkutan umum, dan tentunya informasi-informasi lainnya. Alangkah terkejutnya jika Bandung yang juga dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata nasional sangat minim menyediakan informasi lokal. Informasi yang ketika itu ingin penulis cari adalah peta tata kota. Ketika itu penulis sengaja mencari (melalui search engine) peta Kota Bandung yang disediakan oleh blogger-blogger di Kota Bandung. Pada umumnya, para blogger lebih kreatif dalam menyajikan informasi ketimbang institusi pusat informasi daerah. Sayangnya, ketika itu tahun 2007 tidak sedikitpun blogger di Kota Bandung yang memberikan informasi peta wilayah yang penulis cari. Ada beberapa weblog yang menyediakan berupa peta interaktif, akan tetapi bukan untuk dibagi gratis.

Dari pengalaman itulah kemudian mendorong penulis untuk menyajikan informasi, setidaknya informasi umum tentang Kota Yogyakarta. Penulis berharap informasi-informasi tadi bisa bermanfaat membantu pengunjung blog baik yang berasal dari Yogyakarta maupun di luar Yogyakarta. Disamping itu, penulis juga berharap jika blogger-blogger lain pun melakukan hal yang sama seperti yang penulis lakukan sehingga bisa terjadi saling pertukaran informasi. Akhir kata, selain sebagai wujud kesadaran untuk mencintai daerahnya, juga sebagai upaya untuk mempererat tali persatuan dan kesatuan.

0 comments:

Poskan Komentar